Perbedaan Bos dan Leader

Perbedaan antara bos dan leader sangat mudah dilihat di dunia kerja. Baik bos atau leader sebenarnya adalah kata sifat yang mencerminkan kepribadian seseorang. Tidak mesti selalu atasan atau seseorang yang memiliki jabatan struktural di suatu institusi. Teman sejawat, bahkan karyawan baru sekali pun, bahkan dapat memiliki karakter seperti ini. Jadi apa sebenarnya inti dari perbedaan bos dan leader?

Berdasarkan definisinya, bos berarti bungkus besar yang berisi beberapa bungkus (tentang rokok, korek api, dan sebagainya). Serius. Saya menemukannya di situs KBBI, silahkan kalau tidak percaya: Definisi Bos. Jadi anda tidak perlu takut jika menemukan bos di kantor anda, toh isinya hanya rokok dan korek api, hehehe.

Sedangkan definisi dari leader adalah Seseorang yang memimpin, dengan jalan memprakarsai tingkah laku sosial dengan mengatur, menunjukkan, mengorganisasikan atau mengontrol usaha (upaya) orang lain atau melalui prestise, kekuasaan atau posisi (Fairchild : 1960).

Secara umum baik bos dan leader adalah tokoh kunci dalam suatu organisasi yang akan menentukan arah dan tujuan dari organisasi tersebut. Permasalahannya, sebagai tokoh kunci terkadang keputusan yang diambil oleh seorang berkarakter bos dan seorang yang berkarakter leader sangatlah berbeda. Perbedaan itu sekilas terlihat kecil. Namun dapat menimbulkan dampak yang sangat besar sekaligus menentukan nasib dari organisasi yang dipimpinnya.

Saat ini sudah banyak sekali infographic yang membahas tentang perbedaan antara bos dan leader. Saya mengumpulkan beberapa di antaranya. Secara umum semuanya menceritakan hal yang sama sih, tapi penggambarannya yang unik membuat infographic perbedaan bos dan leader ini menjadi sayang untuk dilewatkan.

Infografis Perbedaan Bos dan Leader versi wittyfeed

photo-1

photo-4

photo-5

photo-6

photo-7

photo-8

photo-9

Secara umum seorang bos lebih suka menyebarkan rasa takut, memerintah, menyalahkan orang lain, dan memberikan arahan mutlak kepada karyawan. Sehingga perintahnya tidak boleh dilanggar, harus selalu siap kapan pun, di mana pun untuk mengerjakan apa pun. Sementara pendekatan seorang leader lebih ke arah membangun antusiasme karyawan untuk berkembang. Seorang leader adalah seorang pengajar yang membangun orang-orang di sekitarnya untuk sama-sama maju.

Infografis Perbedaan Bos dan Leader versi officevibe

boss-vs-leader-1 boss-vs-leader-2 boss-vs-leader-3 boss-vs-leader-4 boss-vs-leader-5 boss-vs-leader-6 boss-vs-leader-7 boss-vs-leader-8 boss-vs-leader-9 boss-vs-leader-10

Secara umum versi officevibe menggambarkan hal yang sama dengan sebelumnya dengan sedikit tambahan pada perbedaan cara berpikir dan paradigma seorang bos dan leader. Seorang bos cenderung berpikir jangka pendek, apa yang bisa diselesaikan sekarang ya harus selesai. Karena yang menjadi acuannya hanyalah rangkaian proses  yang harus dikerjakan dan dilengkapi. Sementara seorang pemimpin berpikir jangka panjang dan memandang manusia sebagai manusia. Sebuah proses hanya akan dapat dilengkapi dengan sempurna jika karyawan telah dipandang sebagai manusia bukan sebagai mesin yang harus terus bekerja tanpa batas.

Infografis Perbedaan Bos dan Leader versi YukBisnis

perbedaan-leader-dan-boss

perbedaan-leader-dan-boss-2

perbedaan-leader-dan-boss-kepercayaan

perbedaan-leader-dan-boss-memperbaiki-kegagalan

perbedaan-leader-dan-boss-menunjukkan

perbedaan-leader-dan-boss-pujian

perbedaan-leader-dan-boss-memanfaatkan

perbedaan-leader-dan-boss-kita

Pada versi ini ada perbedaan besar antara seorang bos dan leader yang tidak pernah dibahas pada versi sebelumnya. Apa itu? Seorang bos hanya menganggap karyawannya sebagai sebuah stik golf dan sampai kapan pun, seorang bos tidak pernah akan bisa untuk mengubah karyawannya menjadi POWER RANGER! Hehehe. Nggak usah serius gitu ah bacanya. Daripada pusing mikirin si bos, gimana kalau baca artikel seputar Power Ranger aja. Mau?

featurepowerranger



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares