Komik Lieur ala Kang Agus Hendiansyah

Komik Lieur adalah komik yang lieur. Saking lieurnya saya juga jadi lieur mau nulis apa. Daripada saya lieur, anda lieur dan komikus yang membuatnya juga jadi lieur, marilah kita tertawa dulu dengan salah komik lieur yang menurut saya idenya sangat brilian.

16113922_1124679054311653_1906387301343344320_n

Sudah ngakak? Sudah ketawa? Sudah tersenyum? Jika anda tertawa atau minimal nyengir, berarti anda juga sudah termasuk komunitas orang-orang lieur yang suka baca Komik Lieur. Jadi apa sih sebenernya Komik Lieur itu?

Seperti yang tadi sudah saya bilang.

Komik Lieur adalah komik yang lieur.

Komik ini pertama kali terlahir di dunia maya yang penuh postingan duka nestapa, kuliner merajalela dan fenomena pilkada yang tak kunjung tuntas menyelesaikan masalah bangsa pada tanggal 5 Desember 2015. Leres teu kang? Ah, bae lepat ge. Da ieu mah artikel lieur.

Adalah kang Agus Hendiansyah, seorang tokoh komikus lieur yang melahirkan komik lieur penuh cerita lieur yang bisa membuat orang-orang lieur jadi tambah lieur. Ketawa sih, tapi saanggeus seuri, lieur deui.

Apa itu lieur?

1924307_847622825350612_3778365899976619096_n

Dalam bahasa Sunda, Lieur artinya pusing. Kang Agus berhasil menggambarkan istilah Lieur yang identik untuk urang sunda kepada orang lain dalam salah satu komik yang singkat, padat, dan menjijikan. Tapi yah, itulah kurang lebih kata-kata lieur yang terjemahannya nggak sesederhana kata ‘pusing’.

Baca juga:  Cara Membuat Komik Dengan Pixton? Gampang Banget!

Komik Lieur merupakan salah satu dari komik strip Facebook yang hadir setiap lieurnya kang Agus kumat. Jika beliau tidak ngomik, alias lagi nggak ada ide, pasti komik lieur ini nggak akan dibuat.

Ide-ide gokil kang Agus kadang juga bermunculan bertepatan dengan berbagai fenomena politik atau trending topik yang sedang hangat. Sehingga selain berasa lucu, komik Lieur terasa pas jadi sindiran telak bagi para penguasa dan pengusaha yang sedang lieur.

Ciri khas dari sebuah komik strip adalah adanya seorang tokoh utama alias karakter inti yang akan menjadi sudut pandang utama penceritaan dalam komik. Tapi namanya juga komik Lieur, komik ini nyaris nggak memiliki tokoh utama. Siapa pun bisa disambut, dan disambit menjadi tokoh utama.

Meski demikian, saya mencatat setidaknya ada beberapa tokoh utama yang sering hadir sebagai karakter utama. Dala artikel ini saya akan membahas 2 karakter yang menurut saya paling lieur. Siapa mereka? Mereka adalah Aki Bagja dan Sebatman.

Aki Bagja

Aki Bagja adalah seorang aki-aki yang bagja. Dalam bahasa sunda, bagja artinya bukan mobil. Itu mah bajaj yang lokasinya berada di Jakarta. Kenapa dari ngomongin bagja malah diplesetin ke bajaj? Supaya lucu. Iya saya tahu ini mah ga lucu. Tapi kan yang penting saya udah usaha.

Baca juga:  Jago Membuat Komik Tanpa Jago Gambar Dengan Pixton

14963304_1057968227649403_4580378955676410530_n

Seperti juga tokoh Aki Bagja, di mana ada niat untuk melucu, di sana ada niat untuk ketawa. Serius. Aki Bagja ini super pede, nggak kalah, pikasebeuleun dan yang penting happy. Namanya juga Bagja. Berikut adalah beberapa komik Lieur yang menghadirkan karakter si aki Bagja.

10354832_847623425350552_8692636186194942023_n

13325630_936550409791186_41962139980170898_n

14224785_1000613506718209_5465015001349661038_n

14720539_1039409789505247_716435721525994580_n

15284026_1086536611459231_9090284142224054302_n

13165987_924431731003054_1267577736293370187_n

15622590_1106511432795082_6550143686963950796_n

Sebatman

Karakter lain dari komik Lieur yang ga kalah lieur adalah Sebatman alias manusia sebatang. Ya, karakter parody dari Batman ini memang identik dengan rokok sabatang. Sepertinya perilaku ini identik dengan perilaku kang Agus yang kamana-mana suka nyari rokok sabatang.

10411875_847623622017199_6148974019595765287_n

941091_892378317541729_8400406140235100670_n (1)

12994386_908037929309101_7282522598735178170_n

13260154_946882425424651_8133010933453645331_n

13615094_958297590949801_4755093446730837958_n

Selain kedua tokoh tersebut komik Lieur juga banyak membawakan cerita-cerita Lieur dari berbagai tokoh anime dari luar dan luar negeri. Bagi yang nggak ngerti, kalimat sebelumnya bukan typo tapi sarkasme.

Tanya: “Kenapa ya Indonesia teh nggak punya tokoh anime?”

Jawab: “Emang kenapa gitu kalau Indonesia punya tokoh anime?”

Baca juga:  Komik Strip Untuk Umum (Kostum) ala Haryadi

Tanya: “Kalau Indonesia punya animasi yang terkenal ke seluruh dunia kan enak nanti dijadiin salah satu tokoh komik lieur.”

Jawab: “Ai maneh lieur?”

12715522_872262959553265_1959902547211475623_n

 561458_889410877838473_1911123930422967185_n  1924113_886226458156915_5819707730734205798_n   10367162_853096688136559_4431441662533982041_n 10378154_847627245350170_2706145294995968728_n   12472689_850659525046942_7006636699330095629_n  12974253_904812066298354_1626837244706724012_n  13076773_910691982377029_4493268189066592306_n 13095844_913487832097444_4102712039044796501_n  13263674_933753080070919_560435242963571077_n  13325702_938668049579422_685406668053811620_n 13445542_943469292432631_5741428715496385334_n  13590450_958597680919792_45953432832058883_n  13879294_978622842250609_3792114678206259920_n  14317343_1014001862046040_492390978478087358_n   14721753_1034685206644372_7651595775071381205_n  15085572_1070403813072511_75069244728306044_n 15203279_1085611241551768_7553755958767762906_n    

Hal yang menarik lainnya dari komik Lieur adalah saya menemukan ada beberapa komik yang berkolaborasi dengan Buttman karya kang Denny Row. Kebetulan beberapa waktu yang lalu saya pernah bertemu dan menulis artikel tentang si akang rocker yang satu ini. Baca selengkapnya di sini: Buttman – Superhero ala Denny Row

13512157_955179054594988_6660044794880518587_n

14370343_1017642361681990_5137344040329048534_n

Konon kabarnya komik Lieur baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang pertama 5 Desember lalu. Dan sekarang komik Lieur yang semakin hari semakin lieur ini telah memasuki Season 2. Emang rada lebay sih, komik strip make season. Asa film serial na tipi. Tapi ah da namanya juga komik Lieur. Kita mah seuri saja.

15356768_1091196450993247_2749371650197066267_n

Bagi anda yang ingin mengikuti kisah kisah lieur lainnya, sok atuh langsung tongkrongin fan page komik Lieur yang akan membuat hari-harimu semakin lieur.

Sekian.

Alhamdulillah, selesai juga saya bikin artikel ini. Lieur ah!

 

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *