Cara Membuat Video Animasi dan Presentasi Dengan Powtoon

Bagaimana cara membuat video animasi dan presentasi dengan Powtoon? Sebenarnya saya sudah pernah membahas soal tata cara dan tata krama penggunaan Powtoon tahun lalu. Anda bisa membacanya menggunakan tautan ini: Cara Membuat Presentasi Awesome Dengan Powtoon. Namun kelihatannya, ada begitu banyak orang yang penasaran dan ingin tahu lebih lanjut soal Powtoon.

Bagi saya pribadi, Powtoon memang awesome banget. Ada begitu banyak sekali fitur animasi yang ditawarkan dan mampu membuat presentasi kita menjadi lebih mewah. Satu-satunya kendala adalah hasil rancangan kita di Powtoon tidak bisa diexport menjadi power point. Untuk versi gratisan, hehehe. Padahal kan ciamik banget tuh kalau kita bikin Powtoon tapi dieksekusi lewat power point. Yah, namanya juga ada harga ada barang.

Bukannya pengin promosiin Powtoon sih, tapi salah satu service yang super cepat dan super simpel untuk membuat video animasi dan presentasi, ya Powtoon. Kecuali anda ingin menghabiskan banyak waktu untuk bikin animasinya sendiri. It’s your choice laah. Anyway, dalam postingan ini saya mencoba lagi untuk membuat tutorial Powtoon menggunakan versi terbaru yang bentuknya aji gile, lebih keren dari tahun lalu. Cekidot!

Baca juga:  Cara Membuat Partikel Dengan Construct 2

Langkah pertama adalah silahkan anda login atau register dulu di Powtoon.com. Saya nggak akan jelasin soal proses sign upnya. Cincay lah itu mah. Setelah anda berhasil login, tampilan terbaru Porwtoon adalah seperti ini. Yup! Sekarang Powtoon mendukung export untuk HTML5. Yeeey!

Untuk tutorial perdana ini, kita cuekin dulu di HTML 5, dan pilih saja Classic Studio. Tab yang sebelah kanan. Dan pilih dari Scratch. Artinya kita bener-bener akan bikin animasi dari awal beuud.

Tampilan awal slide presentasi kita seperti ini. Di sebelah kiri adalah list slide kita, di tengah fokus slide yang akan diedit, dan di sebelah kanan fitur-fitur animasi Powtoon yang siap di drag drop dan bikin slide presentasi anda makin cihuy!

Langkah pertama, hapus dulu semua objek pada Slide. Caranya? Klik dan pencet Delete. Simpel.

Kemudian kita akan memilih karakter yang akan digunakan. Ada tombol tulisannya Character tuh? Klik. Nanti ada request Timeline On, klik Switch On

Baca juga:  Cara Membuat Timer Dengan Construct 2

Tampilannya jadi sedikit berubah. Di bagian bawah ada Timeline dan di kanan mulai ada karakter unyu-unyu beranimasi yang bisa kita gunakan.

Saya akan coba pilih si bapak-bapak warna ijo nih.

Posenya duduk aja, pura-puranya lagi ngetik. Lah ngetik kok di udara? Laptopnya mana?

Masih nyicil. Belum lunas euy, hehehe. Sekarang klik tombol Object, dan cari deh gambar laptop!

Kalau laptopnya kebalik, gampang, klik tombol Flip Horizontal. Tombol ini ada di sebelah kiri gambar Laptop, di bawah tombol A+B. Bentuknya kayak bacang. Kok saya nulis tutorial ini jadi laper ya?

Eh? Ada lupa euy. Posisi timelinenya!

Jika anda perhatikan, timeline ini menunjukkan 10 detik. Artinya animasi kita akan berjalan selama 10 detik. Tapi si karakter baru muncul di detik ke 9. Lama amat ya? Geser daaah!

Hal yang sama juga berlaku untuk Laptop. Geser juga waktu kemunculannya. Ingat! Untuk nge geser timeline objeck, anda harus geser waktu awal dan waktu akhirnya. Hal ini ditandai dengan garis tegak lurus tebal warna biru pada Timeline

Baca juga:  Cara Menggunakan History Di Photoshop

Atur-atur deh gambarnya. Kalau gambar laptop numpuk, cukup klik kanan pada karakter dan pilih Bring To Front

Posisi sudah, sekarang atur animasi. Di timeline awal animasi, klik gambar Panah Kanan (animasi karakter dari kiri ke kanan layar) dan pilih gambar Panah Kiri (karakter akan muncul dari arah sebaliknya)

Sementara untuk akhirnya, gunakan Fade. Jadi karakter akan menghilang dalam bayang-bayang masa lalu. Eaaa

Biar asyik, tambahkan satu buah teks baru. Ini bisa diambil dari tab Text.

Ganti teksnya terserah wae lah.

Lakukan hal yang sama untuk memenuhi 10 detik. Gampang kan?

Jangan lupa save pekerjaan anda, dan kalau sudah selesai, klik Export.

Anda bebas mau export ke mana saja. Asal jangan export ke hati mantan. Nanti akan membuka luka lama yang pernah ada di antara kita. Eaaa. Intinya, carilah format data yang sesuai dengan kebutuhan anda. Yang gratis? Youtube ajalah.

Membuat Video Animasi dan Presentasi Dengan Powtoon

Oke. Cuma gitu doang tutorialnya. Singkat, padat dan tidak jelas. Mudah-mudahan tetap bermanfaat ya. Selamat membuat presentasi beranimasi.



3 thoughts on “Cara Membuat Video Animasi dan Presentasi Dengan Powtoon

  • August 14, 2017 at 7:37 am
    Permalink

    wihh ternyata lebih bagus powtoon ya daripada sparkrol
    terima kasih brooo

    Reply
  • August 27, 2017 at 2:59 am
    Permalink

    this is very helpful!! makasih yaaa

    Reply
  • November 1, 2017 at 1:46 am
    Permalink

    imagesnya kenapa ga muncul ya, jadi ga bisa upload gambar sendiri

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares