Pengabdi Rumah Misteri! Wahana Seram Yang Nggak Ada Setannya!

Judul asli komik karya Fride Kalispera dan Combat King a.k.a Wilsa ini adalah Wahana Rumah Misteri. Terus kenapa saya tulis judul artikelnya seperti itu? Supaya lucu. Hasilnya lucu nggak? Nggak! Saya malah baru sadar kalau ternyata hasil utak-atik judul itu malah jadi bikin plot twist cerita super serem ini jadi terbongkar. Bagi anda yang belum baca komik ini, bisa tebak maksudnya?

Komik ini merupakan salah satu judul comic-challenge di CIAYO Komik dan baru dirilis 2 minggu yang lalu. Meski sejak pertama dirilis timeline saya sudah dipenuhi dengan komentar-komentar postif dan ajakan untuk membaca komik ini, saya tetap enggan membacanya. Kenapa? Karena saya nggak suka baca komik serem. Saya lebih baik baca komik komedi garing yang super nggak lucu ajalah daripada baca cerita horor yang nggak serem tapi ujung-ujungnya bikin merinding.

Wahana Rumah Misteri ini adalah salah satu contohnya. Gara-gara baca komik ini pula lah saya jadi semakin yakin jika komik ini semestinya berjudulnya Pengabdi Setan, eh, Pengabdi Rumah Misteri. Kenapa? Karena di dalam rumah misteri itu memang ada pengabdinya. Serem gila lagi!

Cerita Wahana Rumah Misteri dimulai ketika Amaya, sang gadis cantik, bersama kedua temannya memasuki sebuah wahana di tempat hiburan malam. Hm? Tempat hiburan malam. Kok kayaknya ada yang salah ya dengan kalimat ini? Coba saya cek halaman aslinya bentar. Oalah. Maksudnya, pasar malam. Oke. Nah, ini baru bener. Jadi cerita Wahana Rumah Misteri ini dimulai ketika Amaya, sang gadis cantik, bersama kedua temannya memasuki wahana misteri di sebuah pasar malam.

Di dalam wahana tersebut, Amaya dan kedua temannya bertemu dengan setan-setan ‘bohongan’ yang seremnya luar biasa. Satu per satu, setan-setan bohongan itu muncul untuk memberikan epek jump-scared. Bahkan dari langit-langit yang gelap.

Dari beberapa penampakan setan yang muncul, sebagian besar setannya diikat atau dikurung dalam sebuah kerangkeng berjeruji besi. Kenapa harus diikat? Supaya nggak kabur. Memangnya kenapa kalau kabur? Karena memang setan-setan itu bukan setan bohongan. Tapi beneran. Mungkin makhluk halus yang diikat oleh sejenis sihir atau semacamnyalah. Pokoknya intuisi saya langsung mengatakan jika ending dari cerita ini adalah, ada salah satu dari setan itu yang berhasil kabur dari tali yang mengikatnya. Dia kemudian mengigit Amaya dan seluruh pengunjung pasar malam tersebut. Seluruh orang kabur. Panik. Pasar malam itu berubah menjadi ladang zombie.

Dan tebakan saya… salah! Hehehe. Soalnya tampilan setannya kebanyakan mirip zombie, jadi saya langsung kepikiran ending seperti itu.

Saat dikonfirmasi mengenai dari mana ide awal cerita ini berasal, Fride menjawab. “Ide awalnya dari Tuhan. Tiba-tiba aja kepikiran. Boom. Udah gitu aja.” Singkat, padat dan super sekali jawabannya. Fride juga mengutarakan jika proses pengembangan ide dan penulisannya membutuhkan waktu sekitar seminggu. Hal itu sama sekali tidak sia-sia karena plot twist yang ditulisnya memang sangat luar biasa. Saya sendiri sampai kecele.

Sebagai salah satu oknum dan tersangka utama di Zettamind Studio, saya cukup kenal dengan Wilsa. Intuisi saya mengatakan jika bakalan ada next project setelah ini. Dan dugaan saya kali benar!

“Project selanjutnya adalah membuat kumpulan oneshoot genre horor fiksi. Ceritanya sederhana saja dan sebisa mungkin mengangkat hal hal yang deket dengan kehidupan kita. Namun yang unik adalah, semua kisah sederhana itu akan dibungkus dengan horor dengan plot twist yang tidak terduga,” pungkas Wilsa.

Wahana Rumah Misteri hanyalah karya perdana duo Fride & Wilsa dalam memainkan sebuah plot twist dalam cerita bernuansa horor. Masih akan ada banyak lagi cerita-cerita horor setelah ini. Masalahnya cuma satu. Apakah anda cukup berani untuk membacanya?

CIAYO Comic Challenge: Wahana Rumah Misteri



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares