Belajar Photoshop Untuk Pemula – Cara Membuat Grup Layer

Saya bukan pakar photoshop. Asli. Saya lebih sering menggunakan Paint .Net untuk melakukan beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan grafis. Pernah sih pakai Photeshop. Tapi rasanya sudah lebih dari setengah dekade yang lalu. Alasan saya nggak lagi menggunakan photoshop ada tiga.

Yang pertama, photoshop berlisensi. Harganya cukup mahal untuk kantong saya yang cekak, dan saya menolak untuk menggunakan bajakannya. Kedua, saya nggak begitu sering berhubungan dengan kegiatan grafis, kalau pun ada, software ringan bin gratis Paint .Net sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan saya. Ketiga, loading Photoshop yang gila suka bikin saya bete. Mungkin saya harus beli laptop baru, atau mungkin saya harus selalu sedia kwaci setiap nungguin software itu bekerja.

Baca juga:  Belajar Photoshop Untuk Pemula - Mengenal Layer

Materi yang akan saya jelaskan hari ini adalah mengenai grup folder. Jika anda bekerja dengan Photoshop dengan 1 atau 2 layer, maka anda belum butuh fitur ini. Tapi jika anda sudah bekerja dengan puluhan atau bahkan ratusan layer, nah grup folder ini sangat penting untuk anda.

Misalkan anda memiliki 3 buah layer yang memiliki 3 gambar berbeda. Bagi anda yang belum bisa membuat layer bisa membaca dulu beberapa tutorial saya yang ini: Cara membuat layer, cara melakukan resize dan cara menggabungkan layer.

Photoshop-GrupFolder01

Di bagian bawah panel layer ada tombol kecil bertuliskan: Create a new group. Klik.

Photoshop-GrupFolder02

Efeknya adalah muncul sebuah box baru dengan icon seperti folder. Sudah terbayang? Ya, cara membuat grup layer pada Photoshop mekanismenya sama persis dengan menyimpan file pada folder di Windows Explorer.

Baca juga:  Cara Membuat Game 2D Dengan Construct2 : Menambahkan Behavior

Photoshop-GrupFolder03

Langkah selanjutnya adalah drag dan drop semua layer, masukkan ke dalam folder tadi.

Photoshop-GrupFolder04

Apa fungsi utamanya sebenarnya? Dengan membuat sebuah grup, maka anda bisa melakukan banyak aksi pada keseluruhan layer dalam grup. Seperti yang saya sebut tadi, jika jumlah layernya sudah banyak dan anda ingin berkonsentrasi untuk bekerja hanya pada sekelompok layer tertentu, anda bisa menyembunyikan seluruh grup dengan sekali klik.

Photoshop-GrupFolder05

Hal yang sama juga berlaku untuk penguncian layer. Dengan sekali klik, anda juga bisa melakukan pencegahan keedit nggak sengaja dengan mengunci setiap layer.

Photoshop-GrupFolder06

Dan hal sederhana yang lain, tapi sangat powerpull dan usepull buat saya adalah, dengan membuat grup layer dan bisa melakukan collapse layer dengan mengklik tombol panah di samping icon folder. Fungsinya mah sederhana. Hanya untuk memperingkas tampilan. Tapi sekali lagi, jika anda sudah bekerja dengan ratusan layer, fitur ini sangat-sangat penting. Banget.

Baca juga:  Cara Membuat Komik Dengan Pixton? Gampang Banget!

Cara Membuat Grup Layer

Oke, sekian yang bisa saya sampaikan. Biar singkat semoga tetap bermanfaat. Bye.

Cara Membuat Grup Layer Cara Membuat Grup Layer Cara Membuat Grup Layer Cara Membuat Grup Layer Cara Membuat Grup Layer Cara Membuat Grup Layer Cara Membuat Grup Layer
Loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares