Muvizu Play!

Siapa di antara anda yang pernah mendengar kata “Muvizu”? Belum pernah dengar? Pada sekitar pertengahan tahun 2012 saya sempat nyasar ke sebuah blog yang menawarkan sebuah software animasi 3D yang sangat mudah digunakan untuk pemula.

Tinggal drap and drop langsung capcus! Ah, cius?

Karena penasaran saya coba download aplikasinya, dan beneran capcus cuy! Saya bahkan dapat membuat sebuah animasi 3D hanya dalam waktu kurang dari 15 menit.

Aplikasi itulah yang bernama Muvizu.

Muvizu

Pada awal kemunculannya, Muvizu ditawarkan sebagai sebuah software 100% gratis dengan penambahan watermark terhadap semua film yang dibuat olehnya. Belum ada fitur lisensi-lisensian, bayar-bayaran apalagi crack-crackan. Cius.

Hal itulah yang membuat saya sempat keheranan.

Untuk sebuah software animasi 3D, Muvizu sangat “powerfull”. Maksudnya powerfull di sini adalah anda bisa membuat film animasi 3D sendiri tanpa harus jago software2 modeling 3DMax atau Blender. Sudah begitu powerfull, tapi kenapa softwarenya bisa gratis?

Apa karena software ini memang ditujukan hanya untuk edukasi menjadi seorang “sutradara”?

Pada awal kemunculannya, Muvizu memang di klaim sebagai software untuk DIRECTING bukan ANIMATING. Kenapa? Karena seluruh fungsi animasi standar seperti rigging, texturing, dan animating sudah ditangani semuanya Muvizu.

Anda hanya tinggal membuat cerita dari karakter2 yang sudah siap bergerak dan beranimasi.

Imported paint brush

Anda bisa membayangkan jika Muvizu adalah versi lain dari game The Sims. Karena pada game ini, eh software ini, anda akan diajak untuk belajar sambil bermain.

Bermain untuk membuat cerita, mengatur pergerakan kamera dan menghasilkan sebuah film pendek 3D dalam waktu singkat.

Hanya saja jangan bayangkan anda bisa membuat animasi sekelas Dreamworks atau Walt Disney dengan menggunakan aplikasi. Karakter2 dalam Muvizu sangat “khas”. Kalau pun anda ingin membuat karakter sendiri yang super unik, anda tidak punya pilihan selain membuatnya dengan software modelling 3D.

Pertanyaan saya terjawab sudah ketika Muvizu kemudian merombak sistem lisensi dan meluncurkan Muvizu Play.

muvizu-play-logo-rgb

Semenjak perubahan lisensi ini, Muvizu pun resmi memiliki 2 jenis lisensi yaitu lisensi Free dan lisensi Full yang secara lengkap perbedaan antara keduanya bisa anda perhatikan pada gambar berikut.

MuvizuComparison

Secara umum harga sekitar 30$ itu sebenarnya relatif murah jika dibandingkan dengan harga software sejenis. Tapi untuk ukuran saya yang doyannya gratisan, harga itu terlalu mahal, hehehe.

Jadi yah, biarpun ada watermarknya saya mah bakalan tetap setia menggunakan Muvizu Free. Ngomong-ngomong, anda ingin tahu seperti apa video hasil animasi menggunakan Muvizu?

Video ini saya buat beberapa tahun yang lalu untuk sebuah band lokal yang salah satu anggotanya adalah mahasiswa saya sendiri. Lirik lagu dan musiknya lucu euy. Video klipnya juga, kata saya mah, lucu. Kan yang bikin, hehehe.

Bagaimana menurut anda? Apakah anda tertarik untuk menjajal kemampuan Muvizu?

 

 

Apa itu muvizu
Apa itu muvizu
Apa itu muvizu
Apa itu muvizu
Apa itu muvizu
Apa itu muvizu
Loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares