10 Fakta Unik MacGyver 2016

Pada tanggal 23 September lalu, film serial MacGyver Reboot resmi dirilis oleh CBS Networks. Secara umum, episode 1 seri MacGyver yang dibintangi oleh si ganteng Lucas Til itu aku ungkap dalam 2 kata:

Penuh Aksi!

Bagi kamu-kamu yang belum sempat menonton filmnya, kamu bisa mencari situs streaming atau membaca sinopsisnya di Wikipedia. Spoiler sih, tapi yah wikipeda adalah cara terbaik bagi kamu yang “dulunya” nge-fans berat sama MacGyver tempo dulu (idih, ketahuan deh umurnya berapa sekarang) dan rada bimbang bin ragu untuk menonton versi rebootnya.

Dalam postingan kali ini, aku akan membahas 10 fakta penting (menurutku sih penting) mengenai film MacGyver terbaru garapan Peter M. Lenkov.

1. Pemeran MacGyver Versi Baru Lebih Ganteng

Oke. Ini sih masalah selera. Tapi menurutku Lucas Til itu lebih ganteng ketimbang Richard Dean Anderson yang pada waktu aku nonton filmnya dia udah berasa kayak om-om getoh.

2. MacGyver Versi Baru Masih Memakai Pisau Lipat Swiss

Ikon MacGyver itu sangat identik dengan pisau lipat swiss yang membantunya untuk membuat berbagai benda absurd untuk menjalankan aksinya. Untungnya, di film reboot ini, meski setingnya sudah modern dan kekinian, tapi salah satu ciri khas MacGyver ini masih tetap dipertahankan.

3. MacGyver Versi Baru Lebih Jago Berkelahi

Ada improvisasi di bagian ini. Sebagai anak muda yang masih memiliki adrenalin meledak-ledak, MacGyver versi Til dibuat lebih tangguh dan jago berkelahi. Nggak jago-jago banget tapi setidaknya nggak “selucu” om Richard yang setiap kali memukul lawannya pasti akan mengaduh kesakitan.

4. MacGyver Versi Baru Minum Alkohol

Wait, what? Sebagai sebuah ikon di tahun 90an, MacGyver itu identik dengan tokoh jagoan yang anti alkohol (salah satu hal yang konon kabarnya membuat om Richard jadi “susah sendiri” karena image anti alkohol itu juga jadi melekat pada dirinya). Alih-alih alkohol MacGyver lebih suka minum jus tomat dan jus wortel. Jujur aja nih, soal reboot di bagian ini aku nggak suka.

5. MacGyver Versi Baru “Selalu” Dibantu Jack Dalton

Ini adalah kesimpulan pertamaku sih. Tapi jika dilihat dari trailer dan episode 1 nya, besar kemungkinan, tokoh Jack Dalton yang merupakan sahabat MacGyver akan selalu muncul di setiap episode. Padahal di seri lama, tokoh ini hanya muncul sesekali.

6. Jack Dalton Versi Baru Lebih Macho

Oke. Lagi-lagi ini masalah selera. Jika pada seri lama, Jack Dalton digambarkan sebagai karakter yang konyol dan kocak, serta memiliki kebiasan mata berkedip jika berbohong (sindrom pinokio versi Jack Dalton), maka Jack Dalton versi baru ini terlihat lebih macho dan seksi. Ehm. Om George Eads yang memerankan Jack Dalton ini juga menjadi salah satu alasan kenapa aku suka banget nonton seri ini. Hihihi.

7. Pete Thorton Digantikan Patricia Thorton

Ini baru. Pergantian ini bikin aku jadi inget serial James Bond yang kadang mengganti karakter M dari laki-laki menjadi perempuan. Entah apa maksud mengganti salah satu nama karakter penting dalam seri ini. Tapi yah, so far not bad sih.

8. MacGyver Versi Baru “Masih Ahli” Menjinakkan Bom

Secara umum MacGyver versi baru masih merupakan seorang ahli menjinakkan bom. Ada yang masih ingat episode lawas soal bom di kapal pesiar yang menewaskan salah satu rekan sesama penjinak bom? Entah karena sudah tren atau ingin menambah ketegangan, pada episode 1 aku nggak lihat kehebatan MacGyver dalam menjinakkan bom. Tapi yah, hal itu mungkin terjadi karena situasi klise kabel merah dan kabel birunya digantikan oleh seluruh kabel hijau.

9. Tampilan Augmented Reality Setiap Kali “MacGyver Time”

Ini adalah bagian yang paling aku suka. Dulu, pada setiap kali episode MacGyver, bagian yang paling ditunggu adalah saat-saat MacGyver menciptakan barang-barang absurd dari benda-benda di sekelilingnya. Dalam versi baru, bagian itu selalu ditampilkan dalam bentuk Augmented Reality.

Selain memudahkan penonton mencerna apa yang dilakukan oleh MacGyver, kombinasi paneling dalam film yang komikal juga mendukung penggambaran jika MacGyver sedang membuat sesuatu yang bisa disebut: “pokoknya rumit banget dan dan lo pasti nggak bakalan ngerti gue bikin apaan”.

paperclip

10. Seri MacGyver Versi Baru Memiliki Plot Utama Soal Cewek

Ini baru dugaan aku saja sih. Seperti halnya film-film seri garapan amrik sono, dalam satu session pasti ada satu plot kisah utama yang menjadi benang merah untuk seluruh episode. Dalam session pertama film MacGyver ini aku rasa keseluruhan plot akan berkutat terhadap pacar MacGyver, sang hacker yang misterius: Nikki Carpenter. Sebenarnya aku rada lupa siapa Nikki Carpenter di seri sebelumnya, tapi di versi reboot ini Nikki Carpenter langsung ditunjukkan sebagai pacarnya dan *sorry spolier* langsung mengkhianatinya.

nikki

Entah kenapa aku ngerasa film MacGyver versi baru ini lebih banyak menggusung emosi soal cewek. But yah, as long as Til dan Om Eads yang main aku sih nggak masalah.

Sebenarnya masih ada satu tokoh lagi yang aku tunggu-tunggu kedatangannya. Sang penjahat yang nggak pernah mati-mati. Tahu dong siapa?

Matt Murdock.

Hmm, bakalan seru banget nih kayaknya kalau si tokoh villain ini bisa muncul di beberapa episode ke depan. Lawan tangguh MacGyver alias musuh bebuyutannya. Terlepas dari segala kekurangannya, aku sih cukup puas dengan film baru MacGyver ini.

Nggak sabar nih untuk menunggu episode selanjutnya. Kalau MacGyver dan Jack Daltonnya ganteng kayak begini, kira-kira Matt Murdocknya ganteng juga nggak ya? *hahaha, selera yang aneh*

(Visited 357 times, 7 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares