Daftar Episode Lengkap Obor Desain Season 1

Apa itu Obor Desain? Obor Desain adalah sebuah acara teu pararuguh yang digagas secara brilian dan profesional oleh kang Dodi Nursaiman. Acara ini aslina teu pararuguh dan isinya cuma ngacapruk sakahayang bin pikaseurieun ala kang Dodi. Saya pernah melakukan konfirmasi ulang kepada kang Dodi dalam rangka mengetahui secara hakikat dan hakiki, sebenarnya acara Obor Desain itu acara apa sih?

Menurut kang Dodi, selaku dosen DKV Unpas yang merangkap pelaku industri kreatif sekaligus host Obor Desain menjawab dengan nada tegas, kalem dan berwibawa: “Duka teuing atuh eta teh acara naon nya?”

Gubrak! Well, kalau hostnya sendiri udah ga jelas kayak gitu, bagaimana dengan acaranya? Pasti nggak jelas juga kan? Eits, tapi jangan salah. Meski sekilas acara Obor Desain isinya cuma ngacapruk teu pararuguh (dan faktanya memang demikian), acara ini selalu sukses ditonton ribuan orang setiap episodenya. (Aslinya mah yang nonton teh dua-an, lima-an, tapi kan supaya artikel ini heboh jadi weh rada lebay saeutik).

Bagi saya pribadi, hal yang menarik dari acara Obor Desain adalah banyaknya ilmu seputar dunia desain yang bisa saya pelajari. Bukan dari kang Dodi tentu, karena kang Dodi ngan ngacapruk jeung ngabodor hungkul, tapi dari pada narasumbernya yang luar biasa. Nggak main-main, para binatang tamu yang hadir di acara Obor Desain sangat beragam. Mulai dari desainer, ilustrator, konsultan, pemusik, pengagas komunitas, sampai direktur mal datang langsung hanya untuk seseurian bareng kang Dodi.

Dengan menggusung tema yang berbeda dan unik setiap episodenya, kang Dodi berhasil mengumpulkan kepingan puzzle yang berserakan seputar dunia desain. Kepingan-kepingan inilah yang kadang bikin para calon pelajar/mahasiswa suka salah kaprah terhadap dunia ilustrasi dan desain. Makanya dikumpulin, biar nggak salah paham lagi.

Obor Desain dikemas dalam bahasa yang menarik dan teu pararuguh. Geus pasti eta mah. Dan hal terpentingnya adalah, acara ini telah berhasil (aduh, jadi rada ga rela gini nulisnya euy), okelah, sisi baiknya acara ini berhasil menampilkan realita tentang desain di dunia nyata beserta industri-industri yang terkait di dalamnya. Termasuk persaingan yang ada di dalamnya. Informasi ini adalah bekal penting luar biasa bagi para lulusan DKV agar mereka bisa memiliki tujuan hidup yang jelas pasca lulus dari sekolahnya masing-masing.

Jadi jangan cuma fokus pada ocehan teu parauguhnya kang Dodi, cuekin aja, da dia mah emang gitu orangnya. Yang jelas, Obor Desain adalah sebuah acara luar biasa yang dirancang untuk menjadi penerang yang benderang mencrang di tengah kegelapan seputar dunia desain Indonesia dan industri kreatif pada umumnya. Obor Desain ditayangkan secara live bin dadakan dari tempat yang tidak disangka-sangka. Kadang dikampus, kadang di cafe, kadang-kadang di tempat nongkrong. Suka-suka kang Dodi ajalah itu mah, da itu mah hak prerogatif host.

Mengingat acara ini terlalu absurd untuk ditonton dan terlalu pikaseurieun untuk tidak ditonton, maka saya dengan berat hati mencoba untuk mengumpulkan daftar lengkap episode Obor Desain Season 1. Sugan-sugan we bisa menghibur anda semua. Sukur-sukur bisa nambah ilmu. Dan kalau ternyata ngabisin kuota internet nya eta mah resiko masing-masing atuh.

Daftar ini saya update secara berkala (lamun inget). Semoga bermanfaat.

Seri Original

Episode 27 – Peradaban Mainan (Narasumber: Zaini Alif)

Episode 26 – Berkesenian Di Arus Global (Narasumber: Rini Maulina)

Episode 25 – Dongeng Strip (Narasumber: Rizki Goni)

Episode 24 – (Con)Struck (Narasumber: Teguh Cile & Eko Bambang Wisnu)

Episode 23 – Art Therapy (Narasumber: Firli Herdiana)

Episode 22 – Raw Type (Narasumber: Decky Sastra)

Episode 21 – Proses Pencarian Gaya Ilustrasi (Narasumber: Tizar Berandal)

Episode 20 – Creativity (Narasumber: Alga Indria)

Episode 19 – Port Folio Project (Narasumber: Melvin Gunawan)

Episode 18 – Graphic Designer Attitude (Narasumber: Andi Rahmat)

Episode 17 – Testplay: Menuju Pengalaman Bermain (Narasumber: Andy – Metay)

Episode 16 – Dominasi Agency Asing di Indonesia (Narasumber: Ilham Ideamaniacs)

Episode 15 – Style Swiss Rasa Mametos (Narasumber: Diki Mametos)

Episode 14 – Work Hard, Play Harder (Narasumber: Adi Kelik)

Episode 13 – Me-Menej atau Di-Menej Desain (Narasumber: Dita Fatmala)

Episode 12 – Gagal Pitching (Narasumber: Fadhly Abdillah)

Episode 11 – Kustom Kulture, Identity or Trend (Narasumber: Chandra – Pickers)

Episode 10 – Desainer Event (Narasumber: Sigit Artha)

Episode 9 – Metal Illustration (Narasumber: Dinan Art)

Episode 8 – Platform For Designer Jobs (Narasumber: Merdy Andrian)

Episode 7 – How To Make Money From Travel Photography (Narasumber: Sonson NS)

Episode 6 – Ilustrator Itu (Narasumber: Aldian Primanda)

Episode 5 – Desain & Musik Orkes (Narasumber: Yoga Pehabe)

Episode 4 – Desain Produk & Industrinya Di Indonesia (Narasumber: Ahep Hadian)

Episode 3 – Esensi Dalam Desain

Episode 2 – Lomba Desain Motif Paguyuban Pasundan

Episode 1 – Teu Pararuguh Ngomong Naon

Seri Tamu Hebart

Episode 5 – Motorcycle Community Symbol (Narasumber: Budi Dalton)

Episode 4 – Comic For Life (Narasumber: Beng Rahadian)

Episode 3 – A Local Genius (Narasumber: Hawe Setiawan / Tokoh Budayawan Indonesia)

Episode 2 – Ngartoon (Narasumber: Mice Cartoon / Kartunis Kompas Gramedia)

Episode 1 – DKV & Shopping Center (Narasumber: Tubagus Feizal / Mall Director Palembang Square)

Seri Goes To Campus

Episode 1 – Setelah SMK DKV Terus Ngapain? (SMK Bakti Nusantara 666)

Artikel Nggak Penting Lainnya

Apa itu Obor Desain? Wawancara Teu Pararuguh Bareng Kang Dodi Nursaiman

Hebohnya Community Gathering Dinan Art – Semangat Baja Kami



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares