Kiky Si Kancil Masuk Tipi Euy!

Ini adalah pertama kalinya saya diliput di salah satu televisi nasional. Masih belum percaya rasanya, tapi hal ini adalah nyata. Maksudnya, saya masih belum percaya kalau ternyata jidat saya bisa dipake untuk menuhin satu layar televisi. Keren banget! Mas kameraman? Itu ngeshootnya nggak lebih jauh apa? Mana belum sempat dimake up pula lagi.

Yang paling parah, bagian saya manggut-manggut kayak marmut terus aja diputer berulang-ulang. Lagi dan lagi. Saya aja yang manggut-manggut sampai pusing ngeliatnya, apalagi para penonton. Ah, sudahlah. Yang penting Kiky Si Kancil (akhirnya) masuk tipi.

Acara liputan mengenai WOW Komik ini sebenarnya dijadwalkan untuk live pada hari Kamis kemarin. Namun karena satu dan lain hal, liputan live-nya terpaksa diundur menjadi hari Jumat. Saya yang berhalangan hadir pada hari Jumat, akhirnya diliput duluan sebagai pemberi pengantar sebelum memasuki sesi live yang akan diawaki oleh kang Iboy.

Berhubung ini adalah wawancara perdana saya yang diliput oleh salah satu televisi nasional, terus terang saya grogi. Apalagi yang ngewawancaranya mbak Ola yang ehm banget lah pokoknya. Makin nggak konsenlah saya dalam ngejawab 2 pertanyaan yang sebenernya simpel.

Untungnya, pihak editor berhasil menemukan satu bagian yang ‘lumayan keren’ dari hasil wawancara saya dan memotong puluhan detik geje lainnya. Kata kunci Bandung Lautan Komik sukses menjadi intisari omongan saya yang kacau nggak jelas. Alhamdulillah, satu kalimat keren itu pula yang akhirnya ditayangkan serentak di seluruh Indonesia.

Sedikit cerita soal behind the scene. Saat diwawancara saya berada di meja yang biasa dipake oleh Indiana Zordan. Situasinya memang sudah seperti itu dari sananya. Tidak ada yang dibuat-buat atau direkayasa. Serius. Perhatikan saja setingnya dengan teliti.

Di layar monitor, terdapat sebuah website yang sedang membahas Kiky Si Kancil. Gambar featurenya terlihat begitu jelas menunjukkan Kiky Si Kancil yang sedang berdiri di atas bukit. Kemudian di bagian sidebar, terdapat banner Dark Fabel yaitu cerita Kiky Si Kancil versi light novel yang sedang saya uji coba di platform Wattpad. Sementara di tangan kiri saya, ada sampul Kiky Si Kancil Edisi 0 yang merupakan salah satu buku WOW Komik cetakan pertama.

Dengan semua fakta-fakta tersebut anda mau bilang kalau saya dengan sengaja telah mengatur seting tempat wawancara untuk mempromosikan Kiky Si Kancil dengan cara-cara halus namun penuh dengan muslihat dan tipu daya?

Jangan menyebarkan hoax!

Inilah akibatnya jika anda sering berprasangka buruk. Stop dugaan-dugaan semacam itu dan cobalah untuk berpikir positif. Anda harus melakukan klarifikasi terlebih dahulu sebelum melontarkan dugaan-dugaan tanpa dasar dan fakta. Lalu faktanya apa? Yah… saya memang sengaja ngatur seluruh setnya untuk pencitraan Kiky Si Kancil, hehehe. *Plak!

Jika Walt Disney memulai mimpi besarnya dari seekor tikus bernama Mickey. Maka WOW Komik memulai mimpi besarnya dari seekor kancil bernama Kiky.

Masih jelas teringat diingatan saya ketika kang Iboy menawarkan kerja sama untuk mengembangkan IP Kiky Si Kancil yang saat itu belum diwujudkan dalam bentuk apa pun. Hanya berupa konsep kasar dan belum jelas arahnya. Entah apa yang membuat kang Iboy percaya jika Kiky Si Kancil bisa menjadi salah satu pembuka jalan bagi IP-IP WOW Komik lainnya.

Mungkin pada dasarnya kang Iboy memang gila. Dan saya juga sama gilanya. Ketika dua orang gila berbagi mimpi yang sama, passion yang sama dan semangat yang sama, jangan kaget jika kegilaan itu akan berwujud menjadi sebuah karya yang luar biasa.

Ingatlah kata pepatah.

Sebuah Legenda Besar bermula dari sesuatu yang kancil, eh… kecil!

Pepatah siapa itu? Pepatahnya Kiky Si Kancil, hehehe.

Bagi anda yang penasaran dengan hasil liputan WOW Komik, anda bisa menyaksikannya di sini. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi.

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares