Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part 13 – Mengajar & Belajar

Setelah perang besar dengan Marine, Luffy mendapatkan seorang guru yaitu Rayleigh. Ray lah yang mengajarkan konsep dasar haki pada Luffy. Menurut Ray, Haki adalah kekuatan yang terpendam dalam diri setiap manusia, “naluri”, “semangat juang”, dan “kekuatan untuk memaksa”. Itu semua adalah sensasi yang sudah pasti manusia miliki.

Tapi, hampir sebagian besar manusia tidak menyadari kekuatan itu. Atau mungkin mereka menghabiskan hidupnya untuk menarik keluar kekuatan itu, tapi tetap tak bisa. Secara garis besar, Haki terbagi menjadi dua jenis (Kenbunshoku dan Busoshoku).

Ini pengertian Rey loh bukan Imo saya. Dalam penjabarannya ada 3 jenis Haki di dunia OP:

1.Kenbunshoku Haki

Kemampuan ini mampu mendeteksi posisi, gerak dan tindakan lawan… pertama kali di perkenalkan oda saat di pulau langit, Enel mampu membaca gerakan Luffy… Haki jenis ini seru juga kalau ada di dunia manusia, kita bisa mengetahui posisi mantan ada dimana sedang apa dan apakah masih ada rasa dengan kita… #Plak! Di gampar saya…

Baca juga:  Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part 3 - Ayah

2.Busoshoku Haki (Koka)
ini jenis Haki yang mengubah semangat menjadi perisai atau menambah kekuatan serangan. Haki ini biasanya ditunjukkan dengan adanya perubahan warna sebagian anggota tubuh menjadi Hitam. Setelah time skip jenis Haki ini sering disebut Koka… Kolaaaa… Eh bukan Koka doank sih yang bener.

3.Haoshoku Haki (Haki Raja)

Ini jenis Haki langka, tak dapat dilatih dan kekuatannya luar biasa. Mampu mengintimidasi lawannya, pertama kali muncul saat Luffy melawan binatang Kendaraanya Duval (yang mirip poster buronanya sanji wkwkwk) Pengguna Jenis Haki ini setau saya ada Luffy, Hancok, Ray dan Shank.

Hanya butuh waktu 1.5 tahun untuk Ray melatih Luffy tentang konsep dasar Haki. Lalu 0.5 tahun lagi Luffy ngapain yak? Itu masih misteri dan kejutan dari Oda sensei. Inget loh 1.5 tahun itu hanya konsep dasar, bukan jurus pamungkas ala dunia persilatan Indos*ar

Baca juga:  Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part 19 – Ussop & Kesetiaan

Sepakat ga kalau Ray itu guru yang baik? Dan akan selalu dihormati Luffy?

Coba kita kasih ilustrasi sedikit. Misalkan ada anak SD nanya.

“Bang? 2×5 hasilnya berapa bang!?”tanya seorang adik kecil…

Apa jawabanmu?

1.”Aih… Bodoh kali lah… Jawabannya itu sepuluh… itu aja ga bisa… Maen aja kerjamu!”

2. “Oh itu gampang itu dek… Caranya gini… Ambil kelereng mu sekarang ya… Nah sekarang letakkan lima kelereng mu di dua sisi masing-masing, gampangnya lima di sisi kiri terus lima lagi di sisi kanan… Nah abis itu jumlahkan lima kelereng dikali dua tempat artinya kita satukan kelereng sisi kiri dengan sisi kanan dalam satu tempat…

“Coba sekarang jadi berapa kelerengnya? Lah… Kenapa bisa segitu jawabannya? Oke… Ngerti kan? Nah ayo kita lanjut soal no 2-3 ya… Abang bantu liatin tapi kamu yang kerjain… siip jawabannya benar udah bener nih. Soal no 4-10 kamu selesaiin sendiri ya. Abang mau nonton One Piece dlu sama gebetan Abang. Hehehe”

Baca juga:  Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part 10 - Kebebasan!

Dulu kita semua pernah diposisi adik SD itu. Menanyakan 2×5 jawabannya berapa. an mungkin kamu juga pernah dapat tekanan karenanya.

Tapi sebagai seorang anak SMA atau mungkin malah anak Kuliahan apa jawabanmu? Kamu tau jawabannya karena kamu sudah tua dan melewati masa SD yang dulu. Tapi apakah kamu sudah cukup dewasa untuk membimbing generasi dibawahmu? Mengajar dan belajar lagi?
Menitipkan impian generasimu ke generasi selanjutnya? Mempercayakan Dunia pada generasi yang lebih muda dan kuat?

Ray mengajarkan itu! Cukup mengajari konsep dasarnya! Apakah nanti jawaban 4-10 anak SD itu salah semua atau benar semua, setidaknya kamu akan dianggap Legend oleh anak itu. Mengajar sebenarnya adalah Tahapan Baru Dari Belajar. Karena dengan Mengajar pada hakikatnya juga Kita Juga Belajar.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares