Apa itu Transmedia Branding

Transmedia Branding didefinisikan sebagai sebuah proses komunikasi yang di dalamnya terdapat informasi terhadap sebuah merk/brand yang dikemas dalam naratif yang terintegrasi yang disebar secara unik ke dalam berbagai media untuk menciptakan pengalaman yang menarik terhadap sebuah merk/brand. (Tenderich, 2014). Secara umum Transmedia Branding memiliki tiga elemen utama yaitu:
1) Narratives
Naratif merupakan inti dari semua konten Transmedia karena manusia menyukai cerita baik itu nyata maupun fiksi, serius maupun lucu, menginspirasi atau bahkan memprovokasi. Hal yang terpenting adalah naratif tersebut harus dapat memiliki makna dan mengikat secara emosional kepada audiens.

2) Participation
Kunci utama konten dalam konsep ini adalah adanya partisipasi audiens terhadap konten yang disajikan. Audiens diharapkan dapat berinteraksi dengan naratif yang disajikan dan bahkan meneruskan beberapa poin penting dalam naratif yang sesuai atau memiliki ketertarikan tinggi dengan komunitasnya. Sehingga dalam partisipasi ini suatu kekuatan konten akan tergantung pada: culture, community dan policy.

Apa itu Transmedia Branding
Apa itu Transmedia Branding
Apa itu Transmedia Branding
Apa itu Transmedia Branding
Apa itu Transmedia Branding
Apa itu Transmedia Branding

3) Brands
Brand atau merk adalah sesuatu yang dibeli oleh konsumen, sementara produk adalah sesuatu yang dibuat oleh perusahaan. Secara implisit, Brand mengindikasikan kualitas sebuah produk. Dalam konsep ini, brand yang dilintaskan ke dalam berbagai media dan service diharapkan dapat mencapai tujuan yang ditetapkan.

Apa itu transmedia branding
Salah satu contoh IP yang menggunakan konsep Transmedia Branding adalah Koni 2012, yaitu sebuah film dokumenter pendek yang dibuat oleh Invisible Children. Bentuk poster Koni 2012 yang digunakan dapat dilihat pada gambar 2.7. Film ini berisikan misi kemanusiaan untuk menghentikan kejahatan kriminal di Afrika yang dilakukan oleh Joseph Kony. Film ini dipublish di Youtube dan mencapai 100 juta views, dan 1.4 juta like. Kampanye ini juga didukung oleh ribuan massa, berbagai macam poster dan demo. Joseph Kony pun akhirnya ditangkap setelah kampanye ini berakhir.

Secara umum terdapat 3 jenis konsep Transmedia yaitu:

  1. Transmedia Intertextuallity (Kinder, 1991): Lihat Definisi
  2. Transmedia Storytelling (Jenkins, 2006): Lihat Definisi
  3. Transmedia Branding (Tenderich, 2014): Lihat Definisi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares