Cara edit video keren tanpa ribet dengan menggunakan Wondershare Filmora

Proses editing video adalah hal yang mesti, harus atau penting yang harus anda lakukan jika ingin mendapatkan hasil lebih dari sekedar merekam video, apalagi jika video tersebut akan anda upload ke youtube atau membuat vlog.

Proses editing harus dilewati untuk meminimalisir kesalahan atau kekurangan saat pengampilan gambar.

Di postingan kali ini akan diberikan tutorial singkat menggunakan aplikasi yang bernama Filmora atau panjangnya Wondershare Filmora.

Apa itu Filmora ?

Filmora adalah aplikasi untuk melakukan proses editing video yang terbilang sangat mudah tetapi dengan fitur yang dapat membuat video tampak keren. Seperti halnya aplikasi Movie Maker dari windows dan iMovie dari mac
aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan kedua software tersebut cara penggunaannya tetapi aplikasi Filmora ini disuguhi lebih banyak effect lainnya.

Setelah mengetahui apa itu filmora mari kita coba dalam melakukan proses editing.

Hal pertama yang akan muncul tampilan untuk memilih mode penggunaan, ada Easy Mode dengan beberapa fitur editing yang terbilang basic dan Full Feature Mode untuk anda yang suka editing video secara advance dapat memilih Mode ini (untuk saat ini saya pilih mode full feature) .

Setelah masuk full feature mode anda dapat melihat fitur-fitur yang banyak yang dapat anda gunakan dalam editing video.

menu-filmora

Nah.. Setelah mengetahui tampilan dan mode yang dihadirkan filmora kita coba untuk melakukan video editing simple menggunakan filmora.

Pertama masukan file video yang akan di edit dengan masuk tab file > pilih import media files

import-filmora

Setelah itu pilih video yang akan diedit.

pilih-video

Setelah itu drag video yang tadi diimport ke bawah atau dapat mengklik gambar.

drag-gambar

Setelah memasukan video kemudian saya akan menambahkan filter untuk proses editnya Menambahkan filter dapat dengan cara klik tab filters, dan kemudian pilihan filterpun akan muncul. Saat pertama membuka filter akan muncuk banyak sekali filter yang dapat digunakan dan beberapa ada yang harus didownload terlebih dahulu.

Untuk saat ini saya akan mencoba filter dengan tema 70-an.

menambahkan-filter

Untuk mengatur seberapa lama filter berfungsi dapat dengan menggeser durasi yang digunakan sesuai yang diinginkan.

timeline-effect

Anda dapat memasukan beberapa text untuk tambahan. Untuk opsi pilihan text selain pada tab text/ credit anda dapat memilih tab elements. disana terdapat banyak efek text atau element pendukung  lainnya. Anda dapat mencobanya sendiri.. 🙂

tambah-text

*note : Untuk mengedit setiap items secara advance dapat mengklik 2x pada item yang diinginkan dan pilih advance

Jika sudah cukup dengan proses editing, hasil yang sudah dibuat dapat langsung kita export dengan masuk tab export dan create video atau dapat anda upload langsung ke facebook, youtube, vimeo dan atau burning ke DVD bisaaa..

export-file

Sebenernya fitur dari filmora ini masih lebih banyak yang dapat digunakan seperti.

  • 4K Editing Support
  • Noise removal
  • Reverse playback
  • Speed control
  • Pan & zoom
  • Audio mixer
  • Green screen
  • Screen recording

Dan masih banyak lagi fitur yang keren abiisss. Untuk lebih lenngkap dapat langsung mengunjungi situs resminya / officialnya

Aplikasi yang keren ini telah digunakan oleh beberapa youtubers dalam melakukan editing video Aplikasi ini dapat anda coba gratis (Trial) atau anda dapat membelinya yang pastinya aplikasi editing video Wondershare Filmora ini cocok untuk mendampingi keseharian anda dalam editing video.

Dibawah ini ada hasil dokumentasi perjalanan saya dan teman-teman kampus saat belajar ke malaysia, video dibawah diedit menggunakan gabungan antara Wondershare Filmora, Adobe Premiere dan Adobe After Effect.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares