Dahsyat! Kolaborasi CIAYO Comics Satukan Visi Komik Indonesia!

Apa itu CIAYO Comics? CIAYO Comics adalah sebuah platform komik digital yang berisi komik-komik super keren buatan komikus Indonesia dalam berbagai genre, mulai dari action, drama, romance, horror, thriller dan comedy.

Sederhananya, CIAYO adalah platform yang sama seperti WEBTOON milik LINE. Bedanya, platform komik ini dikembangkan oleh anak-anak Indonesia dan sebagian besar kontributor dan komikus yang terlibat di dalamnya adalah orang Indonesia.

CIAYO Comics bahkan menegaskan bahwa untuk saat ini, platform mereka hanya akan menerima komik dalam bahasa Indonesia, baik dalam bahasa formal maupun dalam bahasa gaul. Sampai ini CIAYO sudah memiliki beberapa buah judul komik yang jumlahnya akan terus bertambah.

Visi utama CIAYO Comics adalah untuk menghadirkan komik kualitas terbaik dan mampu menyediakan wahana untuk mendekatkan komikus dengan para pembaca setianya. Untuk mewujudkan visinya tersebut, CIAYO tidak mau bergerak setengah-tengah.

Salah satu langkah brilian yang diambil oleh CIAYO Comics adalah dengan melakukan kolaborasi dengan beberapa pelaku Industri Kreatif, khususnya di bidang komik. Langkah ini tentu saja selain dapat menghasilkan potensi kerja sama, juga dapat saling mengangkat popularitas dan menguntungkan kedua belah pihak.

Lalu siapa saja yang sudah diajak berkolaborasi oleh CIAYO Comics? Ini beberapa di antaranya.

Vandaria Saga

Dilansir dari blog resmi CIAYO, Vandaria Saga yang merupakan IP fiksi fantasi terbesar Indonesia karya Ami Raditya secara resmi telah menyatakan kesediaannya untuk berkolaborasi dengan CIAYO Comics. Ajib bener kan?

Dan apa itu artinya? Artinya CIAYO Comics akan kembali menghidupkan kembali kisah Vandaria dalam bentuk komik yang teknisnya masih akan dibicarakan kemudian.

Sekitar 2 tahun yang lalu pengembangan Vandaria sempat berpindah tangan ke ArtonCode Indonesia. Game yang digagas oleh mas Indra Gunawan cs ini pun sudah berhasil menembus Kick Starter. Namun sayang, pengembangan game ini berhenti di tengah jalan karena beberapa faktor.

Lalu sekarang? Vandria sudah resmi berkolaborasi dengan CIAYO. SAH!

Saya sendiri dulu pernah bikin cerpen untuk Vandaria yang membahas soal negeri Pandora. Ehm. Ehm. Waktu itu nama tokohnya Vindex The Beastmaster. Ehm. Ehm. Barangkali mas Ami mau ngajak saya, hehehe. *Jadi promosi geje gini ini teh?*

Bumi Langit

Ini yang luar biasa. Saya kaget pisan. Aslinya. Bumi Langit merupakan sebuah management IP yang konsisten dalam mempertahankan eksistensi komik-komik jadul, dan legendaris. Karakter-karakter superhero dan silat jadul kayak Gundala, Si Buta dari Gua Hantu dan lainnya kini berada di bawah manajemen Bumi Langit.

 

Bumi Langit saat ini tengah sibuk dalam me-remake beberapa IP klasik ke dalam bentuk yang lebih mudah untuk dinikmati oleh generasi sekarang. CIAYO melihat kondisi ini sebagai sebuah peluang emas untuk membuka kerja sama di antara kedua manajemen. Dilihat sepintas, porsi pembagian kompetensi dan komposisi kerja sudah cukup jelas. Sehingga peluang terjadinya kolaborasi akan sangat besar.

CIAYO Comics belum mau merilis secara resmi kira-kira kolaborasi seperti apa yang akan mereka jalankan dengan Bumi Langit. Meski saya yakin, kolaborasi yang akan mereka lakukan pasti akan sangat dahsyat!

Hanya dalam waktu singkat sejak dirilis beberapa bulan lalu, CIAYO Comics telah menjalin kerja sama yang ruarr biasa dengan dua raksasa IP terbesar di Indonesia. Dan peluang CIAYO Comics untuk menjadi platform komik digital nomor satu di Indonesia pun terbuka lebar.

Bukan hanya itu, adanya dukungan dari berbagai lini lain CIAYO seperti games dan animasi, sangat mungkin untuk dapat mewujudkan mimpi para kreator IP Indonesia.

Sukses selalu untuk CIAYO Comics!

Kira-kira setelah Vandaria Saga dan Bumi Langit, CIAYO Comics ngajak kolaborasi siapa lagi ya?

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares