Cara Membuat Game Ular Tangga Dengan Unity (Pendahuluan)

Anda pernah bermain ular tangga atau monopoli? Yah, bagi anak-anak yang lahir di era 80-90an pasti sudah tidak asing dengan permainan klasik itu. Game sederhana yang dimainkan di secarik kertas dengan dadu dan beberapa bidak itu sanggup mengajak anak-anak (seperti saya) larut dalam keseruan.

Cara Membuat Game Ular Tangga Dengan Unity (Pendahuluan) Cara Membuat Game Ular Tangga Dengan Unity (Pendahuluan) Cara Membuat Game Ular Tangga Dengan Unity (Pendahuluan) Cara Membuat Game Ular Tangga Dengan Unity (Pendahuluan) Cara Membuat Game Ular Tangga Dengan Unity (Pendahuluan) Cara Membuat Game Ular Tangga Dengan Unity (Pendahuluan) Cara Membuat Game Ular Tangga Dengan Unity (Pendahuluan) Cara Membuat Game Ular Tangga Dengan Unity (Pendahuluan) Cara Membuat Game Ular Tangga Dengan Unity (Pendahuluan) Cara Membuat Game Ular Tangga Dengan Unity (Pendahuluan)

Nah, di serba canggih seperti sekarang ini permainan klasik itu ternyata bisa dimunculkan kembali ke dalam versi digital. Khususnya dengan adanya Unity. Melakukan konversi permainan “manual” itu ke dalam bentuk terkomputerisasi menjadi sangat mudah.

Yang menjadi masalah mungkin adalah kebanyakan orang tidak terlalu memahami “perbedaan” dasar tentang bagaimana manusia dan Unity memandang boardgame.

Baca juga:  Cara Membuat Game Untuk Android Sederhana

Sehingga bagi anda yang punya keinginan untuk membuat permainan klasik seperti ular tangga, ludo, monopoli atau bahkan halma ke dalam versi digital menggunakan Unity saya sangat menyarankan anda sudah mampu memetakan sedikitnya 4 hal berikut.

Pemetaan Board Game

Memetakan bagaimana bentuk boardgame yang akan dimainkan ini penting. Kenapa? Karena hal ini akan sangat berpengaruh pada bagaimana script anda bekerja.

Cara Membuat Game Ular Tangga Dengan Unity (Pendahuluan)

Maksudnya bagaimana? Perhatikan gambar berikut:

Unity Boardgame 05

Bayangkan jika saat anda mulai permainan pertama kali, anda melempar dadu dan dadu kemudian menunjukkan angka 6. Apa yang harus dilakukan? Secara logika, anda harus menjalankan bidak anda ke kotak 6.

Secara mata manusia, ANGKA 6 dan KOTAK 6 sangat mudah untuk diterjemahkan.

Tapi bagaimana dengan Unity?

Unity kan memandang dunia 3D dalam bentuk vector 3 (x, y, z) Darimana Unity tahu kalau kotak 6 itu posisinya ada di mana? Yang Unity perlukan adalah si kotak 6 itu berapa sih x-y-z nya?

Hal yang sama juga berlaku dengan pelemparan dadu. Bukan masalah berapa angka dadu yang terlihat oleh MATA ANDA tapi berapa angka dadu yang BISA DIAKSES oleh Unity (baca: variabel)

Baca juga:  Belajar Unity Untuk Pemula Itu Susah Banget

Mekanisme Pemilihan Giliran Player

Hal ini pun kadang bisa menjadi masalah besar. Maksudnya apa? Jika anda bermain secara manual, bagaimana cara anda memindahkan bidak pada gameboard?

Tinggal pakai telunjuk dan jempol, pegang, pindahkan. Beres.

Lah, kalau pakai Unity?

Pengin lebih realistis dong pak, di klik pake mouse, terus di drag. Manteeep. Tapi script kayak gitu susah tahu.

Untuk kamu-kamu yang skripsinya sedang diujung tanduk, saya sarankan nggak usah cari-cari efek keren kayak gitu kalau memang nggak mampu. Bikin saja pake tombol sedehana. Buat seluruh bidak bisa digerakkan dengan diwakili oleh sebuah button.

Beres kan?

Iya sih, tapi kan nggak keren pak.

Lah, kamu mau ngejar kerennya atau mau ngejar lulusnya? It’s your choice by the way.

Unity Boardgame 02

Mekanisme Pelemparan Dadu

Hal ini juga sama dengan masalah di atas. Bagaimana mekanisme melempar dadu, bagaimana animasi pelemparan dadu, dan bagaimana Unity mendapatkan variabel hasilnya adalah 3 hal yang perlu dipikirkan baik-baik.

Baca juga:  Unity 2017: Gebrakan Baru Unity Di Dunia Game Engine

Unity Boardgame 03

Pembuatan Skenario Menang Atau Kalah

Biasanya yang namanya boardgame itu dimainkan oleh 2 orang. Tapi khusus untuk versi digital, seperti kebanyakan game lainnya, anda harus bisa membuat fungsi agar game ini bisa dimainkan melawan komputer.

AI-nya sederhana sih, tapi lumayan mumet. Dan proses deteksi kondisi menang dan kalah ini merupakan bagian akhir dari keseluruhan desain game jenis ini.

Saran saya sih, terjemahkan dahulu seluruh konsep sederhana ini ke dalam bentuk Unity, baru setelah beres tinggal pikirkan masalah animasi dan faktor kerenisme-nya.

Cara Membuat Game Ular Tangga Dengan Unity (Pendahuluan)

Karena banyak yang bertanya soal pembuatan game ala boardgame di Unity jadi saya akan coba membuat mini seri tutorialnya berdasarkan pada penjelasan saya di artikel ini.

Cara Membuat Game Ular Tangga Dengan Unity

Part 1: Cara Membuat Animasi Dadu

Part 2: Cara Membuat Board & Pion

Part 3: Cara Membuat Pergerakan Pion (Tipuan Terakhir)

 

belajar membuat board game
belajar membuat board game
belajar membuat board game
belajar membuat board game
belajar membuat board game


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares