Cara Menggunakan History Di Photoshop

Saya bukan pakar photoshop. Asli. Saya lebih sering menggunakan Paint .Net untuk melakukan beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan grafis. Pernah sih pakai Photeshop. Tapi rasanya sudah lebih dari setengah dekade yang lalu. Alasan saya nggak lagi menggunakan photoshop ada tiga.

Yang pertama, photoshop berlisensi. Harganya cukup mahal untuk kantong saya yang cekak, dan saya menolak untuk menggunakan bajakannya. Kedua, saya nggak begitu sering berhubungan dengan kegiatan grafis, kalau pun ada, software ringan bin gratis Paint .Net sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan saya. Ketiga, loading Photoshop yang gila suka bikin saya bete. Mungkin saya harus beli laptop baru, atau mungkin saya harus selalu sedia kwaci setiap nungguin software itu bekerja.

Baca juga:  Cara Membuat Motion Graphic Menggunakan Adobe Premiere dan After Effects

Apakah anda pernah mendengar pepatah yang mengatakan: Yesterday is History, Tomorrow is Mistery, and Today is Reality. Apa hubungannya pepatah itu dengan Photoshop? Nggak ada sih. Saya cuma lagi kebingungan nyari kalimat pembuka artikel, hehehe.

Tapi ngomong-ngomong soal history nih. Ada fitur unik milik Photoshop yang menurut saya perlu banget anda tahu. Namanya History. Manusia adalah tempatnya lupa dan salah, termasuk illustrator. Pasti pas ngedesain banyak salahnya. Kalau lagi sibuk desain tiba-tiba salah apa yang biasanya dilakukan? Ctrl+Z alias undo.

Betuuuul.

Tapi di Photoshop Undo cuma bisa 2 kali pake keyboard mah. Dan bagaimana kalau kesalahan yang ingin di undo terlampau banyak. Bisakah kita “mengulang” sang waktu untuk memperbaiki kesalahan kita dengan si dia di masa yang lalu? Catat. Si dia di sini maksudnya adalah desain anda.

Baca juga:  Cara Membuat Video Animasi dan Presentasi Dengan Powtoon

Contoh kasus. Misalnya anda punya desain kotak warna merah.

Photoshop-History01

Anda bosen. Ganti deh jadi warna biru.

Photoshop-History02

Maish bosen, ganti lagi dengan warna hijau.

Photoshop-History03

Dari ketiga desain anda pengin balik ke mantan… eh, ke desain sebelumnya.

Photoshop-History04

Anda bisa gunakan Ctrl+Z untuk kembali 1 langkah. Tapi jika ingin kembali ke beberapa langkah, akses fitur History dari menu Windows > History

Photoshop-History05

Sebuah jendela kecil akan muncul dan jendela ini akan menyimpan semua langkah anda mulai dari membuka file sampai langkah anda terakhir. Jendela ini adalah jendela yang AKAN SANGAT BANGET PISAN anda gunakan jika sudah bermain Photoshop. Trust me! Its works!

Cara Menggunakan History Di Photoshop

Sekian penjelasan singkat soal History. Di dalam dunia nyata, history yang pernah ada mungkin takkan pernah kembali, tapi di Photoshop semuanya bisa dikembalikan… selama komputer anda belum nge-hang. Semoga bermanfaat.

Cara Menggunakan History Di Photoshop Cara Menggunakan History Di Photoshop Cara Menggunakan History Di Photoshop Cara Menggunakan History Di Photoshop

 

Baca juga:  Cara Membuat Game 2D Dengan Construct2 : Menambahkan Behavior
Loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares