Cara Membuat Game Tanpa Ngoding Dengan Construct 2 – Insert Sprite

Dalam artikel ini saya akan membahas soal cara melakukan insert sprite pada Construct2. Apa itu Sprite? Sprite adalah minuman bersoda dengan rasa lemon segar. Minuman ini sangat pas untuk diminum siang-siang sambil sehabis bermain futsal, sepatu roda atau dikejar-kejar tramtib.

sprite

cara membuat game tanpa ngoding cara membuat game tanpa ngoding cara membuat game tanpa ngoding cara membuat game tanpa ngoding cara membuat game tanpa ngoding cara membuat game tanpa ngoding cara membuat game tanpa ngoding

Oke. Saya tahu yang barusan itu nggak lucu. Sprite dalam istilah game 2D adalah sebuah gambar diam/beranimasi yang biasa digunakan dalam pembuatan game. Kenapa namanya Sprite dan nggak Picture atau Image saja? Nah, ini dia yang bikin saya bingung. Jadi saya merasa perlu ‘melucu-meski-garing’ mengenai istilah sprite tersebut.

Baca juga:  Cara Membuat Game Tanpa Ngoding - Membuat Mekanisme Musuh Dengan Construct2

Untuk memasukan sebuah sprite ke dalam Construct2 caranya sangatlah mudah. Klik kanan pada Layout anda dan pilih Insert New Object

BelajarConstruct2-InsertSprite01

Setelah itu pada kotak dialog yang muncul pilih icon Sprite dan klik Insert

BelajarConstruct2-InsertSprite02

Pastinya belum muncul apa pun di layar. Emang gitu. Klik saja sembarang pada Layout.

BelajarConstruct2-InsertSprite03

Akan muncul sebuah Image Editor sederhana seperti ini.

BelajarConstruct2-InsertSprite04

Sprite yang akan kita insertkan pertama kali ini adalah sebuah platform berwarna hijau. Jadi pilih warna hijau pada color pallete, pilih gambar ember dan banjur spritenya. Anda tahu banjur kan? Siram. Itu teh bahasa Sunda.

BelajarConstruct2-InsertSprite05

Ta-da. Sprite anda sudah jadi.

BelajarConstruct2-InsertSprite06

Selanjutnya aturlah ukuran Sprite sesuai dengan kebutuhan, misalnya seperti ini.

Baca juga:  Belajar Photoshop Cara Resize Gambar (Untuk Pemula)

BelajarConstruct2-InsertSprite07

Sebelum lupa, ganti nama Sprite anda. Ini adalah sebuah prosedur standar yang harus anda lakukan. Kenapa? Jika sprtenya masih 1-2 biji sih nggak masalah. Tapi ketika jumlah Sprite sudah ratusan, berapa? Ratuuusan. Anda akan sangat kebingungan. Jadi memberi nama pada sebuah Sprite adalah sebuah kewajiban. Cius.

BelajarConstruct2-InsertSprite08

Dengan cara yang sama tambahkanlah 2 buah Sprite lain yang berwarna biru dan merah. Masing-masing juga berikan nama Pemain dan Musuh.

cara membuat game tanpa ngoding

Jalankan game anda dan lihat hasilnya.

BelajarConstruct2-InsertSprite10

Sip! Game anda sudah jadi. Loh? Mana musuhnya? Musuhnya ada di ujung sebelah kanan. Ingat, layout yang tampil hanyalah layout aktif. Karakter anda perlu berjalan ke kanan untuk bersua dengan musuhnya. Saya akan membahas soal ini di dalam tutorial selanjutnya. Tungguin ya.

Baca juga:  Unity 2017: Gebrakan Baru Unity Di Dunia Game Engine

Bagi anda yang tengah mencari game assets untuk pembuatan game, anda bisa mengunjungi website ini. Asset-asset gratis di dalamnya merupakan asset pilihan yang bisa membantu anda untuk mempercepat pembuatan game. Website ini akan diupdate setiap minggu.

DeveloperIMedia9



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares