Kursus Unity3D Memerlukan Biaya Rp. 30 juta

Jika anda ingin mengikuti kursus Unity 3D bersiaplah untuk merogoh kocek sebesar Rp. 30 juta rupiah. Kursus ekslusif ini akan diselenggarakan selama 1 hari (kurang lebih 8 jam) di kantor anda dengan membahas materi-materi dasar seputar berupa penggunaan IDE, penggunaan prefab First Person Controller, dan beberapa script health sederhana.

Kok mahal sekali?

Memang mahal. Karena pada waktu itu, belum banyak orang yang mau berbagi pengetahuan soal Unity3D. Kebanyakan jago-jago Unity memilih untuk menyembunyikan ilmunya dengan harapan pasar Unity dapat mereka kuasai atau setidaknya, kompetitor mereka cenderung sedikit.

Sayangnya, rencana mereka gagal karena adanya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang telah mengacaukan monopoli pangsa pasar Unity di Indonesia.

Kekacauan yang dilakukan para oknum itu telah membuat jumlah programmer Unity meningkat dan persaingannya kini tidak lagi pada berada pada level teknis, melainkan pada level bisnis dan kreatifitas konten.

Unity bahkan telah menjadi salah satu game engine yang ‘disahkan’ oleh berbagai kampus untuk dijadikan sebagai materi tugas akhir, meski Unity tidak pernah diajarkan secara formal di kampus tersebut.

Ngomong-ngomong, salah satu oknum itu adalah saya. 🙂

Saya mengenal Unity sejak tahun 2009, saat penggunaannya masih terbatas pada skema login Online (mirip seperti CryEngine). Saat itu, tampilan Unity sudah memukau namun scriptnya membuat saya bingung.

Saat itu internet belum canggih seperti sekarang. Jangankan nonton streaming, buka email saja koneksinya masih mpot-mpotan.

Pada tahun 2012, melalui sebuah ‘kecelakaan’ saya diperkenalkan dengan sebuah tim yang menawarkan jasa kursus Unity3D. Harganya yang ruarr biasa membuat saya terkesima.

Rp. 30 Juta.

Hanya untuk kursus 1 hari. Hanya untuk mengetahui dasar-dasar Unity3D yang saat itu masih merupakan sebuah software alien yang menggunakan bahasa antah berantah di mata saya.

Harganya yang terlalu mahal membuat saya menolak kursus itu dan menerima tim lain yang mengajukan kursus serupa namun dengan harga yang lebih bersahabat.

MangUgeng

Adalah Mang Ugeng dan timnya dari Gunung Batu Enterprise yang telah memberikan saya kursus singkat mengenai Unity.

Melalui kursus selama 1 minggu itulah saya mendapatkan banyak pemahaman fundamental seputar binatang ajaib yang bernama Unity.

Sebagai seorang programmer senior Delphi, tidak sulit bagi saya untuk mengembangkan materi dasar yang diajarkan oleh Mang Ugeng. Kendalanya satu saja yaitu bahasa C#.

Sejujurnya saya paling anti dengan bahasa C, C++ dan C#. Sialnya, Unity hanya mendukung Unityscript, C# dan Boo. Jadinya mau tidak mau, saya terpaksa mempelajarinya juga.

Selama 2 tahun saya mencoba menuangkan semua hal yang berkaitan dengan Unity di sebuah blog. Blog sederhana yang jarang diurus itu ternyata cukup banyak dikunjungi.

Akhirnya pada tahun 2014, saya pun memutuskan untuk membuat buku Unity Tutorial Game Engine. Awalnya saya sempat putus asa karena naskah itu sama sekali tidak digubris oleh salah satu penerbit mayor.

Namun akhirnya saya dipertemukan dengan Penerbit Informatika yang bersedia untuk menerbitkannya.

Buku itu merupakan buku yang sangat fenomenal karena merupakan buku Unity versi cetak pertama di Indonesia. Dan bahkan merupakan buku Unity pertama di dunia yang ada kancilnya.

Ada pun salah satu tujuan utama saya untuk menulis buku itu adalah Balas Dendam.

Yang pertama, balas dendam kepada siapa saja yang menyembunyikan ilmu tentang Unity dan bahkan memberikan tarif yang terlalu tinggi dan tidak masuk akal hanya untuk mempelajari dasar-dasar Unity.

Dan yang kedua, saya ingin balas dendam kepada siapa saja yang sedang mempelajari bahasa C#. Ketahuilah mempelajari bahasa alien yang itu telah membuat saya sangat menderita dan saya ingin anda semua ikut merasakan penderitaan yang saya rasakan, hehehe.

Ngomong-ngomong sejak awal tahun 2016, buku Unity Tutorial Game Engine telah terbit versi revisi yang membahas penggunaan Unity versi 5.

Penampakannya seperti ini. Kiky si kancil di cover buku revisi ini jauh lebih cihuy kan?

Buku Unity Revisi

Berbahagialah anda semua yang dilahirkan pada era internet cepat. Karena saat ini ada banyak link youtube yang membahas mengenai dasar-dasar penggunaan Unity.

Salah satunya adalah kumpulan tutorial buatan Brackeys yang bisa diakses di Youtube dengan gratis, tis, tis. Nggak perlu bayar mahal sampai jual rumah.

Selain Brackeys, ada banyak youtuber senior lainnya yang memberikan tutorial dasar mengenai Unity. Bahkan ada tutor mengenai Augmented Reality dan Virtual Reallity segala.

Saya sering melihat di berbagai forum Unity, banyak para newbie yang mengemis minta jawaban cepat dari setiap error yang dialaminya.

Bukannya nggak ingin membantu, tapi errornya terlalu dasar dan garing. Dan error itu lebih cocok diajukan pada forum pemrograman bukan pada forum Unity.

Lagipula dengan adanya banyak tutorial Unity saat ini, baik dalam bentuk buku maupun video, rasanya nggak ada alasan lagi bagi para pemula untuk selalu mengemis minta jawaban cepat.

Karena pertanyaan mendasar umumnya sudah pernah ditanyakan oleh orang lain. Jadi carilah terlebih dahulu forum yang membahas soal itu sebelum berkoar-koar di forum atau website lain.

Yah, kecuali, kalau anda bersedia membayar Rp. 30 juta.

Saya sih selalu siap untuk membantu. 🙂

Lebih lanjut mengenai buku Unity ala Kiky Si Kancil bisa anda baca di sini: Buku Kiky Si Kancil

Dan beberapa artikel Unity yang lain bisa anda baca di sini:

Semoga bermanfaat.



6 thoughts on “Kursus Unity3D Memerlukan Biaya Rp. 30 juta

  • January 17, 2017 at 9:18 am
    Permalink

    Bukunya menarik kang, kebetulan saya kesulitan memulai unity dan memutuskan keliling toko buku sampe akhirnya nemu buku kancil xD
    Kendalanya sekarang saya kesulitan ketika mau membuat pemilihan karakter atau level dengan fitur slide (geser kiri, geser kanan).
    Logikanya sudah dapet, tapi kalo pindah malah jadi tanpa animasi, apa berminat berbagi tentang sliding selection juga kang? :p

    Reply
    • January 18, 2017 at 9:16 am
      Permalink

      Sliding selection di android maksutnya? Sebenarnya sliding selection mah nggak ada hubungannya dengan animasi. Eh, tapi ini animasi yang mana? Animasi karakternya atau animasi slidingnya? Atau ngobrolnya di Inbox aja. 🙂

      Reply
    • March 13, 2017 at 2:13 am
      Permalink

      di gramed ada, di togamas juga ada

      Reply
  • October 10, 2017 at 7:34 pm
    Permalink

    Mantap kang curhatannya… Semua post nya sudah saya baca, Kalo boleh ngadain seminar di kampus ane (ngarep sekali) kang, hehhehehe

    Reply
    • October 10, 2017 at 8:45 pm
      Permalink

      Boleh juga. Kampusnya di mana emang?

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares