Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part 4 – Tenryuubito (Bangsawan Dunia)

Ada sebuah nasihat unik yang pernah disampaikan bapak saya dikala kami berdua istirahat di kebun kelapa sawit. Nasihatnya kira-kira begini, “Dengar ya nak, Nggak semua orang miskin itu baik, dan nggak semua orang kaya itu jahat.” Yang menarik, Oda juga mengajarkan hal yang sama dengan yang bapak saya katakan.

Pertama kalinya ngeliat tenryuubito saya langsung merasa muak. Penggambaran para bangsawan dunia yang merasa memiliki seisi dunia ini benar-benar bikin saya pengin nonjok! Chapter itu membuat saya merasa bersemangat dan bergairah. Terlebih lagi saat Monkey D Luffy memberikan bogem mentah telak di muka tenryubito. Di saat para bajak laut lain merasa takut dengan perbuatan Luffy, Zoro dan Sanji malah sudah siap dengan mode tempur.

Baca juga:  Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part 17 – Diakui Bukan Mengakui!

Tenryuubito adalah bangsawan dalam dunia One Piece yang bisa melakukan apa pun. Termasuk membunuh dan hal itu dibenarkan oleh pemerintah. Mereka dilindungi oleh hukum, dan siapa pun yang melawan mereka artinya melawan hukum.

Ingat nggak waktu arc pelelangan di pulau gelembung? Semua mahluk diperbudak cuy! Dari yang berhasrat nafsu, sampai hanya sebagai budak, mirip banget sama orang kaya di dunia kita. Ada lagi. Tenryuubito hidup di tempat berbeda, hanya untuk kalangannya aja. Ini mirip juga dengan dunia sosial kita. Masih berbekas diingatan saya waktu kecil ada pagar besi dan tembok tinggi yang bedain rumah di kampung dengan komplek orang kaya depan rumah, anak-anak kampung dilarang maen ke komplek soalnya dijaga satpam 24 jam.

Baca juga:  Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part 6 - Janji Luffy

Tenryuubito juga rasis. Semua yang bukan golongannya dianggap rendah dan disepelekan. Mereka juga bisa asal bunuh tanpa kena hukuman apa pun. Yang lebih gila, Tenryuubito ga mau bernafas dengan udara yang sama dengan manusia lain. Mereka sampai pake tabung udara sendiri, persis orang kaya di Indonesia yang ga kuat kepanasan dikiiit aja. Soal kejam? Jangan ditanya. Kekejaman mereka yang paling parah. Mereka bisa membunuh siapa pun dengan alasa nggak suka.

Jadi secara garis besar kejahatan Tenryuubito adalah perbudakan segala mahluk, sombong tingkat tinggi, rasis, dan kejam bukan main. Tapi terlepas dari itu semua “Nggak semua orang kaya itu jahat”. Kalimat inilah yang menjadi kuncinya. Masih kalau ternyata Joker/Doffy juga keturunan Tenryuubito? Coba ingat-ingat kembali bagaimana sifat kedua orang tuanya?

Baca juga:  Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part Special – Rorona Zoro


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares