Cara Menggunakan Eyedropped Color

Saya bukan pakar photoshop. Asli. Saya lebih sering menggunakan Paint .Net untuk melakukan beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan grafis. Pernah sih pakai Photeshop. Tapi rasanya sudah lebih dari setengah dekade yang lalu. Alasan saya nggak lagi menggunakan photoshop ada tiga.

Yang pertama, photoshop berlisensi. Harganya cukup mahal untuk kantong saya yang cekak, dan saya menolak untuk menggunakan bajakannya. Kedua, saya nggak begitu sering berhubungan dengan kegiatan grafis, kalau pun ada, software ringan bin gratis Paint .Net sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan saya. Ketiga, loading Photoshop yang gila suka bikin saya bete. Mungkin saya harus beli laptop baru, atau mungkin saya harus selalu sedia kwaci setiap nungguin software itu bekerja.

Baca juga:  Cara Menggunakan History Di Photoshop

Satu tool Photoshop dan aplikasi grafis yang sering saya gunakan adalah Eyedropped Color (Pick Color). Apakah itu? Tool Pick Color memiliki kemampuan untuk menentukan warna yang “tepat” dari suatu objek. Maksudnya gimana? Dalam dunia digital, warna biru ada banyak. Ada biru biasa, biru banget, rada biru, kebiru-biruan dan bulao. Semua warna itu diterjemahkan ke dalam bentuk heksa yang sangat sulit diingat oleh manusia.

Sehingga jika kita melakukan sebuah desain dan kita ingin menggunakan warna yang “itu”, maksudnya warna yang kelihatan oleh mata, maka tool Pick Color inilah yang paling tepat.

Contoh. Katakanlah ada 2 objek berwarna merah dan hijau.

Photoshop-Pick01

Anda ingin mengubah warna hijau ini dengan warna merah yang TEPAT SAMA. Kalau dikira-kira dengan perasaan pasti hasilnya akan berbeda. Untuk itu gunakanlah tool Eyedropper Tool.

Baca juga:  Tutorial Photoshop Untuk Pemula - Hello World

Photoshop-Pick02

Kemudian klik pada gambar kotak merah. PERHATIKAN jika panel color akan berpindah secara otomatis.

Photoshop-Pick03

Selanjutnya pilih objek ember dan siram pada kotak kedua. Sip! Dalam hitungan detik anda berhasil membuat kotak dengan warna yang sama.

Photoshop-Pick04

Cara Menggunakan Eyedropped Color Cara Menggunakan Eyedropped Color Cara Menggunakan Eyedropped Color Cara Menggunakan Eyedropped Color Cara Menggunakan Eyedropped Color Cara Menggunakan Eyedropped Color Cara Menggunakan Eyedropped Color Cara Menggunakan Eyedropped Color Cara Menggunakan Eyedropped Color Cara Menggunakan Eyedropped Color Cara Menggunakan Eyedropped Color Cara Menggunakan Eyedropped Color


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares