Mengenal Perbedaan Variabel Lokal dan Global

Perbedaan mendasar dari variabel lokal dan global bukan berasal dari tipe datanya melainkan dari cara mengaksesnya. Pada umumnya sebuah variabel hanya dapat diakses setelah dideklarasikan. Sehingga tempat dimana sebuah variabel dideklarasikan akan menentukan statusnya sebagai variabel lokal atau variabel global.

Perbedaan Variabel Lokal dan Global
Perbedaan Variabel Lokal dan Global
Perbedaan Variabel Lokal dan Global
Perbedaan Variabel Lokal dan Global
Perbedaan Variabel Lokal dan Global

Bagi anda yang belum memahami soal variabel dan tipe data bisa membaca artikel saya ini terlebih dahulu: Tipe data, variabel dan konstanta.

Secara umum ilustrasi perbedaan antara variabel lokal dan global bisa ditunjukkan sebagai berikut:

Perbedaan Variabel Lokal dan Global

Perhatikan contoh berikut:

 int X;  
 X = 1;  
 int Y;  
 Z = 2  
 int Z;  
 Y = 3;  

Dalam contoh di atas, tidak ada yang salah dengan Assignment X = 1 dan Y = 3 karena masing-masing variabel tersebut sudah dideklarasikan di atasnya. Akan tetapi assignment Z = 2 akan bermasalah karena Z baru dideklarasi di baris bawahnya.

Perbedaan Algoritma Pascal dan Algoritma C

Algoritma bukan bahasa pemrograman silahkan baca artikel lebih lengkapnya di sini: Pengantar Algoritma. Hanya saja dalam prakteknya, penulis langkah-langkah notasi algoritma kerap mengikuti bahasa pemrograman dasar yaitu Pascal atau C.

Dalam penulisan notasi Algoritma versi C, deklarasi variabel bisa dilakukan di mana saja. Sehingga contoh di atas cocok digunakan bagi anda yang berkiblat pada penulisan algoritma versi C.

Sementara dalam penulisan notasi Algoritma versi Pascal, deklarasi variabel harus selalu ditempatkan di atas. Sehingga jika dikonversi bentuknya akan menjadi seperti ini:

 var   
 X: integer;   
 Y: integer;   
 Z: integer;   
 X = 1;   
 Z = 2   
 Y = 3;   

Sehingga notasi ini akan sedikit menyulitkan pemahaman sederhana soal konsep variabel lokal dan global.

Memang dalam pengembangan program yang lebih kompleks, umumnya setiap unit atau modul dipecah ke dalam beberapa file tersendiri. Sehingga khusus untuk deklarasi variabel global pun akan ditempatkan di file terpisah yang memungkinkan untuk dapat diakses oleh file-file yang lain.

Secara sederhana bentuknya akan terlihat seperti ini:

Imedia9-varglobal

Sehingga untuk notasi algoritma versi Pascal, perbedaan antara variabel global dan lokal bisa dicontohkan sebagai berikut:

File Utama yang berisi deklarasi Variabel Global

 File: ModulUtama  
 var   
 X: integer;   

File Kedua yang berisi deklarasi Variabel lokal dan pemanggilan terhadap file yang memiliki deklarasi variabel global

 File: SubModul  
 uses ModulUtama  
 var   
 Y: integer;   
 X = 10;  
 Y = 20;  
 Y = Y + X;  

Kata kunci Uses digunakan untuk menunjukkan jika file SubModul mengikutsertakan file ModulUtama yang berisikan deklarasi variabel X.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares