Belajar Unity – Membuat Game 3D Pertamamu! (Part 1)

Tadaaa! Akhirnya saya punya waktu juga buat bikinin tutorial unity buat anda-anda semua yang penasaran pengin belajar bikin game 3D.

Selama pencarian dan pertapaan saya selama ini (buset dah bahasanya), saya jarang banget nemuin tutorial bahasa Indonesia yang ngasih tutorial unity untuk pemula secara lengkap.

Maksudnya secara lengkap tuh dari pertama kali bikin terrain sampai di publish jadi sebuah exe. Sebuah siklus lengkap yang kalau di dunia pemrograman di sebut sebagai ritual Hello World.

Jadi mulai dari postingan ini, Postingan-postingan selanjutnya, saya bakalan kasih lihat dan kasih petunjuk tentang bagaimana sih Hello World-nya Unity?

Buat yang pada penasaran ini dia bentuk akhir dari apa yang akan kita buat:

Sebuah suasana pedesaan dan pegunungan yang indah bukan? Hehehe.

Untuk membuat Hello World versi Unity yang pertama adalah jalankan dulu aplikasi Unity. Buat yang anda yang baru pertama kali install, dan run, biasanya Unity bakalan langsung masuk ke aplikasi demo AngryBots. Sekedar buat nunjukin unity tuh bisa apa aja sih.

Nah, terus langkah selanjutnya adalah pilih menu: FILE –> NEW PROJECT.

Akan ditampilkan jendela sebagai berikut. Anda isi aja namanya apaan, dan jangan lupa CENTANG BAGIAN CHARACTER CONTROLLER. Tuh kayak gambar di bawah noh!

Habis itu anda klik CREATE. Dan tunggu beberapa saat sampai muncul jendela baru kayak di bawah ini. Nah, saya bukan expert unity sih, tapi saya bakal coba jelasin fungsi dari setiap panel2-nya apaan.

Nomor 1(Hierarchy): panel itu berisi semua objek yang sudah dipasang di scene atau layar utama. istilah objek mungkin kurang pas, kalau saya sih bilangnya, panel2 yang berisi variable.
Nomor 2(Inspector): panel yang berisi  atribut dari seluruh objek yang dipilih. Buat yang biasa pake pemrograman berorientasi objek pasti udah ga asing dengan istilahnya.
Nomor 3 (Scene): ini adalah jendela utama yang merupakan editor utama. Jadi semua objek dicemplungin di sana.
Nomor 4 (Game):  versi real time dari scene, atau jendela preview game yang anda bikin. Jadi sebelum bener2 di build jadi exe, anda bisa lihat tampilannyadi sini.
Nomor 5 (Project): adalah semua asset yang dipakai di dalam game yang anda buat. kalo saya analogikan, asset ini bisa berarti objek, gambar dan class-class yang pernah dibikin.

Habis itu, langkah selanjutnya adalah bikin terrain. Caranya klik menu TERRAIN –> CREATE TERRAIN. Nanti bakalan ada terrain kayak kertas burem gitu. Itu adalah terrain, atau ‘panggung sandiwara’ buat para karakter dan game nya entar, hehehe.

Punya terrain aja ga cukup, anda kudu punya pemantaunya alias kamera.

Caranya gampang banget. Inget waktu pertama kali Create Project anda disuruh centang tuh Character Controller?

Nah, di panel Project lo tinggal klik aja tuh folder2 Standar Asset sampe nemuin FIRST PERSON CONTROLLER. Klik iconnya (yang biru), terus DRAG ke SCENE.

Tampilannya kudu kayak gambar di atas. ‘Makhluk’ yang baru saja di ‘summon’ itu adalah kamera ajaib yang berfungsi untuk bergerak di dunia 3D.

Cara ngetesnya, tinggal klik aja tab GAME. Dan anda pasti liat tampilan kayak gini:

Jalankan pergerakan dengan tombol kiri, kanan, atas, bawah / ASDW.

Anda juga bisa loncat kalao neken Space bar. Gimana? Keren kan? Hanya dengan sedikit klak-klik aja anda udah bisa bikin framework game3D pertama anda! Selanjutnya saya akan bahas lebih lanjut soal terrain dkk.

Dont miss it!

Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Berikut ini adalah beberapa Tutorial Unity3D yang bisa anda pelajari untuk memahami penggunaan game engine Unity 3D dalam membuat game berbasis PC maupun Android. Tutorial ini akan terus diupdate oleh saya, maupun oleh rekan-rekan kontributor yang lain. Semoga bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa Tutorial Unity3D yang bisa anda pelajari untuk memahami penggunaan game engine Unity 3D dalam membuat game berbasis PC maupun Android. Tutorial ini akan terus diupdate oleh saya, maupun oleh rekan-rekan kontributor yang lain. Semoga bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa Tutorial Unity3D yang bisa anda pelajari untuk memahami penggunaan game engine Unity 3D dalam membuat game berbasis PC maupun Android. Tutorial ini akan terus diupdate oleh saya, maupun oleh rekan-rekan kontributor yang lain. Semoga bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa Tutorial Unity3D yang bisa anda pelajari untuk memahami penggunaan game engine Unity 3D dalam membuat game berbasis PC maupun Android. Tutorial ini akan terus diupdate oleh saya, maupun oleh rekan-rekan kontributor yang lain. Semoga bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa Tutorial Unity3D yang bisa anda pelajari untuk memahami penggunaan game engine Unity 3D dalam membuat game berbasis PC maupun Android. Tutorial ini akan terus diupdate oleh saya, maupun oleh rekan-rekan kontributor yang lain. Semoga bermanfaat.

Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D

Tutorial Pemula:

Tutorial Berseri #1:

Tutorial Berseri #2:

Artikel Unity:



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares