Cara Membuat Efek Api Di Photoshop

Bagaimana cara membuat efek api di photoshop? Cukup mudah loh. Salah satu fitur utama Photoshop adalah mampu merepresentasikan ulang sebuah gambar berdasarkan jenis layer yang digunakan. Fitur inilah yang memudahkan proses pemberian efek pada Photoshop dengan hanya mengatur properti layer yang digunakan.

Salah satunya adalah pemberian efek api.

Cara Membuat Efek Api Di Photoshop Cara Membuat Efek Api Di Photoshop Cara Membuat Efek Api Di Photoshop Cara Membuat Efek Api Di Photoshop Cara Membuat Efek Api Di Photoshop Cara Membuat Efek Api Di Photoshop Cara Membuat Efek Api Di Photoshop Cara Membuat Efek Api Di Photoshop Cara Membuat Efek Api Di Photoshop

Ya, Photoshop memang dilengkapi dengan brush dan kustomisasi tak terbatas yang memungkinkan anda untuk membuat efek api dari nol. Namun, ada cara lain yang jauh lebih mudah. Anda hanya perlu mencari gambar api dengan latar hitam, dan mengubah properti layernya.

Dengan begitu, efek api akan secara otomatis ditambahkan ke dalam gambar anda. Penasaran?

Ayo kita coba.

Pertama-tama, buka sebuah gambar yang menarik untuk anda. Untuk contoh kali ini saya menggunakan gambar seekor Griffin/Hippogriff. Makhluk mitos setengah singa dan setengah elang yang umum berada di game atau film-film fantasi.

Cara Membuat Efek Api Di Photoshop

Setelah buka sebuah gambar api berlatar belakang hitam di atas layer utama. Sekali lagi, gambar api yang akan dijadikan efek harus memiliki latar belakang hitam.

Ubah properti layer api dari Normal menjadi Screen. Ini dia rahasia.

Efek api pun siap digunakan. Sampai tahap ini anda bebas berkreasi dengan menggunakan berbagai jenis gambar api dan komposisi yang anda inginkan.

Anda juga bisa menggabungkan teknik layer api tersebut dengan pengaturan warna Hue/Saturation sehingga warna api yang ditampilkan bisa berubah sesuai dengan keinginan anda. Tutorial singkat mengenai penggunaan Hue/Saturation bisa anda baca di sini: Belajar Photoshop Memahami Hue/Saturation

Sampai ketemu di postingan saya selanjutnya. Salam 🙂



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares