Belajar Construct 2 – Hello World

Apa itu Construct2? Construct 2 adalah salah satu game engine untuk membuat game tanpa harus menulis kode pemrograman. Sebagian besar logika standar game sudah disediakan dalam bentuk behavior sehingga mampu mempercepat proses pembuatan game. Itulah sebabnya Construct 2 dikenal sebagai game engine tanpa ngoding. Meski sebenarnya tetap ada ngodingnya sih, namun bentuknya yang berupa visual menyebabkan membuat logika game pada Construct 2 jadi nggak berasa ngoding sama sekali.

cara membuat game 2d cara membuat game 2d cara membuat game 2d cara membuat game 2d cara membuat game 2d cara membuat game 2d cara membuat game 2d cara membuat game 2d cara membuat game 2d cara membuat game 2d cara membuat game 2d

Construct 2 adalah game engine untuk membuat game 2D berbasis HTML5. Sehingga bagi anda yang ingin membuat game 3D saya sarankan untuk membaca artikel saya yang ini: Cara Membuat Game 3D Dengan Unity3D

Pada postingan perdana tutorial Construct ini saya akan membahas ritual perdana Construt yaitu Hello World. Anda bisa mendownload Contruct 2 di sini: https://www.scirra.com/

Langkah pertama buka aplikasi Construct 2. Tampilannya kurang lebih akan terlihat seperti ini.

BelajarConstruct2-NewProject01

Klik New Project dan pilih New Empty Project

BelajarConstruct2-NewProject02

Selanjutnya ada isikan terlebih dahulu informasi seputar Game yang akan anda buat. Kenapa ini jadi penting? Yah, ibarat bayi yang baru lahir. Kira-kira anda akan mengajarinya merangkak atau memberinya nama terlebih dahulu?

BelajarConstruct2-NewProject03

Fokuskan perhatian anda pada layar putih di depan anda. Itu namanya Layout. Di dalam Construct2 terdapat 2 jenis Layout. Yaitu Layout Aktif yang terlihat oleh kamera aktif (yang dibatasi oleh garis semut atau istilah lainnya Window Size) dan Layout Pasif yang berisi keseluruhan Level (yaitu seluruh bidang putih tersebut)

Dalam tutorial ini kita akan membuat Layout Aktif (Window Size) menjadi 800,600

BelajarConstruct2-NewProject04

Kemudian ubah Layout Pasif (Layout Size) menjadi 1708 x 600. Perhatikan ada perubahan ukuran tinggi pada Layout anda

BelajarConstruct2-NewProject05

Selanjutnya atur preview browser anda, misalnya pakai Chrome. Karena Construct 2 secara default akan menghasilkan game dalam bentuk HTML 5.

BelajarConstruct2-NewProject06

Next, jangan lupa Simpan Project anda dengan cara klik menu File > Save

BelajarConstruct2-NewProject07

Masukkan nama file yang akan disave. Construct2 akan menyimpan nama dengan ekstensi .capx

cara membuat game 2D

Selanjutnya tes game anda dengan klik Run layout

BelajarConstruct2-NewProject09

Voila. Selamat! Anda baru saja membuat game pertama anda. Kok garing? Ya iyalah, namanya juga Hello World. Dasar-dasarnya aja dulu. Kan? Kan? Kan?

BelajarConstruct2-NewProject10

Untuk tutorial selanjutnya silahkan anda cari di side bar sebelah kanan. Mudah-mudahan sudah ada. Kalau belum berarti memang saya belum bikin tutorial selanjutnya, hehehe. Terima kasih atas perhatian anda. Semoga bermanfaat.

Bagi anda yang tengah mencari game assets untuk pembuatan game, anda bisa mengunjungi website ini. Asset-asset gratis di dalamnya merupakan asset pilihan yang bisa membantu anda untuk mempercepat pembuatan game. Website ini akan diupdate setiap minggu.

DeveloperIMedia9



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares