Membuat Game Tanpa Ngoding Zombie Ceyem

Saya akan memberikan sedikit tutorial bagaimana membuat Tutorial Game 2D Menggunakan Construct 2 dan yang paling menarik di sini adalah kita tidak membuat koding seperti If Else dan semacamnya, tetapi tetap kita harus bisa mengolah logika kita untuk bisa membuat dan menjalankan game 2D di aplikasi Construct 2 ini.

Yang akan saya jelaskan di tutorial ini adalah bagaimana kita membuat karakter bisa bergerak (berjalan dan lompat), membuat rintangan dan berbagai macam hal unik lainnya, langsung saja kita bahas caranya.

1. Untuk yang pertama kita buka aplikasi Construct2 kemudian akan keluar tampilan seperti diatas, jika tidak ada bisa buka di menu Home kemudian klik Start Page, dalam menu Start  terdapat Project Examples, kita bisa klik browse examples untuk melihat contoh yang ada di folder Construct 2.

Membuat Game Tanpa Ngoding

Sekarang kita klik saja New Project atau File->New Project

2. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut dan kita langsung saja pilih New Empty Project untuk membuat project baru yang kosong

3. Kemudian kita akan membuat Karakter utama kita, didalam layout kita klik kanan lalu Insert New Object atau bisa dengan double click di layout  maka akan secara otomatis masuk ke menu seperti yang dibawah setelah itu tinggal kita cari Sprite dan klik insert

4. Dalam kotak Animation sebalah kanan kita rename menjadi “diam” ini untuk mempermudah langkah selanjutnya saat memanggil animasi, jangan lupa juga kita klik dulu animasi “diam” tersebut lalu muncul tampilan Animation “diam” Properties disebelah kanan, disitu ada loop yang asalnya No kita ubah menjadi Yes ini berfungsi agar animasi yang kita masukan tadi bisa terus looping. Setelah beres kita tutup saja menu Edit Image tersebut lalu kita sesuaikan ukuran karakter kita

5. Sekarang kita buat animasi kita agar bisa digerakan dengan cara menambahkan Behaviors pada menu sebalah kanan, lalu kita klik add yang berbentuk tambah (+) lalu kita cari Platform. Behaviors Platform adalah Behaviors agar karakter kita bisa digerakan dekan menekan tombol panah atas, kanan, kiri dan bawah pada keyboard. Setelah beres tutup saja menu behaviors

 

6. Jika kita coba Run (f5) Project kita maka karakter akan langsung jatuh kebawah, maka dari itu kita buat pijakan buat karekter dengan cara klik kanan -> Insert New Object tapi yang kita gunakan sekarang bukan Sprite melainkan Tiled Background

7. Dalam kotak Animation sebalah kanan kita rename menjadi “diam” ini untuk mempermudah langkah selanjutnya saat memanggil animasi, jangan lupa juga kita klik dulu animasi “diam” tersebut lalu muncul tampilan Animation “diam” Properties disebelah kanan, disitu ada loop yang asalnya No kita ubah menjadi Yes ini berfungsi agar animasi yang kita masukan tadi bisa terus looping. Setelah beres kita tutup saja menu Edit Image tersebut lalu kita sesuaikan ukuran karakter kita

Baca juga:  Tutorial Membuat Game 2D Zombie Shooter

8. Sama seperti langkah No 4, tapi bedanya disini kita klik Load An Image From A File lalu kita pilih gambar yang akan kita jadikan pijakan

9. Nah kalian bisa coba-coba saja bedanya Sprite dan Tiled Background, pada pijakan yang kita buat tadi tinggal atur saja panjang dan tinggi yang kita butuhkan

10. Sama seperti langkah yang pernah kita buat, disini juga kita tambahkan Behaviors Solid untuk gambar pijakan yang kita buat, Behaviors Solid berguna agar objek gambar menjadi “keras” sehingga bisa diinjak karakter. Jangan lupa untuk memudahkan, karakter (Sprite) kita ubah namanya menjadi player ada di sebelah kanan pada menu Objects. Jika penasaran hasilnya bisa langsung kita run pasti karaker bisa gerak tapi masih kaku

11. Untuk menambahkan animasi jalan pada karakter, double click di karakter kita kemudian di menu Animation, klik kanan -> Add Animation, jangan lupa nama animasinya ganti jadi “jalan”

12. Sama seperti cara memasukan karakter awal kita, Import Frames -> From Files dan pilih semua animasi jalan dan Loop = Yes

13. Selanjutnya kita Insert New Object lagi tapi yang kita pilih sekarang adalah Keyboard untuk nanti bisa menggerakan karakter kita menggunakan keyboard

14. Setelah selesai langkah tadi, sekarang kita tinggalkan sebentar Layout dan kita pindah ke Event Sheet, pada tampilan Even Sheet terdapat Add Event kita klik dan pilih keyboard -> Next kemudian pilih Key Is Down -> Next

15. Klik pada tulisan <Click To Choose>, maka akan menampikan seperti gambar dibawah tetapi Press a Keynya masih kosong maka kita tekan tombol panah kanan di keyboard dan akan menampikan tampilan yang sama persis seperti dibawah lalu OK, dan Done

16. Setelah selesai maka aka nada Event bernomor 1, pada nomor 1 tersebut kita klik Add Action lalu pilih karakter (Player) -> Next dan pilih Set Animation -> Next di dalam kolom Animation kita tulis “jalan” (animasi yang tadi kita buat) kemudian Done

Baca juga:  Cara Membuat Game Tanpa Ngoding Dengan Construct 2 - Insert Sprite

17. Langkah no 17 ini hampir sama seperti langkah no 14-16 tetapi bedanya jika di langkah 14 kita pilih Key Is Down -> Next maka disini kita ganti menjadi On Key Released->Next. Jika pada langkah 16 kita Set Animation menjadi “jalan” maka disini kita ubah menjadi  Set Animation “diam”

18. Langkah no 18 ini tinggal mengikuti langkah no 14-17 tapi bedanya disini tombol pada keyboard yang kita pilih adalah tombol panah kiri bukan kanan karena kita akan menggerakan karakter ke kiri

19. Belum beres sampai langkah 18, selanjutnya kita Add Action pada Event no 3. Pilih Player, cari Set Mirrored dan klik Next

20. Parameter For Player kita pilih Mirrored dan Done. Kita ulangi langkah 19-20 untuk Event no 4 juga dengan pilih Mirrored

21. Pada Langkah ini kita Add Event di Event no 1 dan 2 dengan langkah yang sama tapi kita pilih Not Mirrored bukan Mirrored. Mirrored dan Not Mirrored berfungsi agar karakter tidak mundur jika kita tekan tombol kanan/kiri

22. Hasil dari Semua Event yang kita buat tadi bisa langsung kita coba

23. Pada langkah ini kita masuk lagi ke Layout kita untuk membuat rintangan, dengan cara Insert New Object -> Tiled Backgroud dan kita atur posisi dan ukurannya. Setelah itu kita tambahkan Behaviors Solid atau Jump Thru

24. Kita akan buat juga rintangan yang bisa bergerak secara horizontal, dengan cara tambahkan Tiled Background lagi (jangan Copy-Paste Tiled Background yang tadi) kemudian tambahkan Behaviors Sine agar rintangan bisa bergerak secara horizontal (bisa juga vertical dll)

25. Nah, sekarang kita buat jika karakter meninggalkan Layout (jatuh) maka layout kita restart dari awal posisi karakter dengan cara masuk ke Event Sheet kemudian  Add Event, kita pilih Player -> Is Outside Layout, Done

26. Klik Add Action di Event no 6 yang baru kita buat lalu pilih System->Restart Layout, Done. Silakan coba jika player jatuh kebawah atau meninggalkan layout maka layout akan terrestart

27. Disini kita akan membuat awan dengan cara Insert New Object lalu cari gambar awan, copy-paste awan sampai kita kira cukup lalu tambahkan Behavior Bullet dan Wrap cukup pada 1 awan saja karena tadi semua awan telah kita copy-paste jadi semuanya telah memiliki Behaviors yang sama

28. Terakhir dan agak rumit kita buat Koin yang bisa didapatkan oleh Player kita. Langkah awal adalah menambahkan tulisan “Coin:” dengan cara Insert New Object kemudian pilih Text. Untuk mengganti nama, ukuran dan font ada di samping kiri pada Properties. Jangan lupa nama object di sebelah kiri yang awalnya Text kita ubah menjadi Coin

Baca juga:  Cara Membuat Timer Dengan Construct 2

29. Kita masukan object koin dan jangan beri Behaviors apapun pada koin

30. Masuk lagi ke Event Sheet, klik kanan dimanapun kemudian pilih Add Global Variable  dan ganti namanya menjadi Coin

31. Selanjutnya kita buat Event baru yaitu System->Every tick kemudian Add Action yaitu Text(Coin) -> Set Text kemudian kita ketik “Coin:” & Coin lalu Done

32. Buat Event baru lagi yaitu Player -> Is Overlapping Another Object, kita pilih objectnya adalah koin. Lalu Add Action System-> Add To … Variabelnya = Coin dan Value = 1 untuk menambahkan point nantinya jika kita mendapatkan koin. Belum selesai, kita tambahkan Action baru yaitu koin->Destroy untuk menghancurkan koin saat didapatkan oleh Player.

33. Silakan coba jika tidak ada kesalahan maka akan berhasil 😀 … tetapi silakan coba jika Player meninggalkan Layout maka Coin akan tetap 2 jika sebelumnya kita sudah mendapatkan 2 coin. Untuk mengatasinya kita tambahkan Action di Event no 5 (jika Player meninggalkan Layout) add Action – System->Set Value kita atur agar Value Coin menjadi 0

34. Sampai langkah 33 juga kita sebenarnya sudah jadi Game 2D Menggunakan Construct 2 ini tetapi agar lebih menarik kita buat efek partikel saat koin didapatkan. Dengan cara Insert New Object lalu kita pilih Particles. Disini saya menggunakan Brush dengan warna yang mirip dengan warna koin dan size brush=30

35. Simpan partikel tersebut diluar layout kemudian disebelah kanan pada menu properties kita ganti type=One-Shot dan Spray Cone=360

36. Langkah terakhir masuk ke Event Sheet dan Add Action di Event no 7. Koin->Spawn Another Object lalu kita pilih object partikel daannnnnn akhirnya beres juga setelah 36 langkah yang panjang ini 😀

Susah? Bingung? Ada yang gagal?

Atau bosan dengan tutorial yang isinya Cuma teks dan gambar?

Tenang saya sudah sediakan Link Tutorial Game 2D Menggunakan Construct (Tanpa Coding!!!) dalam bentuk video di Channel Youtube saya noerArt Design

Mohon maaf jika ada bahasa atau cara menyampaikan yang kurang tepat atau sulit dipahami, kita sama-sama belajar saja 😀 Sekian dan Terimakasih



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares