Kumpulan Tutorial Motion Graphic Dan Animasi

Animasi dapat diartikan sebagai gambar bergerak yang terdiri dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun sedemikian rupa, dan bergerak mengikuti alur yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan. Sehingga 4 kunci utama dari sebuah proses animasi adalah adanya pergerakan, objek yang bergerak, alur yang telah ditentukan dan hitungan waktu.

Sementara Motion Graphic merupakan sebuah produk hasil dari penggunaan teknik animasi. Memang jika dilihat secara harfiah, Motion Graphic ‘hanya’ terdiri dari 2 kata yaitu Motion (bergerak) dan Graphic (objek bergambar). Sehingga arti dari Motion Graphic mirip dengan animasi. Namun dalam prakteknya, Motion Graphic menggabungkan antara Ide dan pesan yang ingin disampaikan, Ilustrasi, Tipografi, Fotografi dan Videografi termasuk Audio yang dikemas berdasarkan kaidah-kaidah animasi.

Jika istilah animasi tertuju pada teknik dan Motion Graphic pada produk, lalu apa bedanya film animasi dengan Motion Graphic? Apa bedanya video presentasi dengan Movie? Apa bedanya animation dan anime? Apa bedanya Motion Pictures dengan Motion Graphic? Apa bedanya Motion Graphic dengan Hand and Body Motion? Eh, itu mah Lotion. Jadi ngereceh.

Anyway, daripada membahas berbagai macam istilah yang malah menimbulkan perdebatan tiada tara, lebih langsung saja saya bagikan beberapa tutorial yang berkaitan dengan video presentasi, animasi, motion graphic atau apa pun lah istilahnya menggunakan beberapa software seperti Blender, Scratch, Muvizu dan PowToon.

Tutorial ini akan terus diupdate oleh tim IMedia9 maupun dari rekan-rekan kontributor yang lain. Bagi anda yang ingin menyumbang artikel tutorial mengenai desain grafis dapat langsung menghubungi email redaksi@imedia9.net atau bisa juga menghubungi facebook resmi @imedia9.net. Semoga bermanfaat.

Tutorial Blender 

Tutorial Scratch 

Tutorial Muvizu 

Tutorial Powtoon 

Tutorial Filmora 

Tutorial After Effect

Loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares