Cara Membuat Novel

Menulis novel itu tidak semudah menulis cerpen atau artikel. Kenapa? Karena cerita yang akan disajikan dalam novel perlu dirancang dan ditulis secara sistematis sehingga dapat menghasilkan satu kesatuan alur yang jelas baik itu tentang tokoh atau tentang suatu peristiwa. Pembuatan sebuah novel tidak dapat dilakukan secara instan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah:

1. Temukan ide yang menarik.
Cerita dalam novel tidak melulu harus berasal dari proses yang rumit. Idenya bisa anda dapat dari cerita pengalaman hidup sehari-hari, keadaan sekitar anda, atau mungkin imajinasi yang tiba-tiba saja terlintas. Yang penting idenya harus menarik, dan layak untuk dibagikan kepada orang lain.
2. Pahami langkah-langkah pembuatan novel. 
Ini masalah struktur dan teknik penulisan. Karena sebuah novel bukan sekedar soal menemukan ide, namun tentang bagaimana anda dapat mengembangkan ide tersebut dan menuliskannya dengan sistematis agar dapat dinikmati oleh orang lain (pembaca).
3. Tentukan unsur-unsur cerita dengan baik. 
Ide yang baik, bukan jaminan untuk dapat dijadikan sebuah cerita yang baik. Ada hal-hal lain yang juga harus diperhatikan seperti penggunaan nama tokoh, tempat, latar belakang kebudayaan dan sebagainya. Kemas unsur-unsur cerita ke dalam satu ide cerita untuk mendapatkan sebuah cerita yang kokoh.
4. Tentukan pembagian alur cerita. 
Ada banyak alur yang bisa digunakan menyajikan cerita dalam novel. Bisa alur maju, alur mundur, atau kombinasi keduanya. Yang terpenting bukan masalah alurnya, tapi pembagian dari masing-masing bagian cerita sehingga dapat terus memancing rasa penasaran pembaca untuk menyelesaikan sebuah novel.
5. Patuhi Deadine menulis. 
Anda harus memiliki deadline. Hal ini akan menjadi patokan dasar anda untuk menyelesaikan sebuah novel. Setiap anda sedang mengalami kebuntuan, beristirahatlah. Cari kegiatan lain, ambil nafas dan berlibur. Jangan paksa diri anda untuk menulis ketika anda sedang tidak ingin menulis. Namun jangan pula terlalu lama meninggalkan tulisan anda dan tetap patuhi deadline.
Selain tips di atas, ada beberapa tips lain yang bisa anda pelajari di sini. Semoga bermanfaat.
Loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares