Cara Membuat Typography Wajah Dengan Photoshop

Apa itu efek typography (typografi)? Menurut Wikipedia, typografi adalah suatu kesenian dan teknik memilih huruf dengan pengaturan dan penyebaran pada ruang yang tersedia untuk menciptakan kesan tertentu dan kenyamanan semaksimal mungkin.

Dalam dunia digital editing, teknik ini banyak digunakan untuk menghasilkan perpaduan yang khas antara gambar(objek) dan huruf yang disusun sedemikian rupa untuk menghasilkan desain yang simpel sekaligus elegan.

Untuk membuat efek typography menggunakan Photoshop caranya tidak terlalu sulit. Berikut ini adalah beberapa langkah di antaranya

1. Siapkan dokumen baru berupa foto yang akan diedit.

Cara Membuat Typography Wajah Dengan Photoshop

2. Buatlah sebuah tulisan seperti pada contoh gambar dibawah.

3. Untuk memudahkan dalam pengeditan, maka kita buat tulisan ‘retro’ tadi menjadi sebuah Brush yang akan kita pakai nanti dengan cara, pilih Edit – Define Brush Preset…, lalu setelah Brush diberi nama selanjutnya tekan ‘OK’.

4. Buat layer baru, lalu pilih brush yang baru saja kita buat sebagai masking foto. Perlu diperhatikan, posisi layer brush harus diatas layer foto. Posisikan brush secara acak dengan ukuran yang disesuaikan.

 

5. Masih pada layer brush, ¬†tekan dan tahan tombol ‘Ctrl’ pada keyboard lalu klik thumbnail layer brush pada pallete layer, maka akan tampak hasil seleksi.

6. Setelah selesai dengan layer brush, pilih layer foto, lalu tekan ‘Ctrl + J’, dan akan menghasilkan layer baru yang merupakan perpaduan antara Foto dan Type.

7. Non-aktifkan layer Foto (Background) dan layer brush denga cara di-klik pada tanda mata disebelah kiri thumbnail layer masing-masing.

8. Buatlah layer baru tepat diatas layer background, lalu warnai dengan ‘Paint Bucket Tool’.

9. Buatlah latar menjadi mempunyai efek tekstur granite halus dengan cara memilih ‘Filter – Disort – Diffuse Glow’. Sesuaikan dengan ngetatur ‘Graininess’, ‘Glow Amount’ dan ‘Clear Amount’.

10. Lalu pilih layer Type dan buatlah efek bevel dengan cara memilih ‘Layer – Layer Style – Bevel and Emboss. Sesuaikan, lalu pilih ‘OK’.

Hasilnya bisa dilihat sebagai berikut. Keren kan?

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares