Cirdud: Cireng Rujak Dudud Yang Enaknya Sampai Ke Luar Negeri

Siapa yang tidak kenal dengan cireng? Makanan olahan tepung ini merupakan makanan tradisional yang bisa ditemukan di warung atau pinggir jalan. Cireng kerap kali dicap sebagai makanan rakyat karena selain mudah di dapat, harganya pun sangat terjangkau.

Tingginya permintaan akan makanan tradisional ini membuat Hernita Sabarhayati berinisiatif untuk membuka usaha cireng. Namanya Cirdud alias Cireng Rujak Dudud. Usaha yang baru digeluti semenjak tahun 2015 telah mengalami pertumbuhan yang signifikan. Beberapa pelanggan bahkan sengaja membawa Cirdud ini sampai keluar negeri seperti Singapura, Belgia dan Korea.

Wanita yang akrab di sapa Ninet ini mengaku jika semula dia hanya ingin membuat camilan untuk anaknya.

“Awalnya hanya untuk membuat camilan untuk anak saya saja, tapi ternyata camilan dan makanan yang saya buat itu disukai juga oleh teman-teman. Setiap foto kreasi makanan yang saya di upload di media sosial, mendapatkan respon yang luar biasa. Lama-lama kelamaan, usaha ini jadi berkembang seperti sekarang,” ujarnya.

Seperti layaknya para wirausaha pemula lainnya, Ninet mengaku jika kesulitan terbesar dari usahanya ini terletak pada modal. “Modal awal pembuatan Cirdud dari modal sendiri. Seiring berjalannya waktu, keuntungan semakin bertambah dan sebagian bisa disisihkan untuk modal,” tambah ibu dari dua anak ini.

Sampai saat ini Ninet sudah sering tampil di berbagai acara sebagai salah sosok wirausaha muda yang pantang menyerah dan inspiratif.

“Pernah di undang ke I-Radio untuk mengisi acara Teteh Inspiratif, pernah di wawancara di salah satu televisi lokal juga, serta beberapa acara dan pameran lainnya yang dihadiri oleh rekan-rekan ukm lainnya,” pungkasnya.

Pencapaian ini tidak membuat Ninet berpuas diri. Dalam beberapa bulan ke depan, dia berencana untuk memperbanyak reseller, menambah mitra kedai kopi dan rumah makan serta menerapkan digital marketing untuk menaikkan penjualan.

“Intinya, jangan pernah meragukan kemampuan diri sendiri. Terkadang jalan menuju kesuksesan berawal dari sesuatu hal yang sederhan yang kita sukai dan kita tekuni,” tutupnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares