Cara Membuat WPAP Dengan Illustrator

Apa itu WPAP? WPAP merupakan singkatan dari Wedha’s Pop Art Potrait adalah gaya seni pop art yang dipopulerkan oleh Wedha Abdul Rasyid sang mastah yang membuat aliran ini. WPAP mempunyai ciri khas tertentu dalam penggambaran objek. Dalam WPAP ilustrasi dibuat dengan melakukan kombinasi bidang berkotak-kotak dan penuh dengan warna-warni antar bidang tanpa menghilangkan karakter objek atau model yang digambar.
Sebelum dinamakan WPAP, dahulu namanya FMB ( Foto Marak Berkotak ). Kuncinya ada pada kotak. Karena dalam WPAP anda pasti tidak akan menemukan bidang-bidang lengkung sebab termasuk salah satu hal yang diharamkan karena slogan para pelaku WPAP adalah:
 
“Jangan ada curve di antara kita”
Nah, dalam artikel ini teh urang  mau berbagi tutorial membuat WPAP di Adobe Illustrator CS6. Hal pertama yang harus kalian siapin adalah photo yang ingin dijadikan WPAP dan aplikasi Adobe Illustrator tentunya. Jangan lupa baca Bismillah biar hasilnya Insya Allah bagus hehehe.
Tips tambahan, jadikan hitam putih terlebih dahulu photo yang ingin dijadikan WPAP, agar kita lebih mudah membedakan gelap terang yang  pada photo, karena gelap terang dari gambar tersebut yang akan menjadi patokan buat kita menentukan warna gelap dan warna terang yang akan kita berikan nantinya.
Buka aplikasi Adobe Illustratornya dulu, kemudian drag and drop aje photo yang ingin kita jadikan WPAP.
Cara Membuat WPAP Dengan Illustrator
Tambahkan layer baru >> Pilih menu Line Segment
Lalu rubah stroke atau outline atau garis atau apalah itu menjadi warna kuning, Kenapa warna kuning? Biar jelas jadi ga tersamarkan sama background, untuk ukuran strokenya sendiri urang mah pake ukuran 1pt .
Zoom in atau tekan CTRl dan + lalu buat pola atau blok blok garis yang nantinya akan diwarnai, pola yang akan kita buat ini hanya berbentuk garis garis lurus yang tentunya tidak ada lengkungan, pastikan setiap ujung garis yang sudah dibuat tidak yang  terpisah (tersambung satu sama lain)
 
Dalam melakukan proses ini agan tehkudu sabar, sabar, sabar. Omat yeuh. Soalna mun teu sabar ngke hasilnya kacow!
Setelah selesai tergariskan semua pastikan tidak ada garis yang terpisah
Setelah itu klik kanan pilih “Group” >> Drag and Drop Color Pallet dan masukan tabel warna yang diinginkan. Jika kalian ingin berexperimen dengan warna sendiri yah sok weh lah. Da ini mah bebas.
Tekan Huruf ‘i’ Eyedroper tool >> klik pada tabel warna yang yang sudah kita letakan tadi >> tekan huruf ‘K’ untuk menuang warna, berikan warna yang paling tua untuk garis, alis, rambut dan semua objek tergelap pada photo.
Dan berikan warna yang lainya sesuai gelap terang pada photo
Setelah selesai menuangkan semua warna hilangkan garis kuning dengan mengklik layer garis, atau tekan huruf ‘v’ selection tool untuk langsung mengklik objek garis kuning >> dan hilangkan garis seperti yang ada pada di gambar.
Sip. Udah jadi deh.
Setelah selesai hapus tabel warna dengan mengklik objek dengan table warna lalu tekan Delete, untuk menyimpan gambar pilih File >> Export >> pilih JPEG >> Save. 
Kumaha? Gampang pan? Ini adalah cara sederhana untuk bikin foto WPAP. Hatur nuhun sudah dibaca tutorialnya. Semoga bermangpaat. Adios, permios.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares