Cara Membuat Game Dengan Construct2/Unity3D

Bagaimana cara membuat game ? Mudahkah? Atau sulit? Semuanya tergantung. Tergantung orangnya, skillnya dan enginenya. Dan semua itu membutuhkan learning curve yang cukup dan tidak bisa dilakukan secara instant. Memangnya bikin mie?

Membuat game adalah sebuah aktivitas yang membutuhkan kerja sama tim. Dalam aktivitas ini anda membutuhkan seorang penulis cerita, penulis desain level, pembuat BGM, ilustrator untuk background, ilustrator untuk pembuatan spritesheet character untuk game 2D atau modeler + rigger untuk pembuatan game 3D, dan yang terpenting anda juga membutuhkan para game programmer yang merupakan otak utama dari game yang akan anda bangun.

cara membuat game
cara membuat game
cara membuat game
cara membuat game
cara membuat game
cara membuat game

Unity Fundamental

Itu pembuatan game dalam kacamata ideal. Sementara di Indonesia, yang memang sangat lekat dengan semangat Sangkuriang-nya, pembuatan game umumnya dikerjakan oleh segelintir orang yang merangkap dalam beberapa posisi. Atau lebih parah, game hanya dibuat oleh satu orang saja.

Unity1

Pada jaman saya dulu (duh, berasa tua) membuat game seorang diri itu nyaris mustahil. Bisa sih, tapi hasil gamenya cupu banget. Jadi jangan dibandingkan dengan game-game canggih yang memiliki visual luar biasa. Untungnya, saat ini sudah banyak game engine yang memudahkan kita semua untuk membuat game meski “sendirian”.

Saya pernah membuat sebuah model untuk memetakan hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan sebuah produk transmedia (game salah satunya). Model yang bernama Transmedia Triangle Development Model ini membantu saya untuk memberikan gambaran kira-kira komponen apa saja sih yang diperlukan untuk mengembangkan sebuah game.

TransmediaModel

Minimal ada 3 komponen dasar yang membangun game yaitu komponen Kansei (faktor emosi seseorang terhadap suatu produk), komponen Bisnis dan komponen Teknis.

Baca juga:  Cara Membuat Game Untuk Android Sederhana

Jika dilihat dari sudut pandang Kansei, maka saat merancang game anda harus memikirkan soal ceritanya seperti apa? Karakternya bagaimana? Cewek/cowok? Setingnya seperti apa? Style gambarnya bagaimana? Genre yang mau anda buat itu apa? Dan aspek-aspek lain berkaitan dengan aspek transmedia jika game anda memiliki potensi untuk masuk ranah transmedia seperti animasi/cosplay. Sudah siap atau belum?

Kemudian jka dilihat dari sudut pandang Bisnis, maka yang harus dipikirkan adalah game engine apa yang akan kita pakai? Yang gratisan? Beli? Atau ngebajak? Monetisasinya nanti bagaimana? Freemium? Dikasih iklan? Atau masukin ke Steam? Transaksi yang akan dibuat mekanismenya seperti apa? Jika pembuatan game ini nantinya akan melibatkan investor berapa nilai IRR-nya? Berapa NPV-nya? dan prediksi-BEP nya seperti apa? Mau dipromosikan dengan cara apa? Online? Pake Event? EO? Bagaimana?

Dan hal termudah dalam pembuatan game adalah ketika berbicara dari sudut pandang Teknis dengan mengesampingkan kedua komponen di atas. Dari sudut pandang ini, yang akan dibahas ‘hanya’ game yang akan kita buat 2D/3D? Genre gamenya apa? Nggak perlu berpikir apakah nanti audience akan suka/tidak yang penting kita maunya bikin genre game apa? GUI nya mau bikin sendiri? Download? Atau beli? Nggak usah mikirian duitnya darimana pokoknya asset untuk GUI harus ada. Aset untuk suara? Cari yang gratisan juga gapapa. Cincay lah itu. Mau dipublish platform apa? PC? HTML5? Android? Sekali klik, semuanya akan terpenuhi – asal game enginenya support.

Saat ini ada banyak sekali game engine yang bisa memudahkan anda untuk membuat game dengan sangat cepat dan mudah. Game Engine tersebut juga telah dilengkapi dengan dukungan terhadap asset store yang banyak sehingga pembuatan game benar-benar bisa dilakukan oleh satu orang. Semua kebutuhan anda terhadap aset seperti karakter, efek, suara, background, dll bisa dipenuhi hanya dalam satu kali klik. Nggak semuanya gratis sih, ada juga yang bayar.

Baca juga:  Belajar Unity Untuk Pemula Itu Susah Banget

GameEngine

Intinya saat ini membuat game tidak lagi menjadi satu hal yang sulit. Catat. Membuat game dari sudut pandang Teknis. Masalahnya akan lain jika anda ingin membuat game yang sukses. Karena itu artinya dua komponen lainnya yaitu Bisnis dan Kansei akan menjadi komponen penting yang komposisinya adalah 2/3 dari keseluruhan game kita. Jadi sekedar bisa membuat game saja belum menjamin kesuksesan anda di bidang ini. Sekalipun game engine yang digunakan adalah game engine canggih.

Its the team behind the gun, by the way. Not just a single man. Kecuali dia superman.

Ngomong-ngomong soal game engine, saya jadi teringat soal Kiky Si Kancil. Loh? Jadi gini ceritanya. Sewaktu saya memulai IP Kiky Si Kancil pada tahun 2012 silam, saya punya keinginan agar Kiky Si Kancil bisa terkenal dari Sabang sampai Merauke. Tapi bagaimana mungkin? Kalau anak-anak SD melihat Kiky Si Kancil, okelah mereka mungkin masih suka. Lah, kalau anak SMA atau kuliahan? Apa nggak eneg nantinya ngelihat Kiky Si Kancil? Atau malah malu diledekin sama temannya: “Idih, kamu beli buku Kiky Si Kancil? Kayak anak kecil aja!”

Untungnya saya mendapat banyak support yang luar biasa dari berbagai pihak. Sehingga akhirnya, saya berhasil mewujudkan salah satu mimpi saya, yaitu Bring Fabel To The Next Level. Kiky Si Kancil yang dalam ceritanya memiliki kemampuan Teleport bahkan sampai pindah Universe, akhirnya bener-bener berhasil pindah Universe.

KikyC2Unity

Kiky Si Kancil bukan hanya bisa ditemui sebagai tokoh utama dalam komik Kiky Si Kancil yang diterbitkan oleh WOW Komik, tetapi juga dapat ditemui sebagai tokoh utama dalam seri Tutorial Game Engine (Unity dan Construct2) terbitan Informatika. Alhamdulillah.

Baca juga:  Buku Unity Kiky Si Kancil

Buku Unity Kiky Si Kancil sudah terbit tahun 2016 lalu. Sementara buku Construct 2 insya Allah akan segera beredar di toko buku seluruh Indonesia tahun 2017 ini. Doakan saja semoga diberi kelancaran.

Saya pribadi merasa sangat optimis jika buku-buku Kiky Si Kancil tersebut dapat menjadi best seller di Indonesia.

KomikA4

Err… ya, rada-rada optimis lah. Mudah-mudahan sih laku. Aamiin.

Bagi anda yang ingin mempelajari sepintas tentang Cara Membuat Game 3D dengan Unity bisa membaca beberapa artikel saya di sini:

Khusus untuk tutorial berseri dalam pembuatan game ular tangga ala Unity bisa anda baca di sini:

Sementara bagi anda yang ingin mempelajari sepintas tentang Cara Membuat Game 2D dengan Construct2 bisa membaca artikel saya yang ini:

Dan bagi anda yang tengah mencari game assets untuk pembuatan game, anda bisa mengunjungi link ini. Asset-asset gratis di dalamnya merupakan asset pilihan yang bisa membantu anda untuk mempercepat pembuatan game.

 



11 thoughts on “Cara Membuat Game Dengan Construct2/Unity3D

  • March 6, 2017 at 6:31 pm
    Permalink

    Wah terimakasih mas ats postingannya nambah ilmu keren salam sukses ya

    Reply
  • April 8, 2017 at 1:08 am
    Permalink

    permisi mas saya mau tanya di buku unity kiky si kancil itu ada tutorial buat game 2d pakai unity gak?
    thx

    Reply
    • April 8, 2017 at 2:47 am
      Permalink

      Ada. Khususnya untuk dasar-dasar pembuatan game 2D dan konfigurasi sprite karakter + animasinya untuk pembuatan game 2D.

      Reply
      • July 27, 2017 at 5:53 am
        Permalink

        kang bisa PO lewat online JNE atau apa gitu nga? pesen dari grammed atau online store lama

        Reply
  • April 20, 2017 at 12:29 am
    Permalink

    Bang saya mau nnya nih tutorial membuat game yg 2D , kn bnyk tuh aplikasi untk membuat game 2D , jngn yg 3D deh msh agk ribet , trus aplikasi yg bgs yg mna bng .
    Kalau bisa saya minta tutorial nya bang cara membuat game 2D , dari dasar” sampai akhir bng .
    mohon bantuan nya bang kirim aja klau bisa lewat gmail saya sterbenpro10@gmail.com
    Terima Kasih 🙂

    Reply
    • April 20, 2017 at 5:29 am
      Permalink

      Kalau untuk membuat game 2D saran saya gunakan Construct2. Tutorialnya ada banyak di web ini, coba baca lagi artikel ini pelan-pelan ada banyak link gratis soal tutorial Construct2 salah satu contohnya ini: http://imedia9.net/cara-membuat-game-tanpa-ngoding-dengan-construct2.html. Kalau mau tutorial lebih lengkap ada di buku saya, silahkan beli atau pinjam ke temannya.

      Reply
  • October 4, 2017 at 12:28 pm
    Permalink

    Isi bukunya sesuai gx yah dengan versi 2017

    Reply
    • October 4, 2017 at 1:24 pm
      Permalink

      Buku Unity Si Kancil ini dirilis tahun 2016, ditulis saat Unity masih versi 5.1. Jadi kalau ditanya apakah bukunya sesuai dengan Unity 2017, pastinya sih 100% sesuai banget, hehehe. *modus jualan: on.
      Boong deng. Ada beberapa script yang obsolete, dan ada plugin pihak ketiga yang sudah update dan butuh penyesuaian. Soal core scriptnya sih sama, jadi buku ini kurang lebih 90% masih valid dengan Unity versi terbaru.

      Reply
  • October 28, 2017 at 9:43 pm
    Permalink

    Soal construct 2 saya sekedar tahu aja, slebihnya ga prnah cba sma sekali, mmngnya apa kelebihannya dibanding GMS? soalnya kbanyakn orng lbih nyaman pke GMS

    Reply
  • October 29, 2017 at 5:42 am
    Permalink

    Soal kelebihan sih, setiap software pasti punya kelebihan dan kekurangan. Dari sejarah hierarki Game Engine, GMS itu seniornya C2, jadi pasti lebih banyak orang yang pake GMS. Saya sendiri blum pernah coba GMS, soalnya mesti nge-crack, sementara Construct2 memberikan versi Free yang cukup powerfull. Jadi saya rasa itu salah satu kelebihannya. C2 dan C3 (versi terbarunya) punya semangat untuk membantu orang-orang berkantong cekak tapi ingin menjadi developer game indi tanpa harus nge-crack sagala rupa. Buat saya, itu kelebihan yang keren bingit.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares