Cara Membuat Gradasi Warna Di Photoshop

Saya bukan pakar photoshop. Asli. Saya lebih sering menggunakan Paint .Net untuk melakukan beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan grafis. Pernah sih pakai Photeshop. Tapi rasanya sudah lebih dari setengah dekade yang lalu. Alasan saya nggak lagi menggunakan photoshop adalah: Satu, photoshop berlisensi.

Harganya cukup mahal untuk kantong saya yang cekak, dan saya menolak untuk menggunakan bajakannya. Kedua, saya nggak begitu sering berhubungan dengan kegiatan grafis, kalau pun ada, software ringan bin gratis Paint .Net sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan saya. Ketiga, loading Photoshop yang gila suka bikin saya bete. Mungkin saya harus beli laptop baru, atau mungkin saya harus selalu sedia kwaci setiap nungguin software itu bekerja.

Baca juga:  Belajar Photoshop Cara Resize Gambar (Untuk Pemula)

Dalam artikel kali ini saya akan membahas cara membuat gradasi warna di Photoshop. Gampang banget kok. Sebelumnya kita pernah membahas konsep layer dan ember cat. Anda bisa membacanya kembali di artikel ini: Cara membuat layer di Photoshop

Untuk membuat gradasi warna gunakan Gradient Tool yang posisinya ada di atas tool ember.

Photoshop-Gradient01

Selanjutnya pada canvas anda drop-drag mouse sambil membentuk garis seperti ini

Photoshop-Gradient02

Lepas dan voila. Sempurna! Asa jiga jadi tukang sulap euy.

Photoshop-Gradient03

Gradasi warna akan terbentuk sesuai dengan arah drag-drop mouse anda.

Photoshop-Gradient04

Contohnya seperti ini. Gradasi warna versi diagonal.

Photoshop-Gradient05

Gradasi terbentuk dari dari 2 warna Forecolor dan Backcolor yang ditampilkan pada panel Color. Coba lihat. Warnanya adalah merah dan putih bukan? Itu sebabnya gradasi yang terbentuk pun merah putih. Jika anda ingin mengubah warna gradasi cukup ubah Forecolor dan Backcolornya.

Baca juga:  Cara Membuat Teks Miring Menggunakan Photoshop

Selain itu, Photoshop menyediakan beberapa template color yang unyu-unyu untuk gradasi warna.

Photoshop-Gradient06

Misalnya seperti ini. Weiss, ciamik yo?

Photoshop-Gradient07

Selain template warna, ada juga template pola gradasi. Anda cukup klik tombol di sebelah kanan combobox template gradasi warna. Contohnya yang bulat ini.

Photoshop-Gradient09

Atau bentuk kuncup begini.

Photoshop-Gradient10

Ada garis tiga ala desain jersey klub sepak bola.

Photoshop-Gradient11

Atau model ketupat nun jauh di mato.

Photoshop-Gradient12

Intinya, Photoshop menyediakan banyak sekali template gradasi dan pola gradasi untuk mempercantik desain anda. Sekian dulu. Sampai jumpa lagi di tutorial selanjutnya.

 

Cara Membuat Gradasi Warna Di Photoshop Cara Membuat Gradasi Warna Di Photoshop Cara Membuat Gradasi Warna Di Photoshop Cara Membuat Gradasi Warna Di Photoshop Cara Membuat Gradasi Warna Di Photoshop Cara Membuat Gradasi Warna Di Photoshop Cara Membuat Gradasi Warna Di Photoshop Cara Membuat Gradasi Warna Di Photoshop Cara Membuat Gradasi Warna Di Photoshop Cara Membuat Gradasi Warna Di Photoshop


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares