Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part 16 – Arti Menjadi Pemimpin

Flashback ke masa-masa sekolah dulu, selalu ada orang yang dicap nakal karena arogan, bandel dan egois. Dihukum karena telat, karena ga lengkap topi, dasi waktu upacara, atau malah ga ngerjain tugas. Mungkin mereka punya sifat seperti Luffy. Ga paham? Yuk saya pahamin.

“Ini nih kapten kita, mugiwara no Luffy…” “Seandainya Luffy ada di dunia nyata, gw mau banget temenan sama dia jadi nakamanya dan jadi kru nya” seandainya oh seandainya.

Luffy itu sosok egois loh! Egoisnya parah! Ga mau ngedengerin orang lain, maunya seenaknya sendiri. Nami bilang belok kanan didepan ada bahaya… Eh malah bilang lurus, Ussop bilang takut eh malah didatengin… Chopper minta lari dari marine aja, lah dia malah nantangin marine… Ngebahayain nyawa Nakamanya, makan persediaan dapur sanji seenaknya, ngusulin Zoro dengan ngeledek marimo pokoknya semaunya.

Apanya yang enak temenan sama orang seperti itu?

Dibalik kekuatan yang besar ada tanggung jawab yang besar. Itulah yang disadari Luffy.Karena dia bertanggungjawab dia selalu melindungi nakamanya dari bahaya. Ingat disetiap Arc di OP, Luffy selalu tau siapa lawan yang harus dia hajar!!?.

Musuh yang paling kuat adalah musuh Luffy sedangan yang lain dipercayakan Luffy ke kru nya yang lain! Ingat ya! Dipercayakan! Jadi temenan sama Luffy juga harus kuat dan bisa dipercaya.
Itulah arti menjadi pemimpin bagi Luffy, Egois tapi tetap harus bisa bertanggung jawab dengan cara melindungi teman2nya dari keputusan yang dia ambil. 

Teman-teman kita yang bandel waktu sekolah pun demikian, cobalah berbaur dengan mereka, jangan dikucilkan! Lihat dan dengar alasan kenapa hidupnya seperti itu. jadilah alasan kenapa dia harus merubah sifatnya. Ingat kalau Luffy bangkit setelah perang marine pun karena dia punya nakama yang percaya padanya. Jadilah orang kepercayaan dia.

Menjadi pemimpin itu tidak mudah, harus bertanggung jawab dan punya sifat melindungi. Biarkan orang lain tertawa, beban paling berat tetap aku pikul sendiri. Setiap pemimpin harus punya jiwa berkorban.

Baca juga:  Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part 8 - Kesuksesan Yang Tertunda


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares