Apa itu Content Marketing?

Apa itu content marketing? Kenapa kalimat itu sering sekali diucapkan oleh para internet marketer? Apa kegunaannya bagi bisnis? Dan seberapa besar dampak dari content marketing, khususnya terhadap nilai omset bisnis, revenue stream atau user engagement?

Apa itu content marketing

Secara singkat content marketing bisa diartikan sebagai suatu cara dalam menggunakan konten untuk menghasilkan penjualan.

Kuncinya benar-benar terletak pada kualitas konten yang secara langsung/tidak langsung dapat menghasilkan penjualan.

Secara rinci, content marketing dapat didefinisikan sebagai berikut:

Content Marketing adalah suatu strategi pemasaran yang terdiri perencanaan, pembuatan dan penyebaran konten yang relevan dan berkualitas, yang mampu menarik perhatian audiens, dan mendorong terjadinya penjualan, meningkatkan value terhadap suatu bisnis atau brand, dan mempertahankan audiens engagement.

Pada dasarnya Content Marketing adalah sebuah seni berkomunikasi dengan pelanggan tanpa harus terang-terangan melakukan promosi terhadap suatu produk atau jasa. Jika ditelusuri lebih jauh tujuan utama dari Content Marketing adalah menarik audiens baru, mempertahankan audiens lama, dan melakukan konversi agar terjadi nilai keuntungan berupa sales atau semacamnya.

Lalu di mana sebenarnya letak keunggulan Content Marketing?

Berdasarkan statistik OneSpot (2015), Website yang menggunakan Content Marketing mendapatkan konversi penjualan 6x lebih tinggi daripada yang tidak menggunakan.

Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Content Marketing memiliki nilai tambah yang cukup signifikan. Pertanyaan selanjutnya adalah apa faktor pembeda antara Content Marketing dan Marketing  Tradisional? Sekali lagi, di mana letak keunggulannya?

Pada Marketing  Tradisional, misalnya dengan menggunakan iklan untuk memasarkan produk, maka secara instan, mungkin, penjualan barang anda akan meningkat. Namun pada saat iklan berhenti, penjualan anda pun akan otomatis ikut menurun. Kenapa? Karena brand anda terlalu tergantung pada tingkat intensitas iklan yang muncul.

Hal ini tentu saja berbeda dengan Contet Marketing. Dalam Contet Marketing, konten yang anda sajikan bukan sekedar konten yang bersifat promosi melainkan juga konten yang sangat bermanfaat bagi audiens anda. Sehingga ‘nilai manfaat’ dari konten itulah yang membuat audiens akan tetap mengingat dan loyal terhadap anda.

Jika dikomparasi Marketing  Tradisional merupakan cara meningkatkan penjualan dalam jangka pendek, sementara Content Marketing merupakan cara meningkatkan penjualan dalam jangka panjang. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dan jika diperhatikan secara menyeluruh, maka saat ini para audiens dan calon customer cenderung sudah kebal dengan iklan di tv, majalah, bahkan gadget. Mereka juga bahkan mulai terbiasa untuk surfing di web tanpa memperdulikan banner iklan anda.

Hal ini menjadi suatu indikasi jika Content Marketing akan menjadi sebuah strategi bisnis masa depan yang memiliki nilai tambah lebih tinggi dibandingkan dengan strategi yang lain.

Apa itu content marketing
Apa itu content marketing
Apa itu content marketing
Apa itu content marketing
Apa itu content marketing
Apa itu content marketing


One thought on “Apa itu Content Marketing?

  • January 20, 2017 at 11:12 pm
    Permalink

    Content Marketing merupakan aset yang sangat berharga ya gan ?

    Karena bisa dijadikan sebagai sumber penghasil uang..hehe

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares