Belajar Unity – Membuat Game 3D Pertamamu! (Part 2)

Setelah selesai bikin tampilan pertama, langkah selanjutnya adalah ngewarnain terrain. Ya iyalah, masa terrainnya kosongan gitu. Garing banget ga sih?

Di Unity, ngewarnain terrain tuh gampang banget tahu nggak. Segampang mengupil dengan jempol kaki. Err.., sebenernya sih, lebih susah ngupil dengan jempol kaki daripada ngewarnain di Unity, hehehe.

Buat ngewarnain terrain, pertama-tama anda PERLU ASSET yang  berisi gambar2. Kalo ga punya, tenang aja, Unity udah sediain secara default. Untuk manggilnya: KLIK KANAN DI PANEL PROJECT, dan pilih IMPORT PACKAGE dan pilih TERRAIN ASSETS.

Anda pasti bakalan lihat jendela kayak gini.

Klik Import aja langsung!

Selanjutnya adalah proses mewarnain. Lihat tuh gambarnya di bawah. Saya kasih nomor-nomor biar gampang ngikutinnya.
1. Pilih dulu Terrainnya di panel hierarchy
2. Pilih tombol keempat dari kiri, yang gambarnya kuas
3. Pilih edit Texture, trus Add Texture
4. Klik tombol bulet kecil yang ada di sebelah kanan
5. Pilih gambar tekstur yang disediain
6. Klik Add
7. Sim Sala Bim
And just like magic, terrain yang kosong akan menjadi bewarna. Eit, tapi ini belum selesai. Masih ada tahap lanjutan.

Kita masih bisa menghiasi terrain dengan gunung2an. Serius looh? Demi apa?

1. Klik tombol ke-2, yang ada gambar gunung
2. Pilih jenis brush (kayak mo ngecat di photoshop)
3. Klik di salah satu titik terrain, dan drag mousenya. Walaaaw! Terrainnya jadi naik. Kayak gunung!!

Mantep banget kan?
Dan langkah selanjutnya klik tab Game, dan lihat hasilnya secara real-time. Amazing huh?
Saya pernah bikin ginian pake Delphi + TrueVision, dan kalao boleh gue bilang, Unity is sooo faaar superior at this terrain making!!
Dulu saya mau coba bikin terrain kayak gini doang butuh waktu 3 Minggu!
Bayangin coba!
Bayangin coba!
Karena sekarang udah ada Unity ya ga perlu di bayangin.
Tinggal di coba aja. Oke?
Terrain ada, udah diwarnain pula. Camera ada, bisa gerak-gerak pula. Gunung ada, gede pula. Nah, yang masih belum ada, adalah pohon!
Bener banget sodara2! Nggak afdol kayaknya gunung tanpa pohon.
Ibarat semur tanpa jengkol. Loh?
Untuk bikin pohon, gini caranya:
1. Klik terrain di panel hierarchy (tuh, ga ada kan nomor 1-nya, iya karena ketutup. Males ngeditnya, hehehe)
2. Pilih tombol ke 5, pokoknya yang gambar pohon
3. Klik Edit Texture, pilih Add Texture, dan klik lingkaran kecil di pojok kanan
4. Pilih deh pohon yang ada.
Unity secara default cuman ngasih 1 biji pohon palm. Buat contoh doang sih.
Habis gitu, hasilnya akan tampak seperti berikut:
Tinggal klak-klik doang, pohon bakalan tumbuh di mana-mana. Subur deh dunia, hehehe. Cara yang sama berlaku juga kalao mau tanam rumput. Tombolnya yang kanan sebelah pohon.
Nah, jadi deh game 3D pertamanya.
Eh, bentar kayaknya masih ada yang kurang deh. Apa ya? Oooh, iya Skybox. Sadar ga langitnya rada2 biru2 gelap ga jelas gitu? Karena emang belum dipasang Skybox.
Apa itu skyboy? Sky = langit. Box = Tinju. Jadi Skybox = langit yang bisa tinju (iya tahu ini ga lucu, tapi gapapa dong, namanya juga usaha. masa bikin tutorial kudu serius terus?)
Secara default Unity juga udah nyedian Skybox kok. Tinggal import doang. Caranya: KLIK KANAN DI PANEL PROJECT, pilih IMPORT PACKAGE, dan pilih SKYBOXES.
Import aja.
Selesai di import masuk ke menu EDIT -> RENDER SETING (buat yang ga tahu menu EDIT itu apaan, itu di pojok kiri atas sebelah menu FILE kan ada tulisannya EDIT tuh, itu yang di klik, matanya jangan liat ke yang lain-lain).
Terus di sana, pilih Skybox material, klik tombol bulet kecil dan akan tampil jendela itu dan pilih salah satu skybox!
Coba deh run.
Gimana? Keren kan?
Hmmm, lagi-lagi saya ngerasa ada yang kurang. Apa ya? Oooh, LIGHT! Ya, bener2. Pantesan berasa gelap. Kita mesti masukin light juga, sebagai ‘matahari’ nya di Unity.
Caranya gampang banget.
Klik menu GAME OBJECT –> CREATE OTHER –> DIRECTIONAL LIGHT. (Buat yang ga tahu menu GameObject di mana, ampuuun, plis dong ah. Menu GameObject itu ada sebelah kanannya menu ASSET. Ga tahu lagi menu ASSET ada di mana? Itu ada di sebelah kanannya menu EDIT. Ga tahu lagi menu EDIT ada di mana?  Udah mendingan main solitaire aja sono!!)
Ehm, gue bikin tutorial kok jadi kebawa emosi gini, hehehe. Maklum, lagi tanggal tua. Nah, kalau light udah masuk, bisa puter2 arah light pake directional button di pojok kiri atas. Yang bentuknya kek gini nih:
Habis gitu ayo coba di BUILD.
Ya, setelah semua scene jadi bisa kita build menjadi exe/web. (untuk versi berbayar pilihannya malah ada lebih banyak lagi). Caranya klik menu FILE -> BUILD SETTING (Buat yang ga tahu menu FILE tuh ada di mana… pada tahu semua kan? ) bakalan muncul jendela kek gini:
Klik aja Build & Run, dan lo bakalan lihat hasilnya dengan bangga dan sentosa tentunya, hahaha. Karena hanya dalam hitungan detik lo udah bikin aplikasi 3D cupu.
Inilah dia Hello World versi Unity folks!
Sampai ketemu lagi di tutorial yang lain.
Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Berikut ini adalah beberapa Tutorial Unity3D yang bisa anda pelajari untuk memahami penggunaan game engine Unity 3D dalam membuat game berbasis PC maupun Android. Tutorial ini akan terus diupdate oleh saya, maupun oleh rekan-rekan kontributor yang lain. Semoga bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa Tutorial Unity3D yang bisa anda pelajari untuk memahami penggunaan game engine Unity 3D dalam membuat game berbasis PC maupun Android. Tutorial ini akan terus diupdate oleh saya, maupun oleh rekan-rekan kontributor yang lain. Semoga bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa Tutorial Unity3D yang bisa anda pelajari untuk memahami penggunaan game engine Unity 3D dalam membuat game berbasis PC maupun Android. Tutorial ini akan terus diupdate oleh saya, maupun oleh rekan-rekan kontributor yang lain. Semoga bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa Tutorial Unity3D yang bisa anda pelajari untuk memahami penggunaan game engine Unity 3D dalam membuat game berbasis PC maupun Android. Tutorial ini akan terus diupdate oleh saya, maupun oleh rekan-rekan kontributor yang lain. Semoga bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa Tutorial Unity3D yang bisa anda pelajari untuk memahami penggunaan game engine Unity 3D dalam membuat game berbasis PC maupun Android. Tutorial ini akan terus diupdate oleh saya, maupun oleh rekan-rekan kontributor yang lain. Semoga bermanfaat.

Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D

Tutorial Pemula:

Tutorial Berseri #1:

Tutorial Berseri #2:

Artikel Unity:



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares