Belajar Photoshop Untuk Pemula – Cara Membuat Transparansi

Saya bukan pakar photoshop. Asli. Saya lebih sering menggunakan Paint .Net untuk melakukan beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan grafis. Pernah sih pakai Photeshop. Tapi rasanya sudah lebih dari setengah dekade yang lalu. Alasan saya nggak lagi menggunakan photoshop ada tiga.

Yang pertama, photoshop berlisensi. Harganya cukup mahal untuk kantong saya yang cekak, dan saya menolak untuk menggunakan bajakannya. Kedua, saya nggak begitu sering berhubungan dengan kegiatan grafis, kalau pun ada, software ringan bin gratis Paint .Net sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan saya. Ketiga, loading Photoshop yang gila suka bikin saya bete. Mungkin saya harus beli laptop baru, atau mungkin saya harus selalu sedia kwaci setiap nungguin software itu bekerja.

Baca juga:  Cara Membuat Poster Dengan Photoshop

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang opacity atau dalam istilah lain Alpha. Dalam pewarnaan digital terdapat 4 jenis warna yang umum digunakan yaitu RGBA alias Red, Green, Blue dan Alpha. Apa itu Alpha? Alpha adalah transparansi.

Misalkan kita telah memilik dua buah layer yang masing-masing berisi kotak warna merah dan biru. Ceritanya nih, kedua gambar tersebut sudah diresize. Bagi anda yang belum cara resize gambar dengan photoshop bisa membaca artikel saya yang ini: Cara resize gambar dengan Photoshop

Photoshop-Opacity00

Karena posisi layer merah ada di atas layer biru, harusnya layer biru cuma kelihatan separuh bukan? Nah, kali ini saya akan melakukan sebuah sulap. Ehm. Klik layer merah (yang atas) dan atur opacity (slidebox kecil di atas panel layer) dan turunkan angkanya. Anda akan melihat secara perlahan layer merah akan hilang ditelan kesenduan malam. Halah.

Baca juga:  Cara Membuat Game Tanpa Ngoding - Membuat Mekanisme Musuh Dengan Construct2

Terus sulapnya di mana? Tuh lihat. Di bagian perpotongan antara layer biru dan layer merah, muncul sebuah warna baru. Warna ungu. Jreng Jreng Jreng. Gimana? Hebat kan? #plak! ditimpuk mastah photoshop

Photoshop-Opacity01

Selain dengan menggunakan fitur opacity, Transparansi juga dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan tool Eraser alias penghapus. Caranya klik tool Eraser

Photoshop-Opacity02

Pilih salah satu jenis brush. Disinilah rahasianya.

Photoshop-Opacity03

Jika anda memilih brush dengan ujung kasar, yang terjadi adalah layer langsung terhapus begitu saja. Tidak tersisa apa-apa seperti jejak para mantan di hati anda yang telah terhapus oleh deru hujan di malam hari.

Cara membuat transparansi

Tapi lain halnya jika anda menggunakan brush yang berujung lembut. Efek transparansi akan terlihat saat anda menghapus layer dengan penuh kelembutan.

Baca juga:  Cara Membuat Game 2D Dengan Construct2 : Menambahkan Behavior

Photoshop-Opacity05

Oke, sekian dulu tutorial pendek nan singkat ini. Biar singkat, semoga tetap bermanfaat. Ciao!

Cara membuat transparansi Cara membuat transparansi Cara membuat transparansi Cara membuat transparansi Cara membuat transparansi Cara membuat transparansi Cara membuat transparansi
Loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares