Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part 10 – Kebebasan!

Silakan tunjuk jari ! Siapa yang pernah ngerasain jomblo, atau udah pernah putus cinta dengan alasan posesif dan suka mengatur hidup pasangannya. Saya ingin bertanya apa itu arti kebebasan menurut kalian? Dalam karakter manga OP yang kita cintai ini filosofi hakiki yang sebenarnya paling besar menurut saya adalah pemahaman arti Kebebasan untuk pembaca OP itu sendiri.

Hampir semua karakter menekankan arti kata bebas, mulai dari style berbusana, cara bicara, pemikiran sampai tindakan karakter. Ada cewek sekseh cuma pakai bikini doank didepan umum, ada yang rambutnya warna ijo terus bawa banyak 3 pedang, eh buset tangan manusia aja ada dua ya? Siapa yang kepikiran mulut manusia bisa dilatih sekuat tangan buat nebas musuh? Ada orang yang ngerokok udah kayak minum aer, asap dimana-mana. Sungguh imajinatif yang penuh kebebasan.

Baca juga:  Karakter One Piece Review (KOPER) - Marshall D. Teach

Karena banyak kita ambil aja satu tokoh, siapa lagi kalau bukan kapten kita Mugiwara-Monkey D Luffy. Kebebasan Luffy mah kelewatan. Doi seperti hilang kuatirnya kalau udah lagi mode keras kepala.

Kebebasan Luffy ini mengantarkan kita untuk Berani bermimpi, berani bertindak dan berani percaya. Intinya hanya “berani” lihatlah berapa banyak teman-teman yang keras kepala juga akhirnya menjadi teman setia Luffy dan memaklumi arti kebebasan menurutnya itu?

Apakah Luffy sosok yang bijaksana dengan keberanian dan kebebasannya itu? Belum tentu. Buktinya pada Arc kerajaan drum. Tempat Tony Chopper direkrut, Luffy sempat hampir terpancing emosinya saat tak ada yang mau mengobati Nami yang saat itu sakit demam parah.

Baca juga:  Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part 12 - Mugiwara & Kesederhanaan

Luffy hampir membinasakan orang-orang demi menolong temannya. Ini terjadi juga saat Luffy menggunakan Haki Raja di Amazon lily. Tapi Oda memberikan pesan moral sebagai pemahaman kita tentang bebas dan berani. Ingat dua Arc yang saya jelaskan? Ingat solusinya bagaimana?

Kapten kita menundukkan kepalanya kepada musuh memohon belas-kasihan agar temannya diselamatkan. Sungguh patriotik kebebasan dalam dirinya Luffy.

Bebas dengan keberanian harus dibarengi dengan tanggung jawab yang besar. Sifat ini pula yang dimiliki oleh Gol D Roger saat menitipkan Ace ke Monkey D Garp. Jika kita bebas bertanggung jawab, niscaya bukan hanya kawan tapi lawan pun segan dengan kita.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares