Belajar Photoshop Cara Menggabungkan Layer

Saya bukan pakar photoshop. Asli. Saya lebih sering menggunakan Paint .Net untuk melakukan beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan grafis. Pernah sih pakai Photeshop. Tapi rasanya sudah lebih dari setengah dekade yang lalu. Alasan saya nggak lagi menggunakan photoshop ada tiga.

Yang pertama, photoshop berlisensi. Harganya cukup mahal untuk kantong saya yang cekak, dan saya menolak untuk menggunakan bajakannya. Kedua, saya nggak begitu sering berhubungan dengan kegiatan grafis, kalau pun ada, software ringan bin gratis Paint .Net sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan saya. Ketiga, loading Photoshop yang gila suka bikin saya bete. Mungkin saya harus beli laptop baru, atau mungkin saya harus selalu sedia kwaci setiap nungguin software itu bekerja.

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya untuk menggabungkan dua buah layer atau lebih dikenal dengan istilah merge layer. Pertama-tama anda perlu mengenal bagaimana konsep layer di Photoshop. Anda bisa membacanya di sini: Mengenal Konsep Layer Di Photoshop. Kedua-dua, anda perlu memahami konsep fusion yang diajarkan oleh Son Goku dan PIcolo.

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya untuk menggabungkan dua buah layer atau lebih dikenal dengan istilah merge layer. Pertama-tama anda perlu mengenal bagaimana konsep layer di Photoshop. Anda bisa membacanya di sin Dalam artikel ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya untuk menggabungkan dua buah layer atau lebih dikenal dengan istilah merge layer. Pertama-tama anda perlu mengenal bagaimana konsep layer di Photoshop. Anda bisa membacanya di sin Belajar Photoshop Cara Menggabungkan Layer Belajar Photoshop Cara Menggabungkan Layer Belajar Photoshop Cara Menggabungkan Layer Belajar Photoshop Cara Menggabungkan Layer Belajar Photoshop Cara Menggabungkan Layer Belajar Photoshop Cara Menggabungkan Layer Belajar Photoshop Cara Menggabungkan Layer Belajar Photoshop Cara Menggabungkan Layer Belajar Photoshop Cara Menggabungkan Layer

Belajar Photoshop Cara Menggabungkan Layer

Becanda. Garing ya? Ehm. Oke, kita kembali ke Photoshop. Misalkan posisi canvas anda seperti ini. Ada 3 layer, yang masing-masing berwarna putih, merah dan biru. Jangan berharap layer akan berubah menjadi ungu jika digabungkan. Ini mah Photoshop bukan cat air. Kalaupun digabungkan yang terjadi adalah warna merah (sebagai layer teratas) akan menjadi satu-satunya warna yang terlihat.

Baca juga:  Cara Membuat Game Dengan Unity3D

Belajar Photoshop Cara Menggabungkan Layer

Untuk kita perlu memotong layernya. Anda bisa gunakan Rectangle Tool untuk menyeleksi salah satu bagian dari layer.

Photoshop-Merge01

Klik drag dan drop, lalu seleksi kira-kira separuh bagian atasnya saja.

Photoshop-Merge02

Habis itu klik delete.

Photoshop-Merge03

Jangan tertipu dengan warna biru. Itu adalah warna layer bawahnya. Jika layer biru kita sembunyikan dengan klik icon mata maka yang terlihat adalah separuh layer merah. Oke?

Photoshop-Merge04

Langkah selanjutnya sangat mudah. Anda tinggal klik kanan pada Layer merah, kemudian pilih Merge Down.

Photoshop-Merge05

Voila. Dua layer yang berbeda pun kini telah sah bergabung menjadi satu. Sah mas bro. Sah! Aiiih, so sweeeet.

Cara Menggabungkan Layer (Merge Layer)

Demikianlah tutorial singkat nan geje ini. Meski singkat semoga tetap bermanfaat.

Cara Menggabungkan Layer (Merge Layer) Cara Menggabungkan Layer (Merge Layer) Cara Menggabungkan Layer (Merge Layer) Cara Menggabungkan Layer (Merge Layer) Cara Menggabungkan Layer (Merge Layer) Cara Menggabungkan Layer (Merge Layer)


One thought on “Belajar Photoshop Cara Menggabungkan Layer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares