Cara Membuat Komik Strip dengan Pixton

Komik strip adalah salah satu cerita bergambar yang sangat menarik untuk dibaca. Sebenarnya komik strip seperti halnya komik biasa adalah satu jenis cerita bergambar yang sama tetapi komik strip dibuat singkat dan hanya terdiri dari beberapa gambar untuk satu judul biasa. Bagi seorang profesional yang telah mahir dalam membuat animasi sudah tentu tak asing lagi dalam membuat komik strip. Biasanya mereka membuatnya dengan software grafis maupun digambar secara manual. Tapi tahukah anda bahwa seorang yang awam pun bisa membuat komik strip secara mudah dan murah?? Tentu saja sangat bisa!!! Dengan menggunakan aplikasi web yang bernama Pixton, kita bisa membuat cerita komik strip dengan mudah tanpa harus mahir desain grafis. Maka dari itu saya akan menjelaskan secara singkat cara membuat komik strip dengan Pixton.

Baca juga:  Jago Membuat Komik Tanpa Jago Gambar Dengan Pixton

1 . Buka web browser, ketiklah www.pixton.com.

Cara Membuat Komik Strip dengan Pixton

2. Kemudian sign in jika telah memiliki akun Pixton. Jika belum maka anda diharuskan membuat akun terlebih dahulu dengan mengklik sign up.

untitled-2

3. Setelah anda melakukan login, klik “Create new” untuk membuat cerita baru.

untitled-3

4. Pilih layout cerita yang akan anda gunakan. Selain membuat komik strip, Pixton juga bisa digunakan untuk membuat storyboard maupun novel bergambar.

untitled-4

5. Pilih jenis komik strip yang akan dipakai. Untuk pilihan Basic hanya bisa mengubah karakter, background dan menulis teks. Jika pilihan Advanced maka anda bisa membuat komik strip tanpa batasan.

untitled-5

6. Pilih background yang akan dipakai.

untitled-6

7. Pilih jumlah karakter yang akan dipakai dalam komikstrip.

Baca juga:  Cara Membuat Komik Dengan Pixton? Gampang Banget!

untitled-7

8. Pilih karakter yang akan dimasukkan dalam komikstrip.

untitled-8 untitled-9

9. Kemudian isi judul komik strip pada bagian atas panel gambar. Untuk mengisi teks percakapan cukup mengklik kotak percakapan yang sudah disediakan.

untitled-10

10. Untuk menambah karakter anda bisa mengklik tombol yang bersimbol wajah berwarna kuning putih pada sebelah kiri panel gambar.

untitled-11

11. Setelah menambahkan karakter, anda juga bisa mengedit karakter tersebut seperti bentuk ekspresi dan gerakan, dan bisa juga dihapus dengan mengklik karakter yang akan diedit, kemudian mengklik salah satu tombol yang akan anda gunakan di sebelah bawah panel gambar.

untitled-12

12. Untuk menambah panel gambar, anda bisa mengklik tanda plus (+) pada sebelah kanan panel.

Baca juga:  Cara Membuat Komik Dengan Pixton? Gampang Banget!

untitled-13

13. Setelah panel gambar diperbanyak dengan menambahkan karakter dan teks percakapan, maka komik strip sudah selesai dibuat!!! Anda bisa menyimpan sementara dengan mengklik “save for later”. Jika anda ingin mendownload atau mempublish cerita maka akun Pixton anda harus di upgrade ke versi premium dengan membayar beberapa dollar, dikarenakan tidak gratis.

untitled-14

untitled-15

Itulah tutorial singkat mengenai membuat komik strip dengan menggunakan Pixton. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares