Belajar Photoshop Cara Resize Gambar (Untuk Pemula)

Saya bukan pakar photoshop. Asli. Saya lebih sering menggunakan Paint .Net untuk melakukan beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan grafis. Pernah sih pakai Photeshop. Tapi rasanya sudah lebih dari setengah dekade yang lalu. Alasan saya nggak lagi menggunakan photoshop ada tiga.

Yang pertama, photoshop berlisensi. Harganya cukup mahal untuk kantong saya yang cekak, dan saya menolak untuk menggunakan bajakannya. Kedua, saya nggak begitu sering berhubungan dengan kegiatan grafis, kalau pun ada, software ringan bin gratis Paint .Net sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan saya. Ketiga, loading Photoshop yang gila suka bikin saya bete. Mungkin saya harus beli laptop baru, atau mungkin saya harus selalu sedia kwaci setiap nungguin software itu bekerja.

Baca juga:  Cara Membuat Efek Bevel Menggunakan Photoshop

Dalam postingan kali ini saya akan membahas mengenai cara resize gambar pada photoshop atau istilah kerennya resize gambar. Misalkan anda telah memiliki sebuah layer yang dibanjur warna biru seperti ini. Sudah tahu arti kata banjur kan? Kalau belum silahkan baca beberapa postingan sebelumnya di sini: Cara menggunakan layer di Photoshop dan Cara menggabungkan layer di Photoshop

Photoshop-Resize01

Klik Selection Tool dan seleksi semua area layer (atau yang ingin diresize) sampai objek tersebut dikelilingi oleh kotak semut-semut kecil.

Photoshop-Resize02

Setelah klik menu Edit > Transform > Scale

Photoshop-Resize03

Kotak seleksi anda akan berubah dan menampilkan 8 titik baru yang bisa digunakan untuk melakukan resize gambar. Klik salah satu drag dan drop, beres. Anda cukup tekan enter untuk mengonfirmasi perubahan ukuran.

Baca juga:  Cara Menggunakan History Di Photoshop

Photoshop-Resize04

Selain menu Scale, anda juga bisa menggunakan menu Rotate untuk memutarkan gambar.

Photoshop-Resize05

Jadi selain di resize, menu Transform ini juga berguna untuk memutarkan objek.

Photoshop-Resize06

Menu lain yang juga bermanfaat adalah Skew. Apa itu?

Photoshop-Resize07

Skew dapat membuat anda mengubah gambar sesuai dengan perspektif anda. Atur atur ajalah.

belajar photoshop cara resize gambar

Seluruh submenu pada menu Transform hanya dapat digunakan untuk mengaktifkan satu jenis transformasi saja. Para pengguna Photoshop mahir biasanya cenderung menggunakan menu Free Transform (short cutnya Ctrl+T) untuk melakukan seluruh perubahan tersebut dengan sekali pencet keyboard.

Saya sendiri merasakan jika penggunaan Ctrl+T ini jauh lebih epektip dan episien dibandingkan mengakses menu-menu tadi. Terus kenapa saya malah repot-repot menulis artikel soal menu-menu yang lain? Yah… supaya artikelnya jadi panjang, hehehe. Semoga anda terhibur, dan tetap semangat!

belajar photoshop cara resize gambar belajar photoshop cara resize gambar belajar photoshop cara resize gambar belajar photoshop cara resize gambar belajar photoshop cara resize gambar belajar photoshop cara resize gambar


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares