Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari Internet. Mulai dari melakukan usaha online, menjalankan program iklan pada website sampai menjadi karyawan remote di suatu perusahaan. Khusus untuk yang terakhir merupakan tren baru yang semakin tumbuh karena kecepatan internet dunia yang meningkat.

Jika dulu yang namanya karyawan identik dengan jam kerja yang tetap, diam dikantor dan menjalankan rutinitas yang membosankan, skema karyawan remote atau istilah kerennya web freelancer dapat menjadi alternatif yang luar biasa yang bukan saja menguntungkan perusahaan tetapi juga sang karyawan sendiri.

Dalam satu project, untuk seorang progammer web misalnya, anda akan digaji sebesar 20~40$ per jam. Hitungannya tentu akan berbeda untuk setiap perusahaan. Namun jika dipukul rata sebesar 40$ maka dalam satu hari saja anda akan memiliki penghasilan maksimal: 40$ x 8jam = 320$.

Wow! Besar sekali kan?

Businesswoman Counting Money

Namun tentu saja tidak semua orang bisa menjadi karyawan remote. Karena selain anda harus mampu lancar berkomunikasi dalam bahasa inggris baik verbal maupun tulisan, anda juga harus memiliki sebuah kemampuan khusus yang bersesuaian dengan job yang tersedia.

Lalu adakah cara lain untuk mendapatkan uang di internet yang “sedikit” lebih mudah?

Ada.

Secara umum aku mencatat setidaknya ada 3 cara terbaik untuk mendapatkan uang dari internet. Seperti apa? berikut adalah ringkasannya.

1. Menjadi Publisher Iklan Di  Website/Blog

Cara pertama merupakan cara yang paling ampuh dan paling banyak digeluti oleh para blogger saat ini. Untuk menghasilkan uang dengan cara ini anda hanya memerlukan koneksi internet, sedikit kemampuan mengolah kata-kata alias bloging dan tentu saja sebuah website yang terdaftar pada salah satu program periklanan.

Salah satu yang terkenal dan memiliki tingkat penghasilan terbesar adalah Google Adsense. Saya pernah menulis tentang estimasi pendapatan yang bisa anda raih jika menjadi salah satu publisher Google Adsense di artikel ini: Potensi pendapatan Adsense.

Sayangnya, meski merupakan program periklanan dengan potensi pendapatan terbesar, untuk bisa menjadi salah satu publisher Google Adsense bukanlah perkara mudah. Aku saja sering ditolak oleh Google Adsense dengan alasan yang tidak jelas.

Tapi tenang, dunia belum kiamat walaupun pengajuan anda ditolak oleh Google Adsense. Masih banyak penawaran iklan sejenis yang menawarkan potensi pendapatan yang cukup besar. Memang tidak sebesar kepunyaan si mbah Google sih, tapi dengan kombinasi program periklanan yang tepat anda bahkan bisa gajian lebih besar daripada sekedar menggunakan Google Adsense.

Beberapa program periklanan yang dapat dijadikan alternatif diantaranya adalah Birvertiser.com, Revenuehits.com, Chitika.com, Popcash.com dan masih banyak lainnya.

2. Menjadi Affiliate Marketer

Cara lain untuk mendapatkan uang dari internet adalah dengan menjadi seorang Affiliate Marketer. Apa maksudnya? Secara umum konsepnya sama dengan menjadi publisher pada program periklanan.

Perbedaannya, jika pada program periklanan anda akan dibayar setiap kali ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut dari situs anda, sementara pada affiliate marketing anda akan dibayar setiap kali ada transaksi yang terjadi melalui link referal dari situs anda.

Program ini sangat menarik bagi para calon advertiser karena dianggap merupakan mekanisme iklan yang paling murah dan sangat efektif. Artinya, para advertiser tidak perlu keluar uang percuma demi menghasilkan sebuah transaksi. Sementara di sisi publisher, nilai komisi yang anda dapatkan pun terbilang sangat besar jika dibandingkan dengan program periklanan.

Beberapa situs yang menawarkan affiliate marketing adalah Amazon.com, Clickbank.com dan Bhineka.com.

3. Membuka Toko Online

Saat ini yang namanya toko online sudah menjamur. Sesuai dengan namanya, toko online berarti anda memiliki barang untuk dijual dan sebuah etalase digital yang dapat mempromosikan barang anda kepada para pengunjung dari berbagai belahan dunia.

Dengan menjalankan bisnis jenis ini, tentu anda tidak perlu pusing-pusing memiliki tempat dan pegawai. Toh semuanya bisa dijalankan seorang diri. Anda hanya harus memiliki waktu untuk berinteraksi dengan pengunjung situs, dan bersiap untuk melakukan pengiriman paket barang.

Untuk bisnis jenis ini anda juga tidak perlu repot-repot untuk membuat website sendiri. Saranku sih anda cukup mendaftarkan diri di situs jual beli online besar seperti Tokopedia.com atau Bukalapak.com. Memang kendalanya adalah anda harus bersaing dengan banyak penjual lainnya. Tapi itu masih jauh lebih baik daripada anda membuat web toko online sendiri dan harus bersaing dengan web-web jual beli online besar.

Selain ketiga cara di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi cara untuk menghasilkan uang dari internet. Namun secara garis besar, ketiga cara tersebut sudah mewakili cara terbaik untuk menghasilkan uang dari internet. Tentu saja, semuanya berpulang pada komitmen dan konsistensi anda dalam menjalankan internet marketing.

Ingat, menjalankan bisnis itu tidaklah mudah dan tidak bisa instant. Semuanya butuh proses dan kerja keras.

Sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Love, hug and happy nice day.

Loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares