Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part 7 – Poneglpyh dan Sejarah

Dalam bahasa Yunani, sejarah artinya adalah penyelidikan atau studi tentang masa lalu. Baik itu yang berkaitan dengan masa lalu manusia, beragam kejadian, fenomena alam, termasuk arsitektur sebuah bangsa dan barang-barang berharga tersembunyi yang dikenal dengan istilah harta karun.

Sebagai sebuah cerita bajak laut, ternyata One Piece nggak melulu bercerita tentang proses pencarian harta karun dan sejarah di dalamnya. Lebih dari itu, One Piece justru bercerita tentang sejarah dari sebuah sejarah. Bingung kan? Meski disebut sebagai bagian atau rangkaian dari cerita masa lalu, siapa yang bisa menjamin jika sejarah yang sampai pada kita atau yang kita baca atau yang kita percaya selama ini adalah sejarah yang sebenarnya?

Karena terkadang sesuatu yang disebuat ‘sejarah’ sebenarnya hanya menceritakan apa yang ingin disampaikan oleh sang penulis sejarah dan bukan menceritakan kejadian yang sebenarnya. Dalam dunia One Piece kisah sejarah itu terangkum dalam grand story besar yang bermuara pada Poneglyph.

Baca juga:  Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part 2 - Persahabatan

Ada 3 buah jenis Poneglyph yaitu
1. Poneglyph Biasa
2. Road Poneglyph
3. Rio Poneglyph

Jadi apa itu Poneglyph? Poneglyph adalah WARISAN SEJARAH suatu peradaban yang ditulis oleh orang
spesial dengan bahasa spesial dan maksud spesial. Batu tempat dipahatnya Poneglyph ini sangat sulit dihancurkan karena bahan materialnya yang sangat unik dan langka. Yang menarik, ketiga jenis Poneglyph mempunyai maksud yang berbeda-beda.

1.Poneglyph Biasa
Poneglyph jenis ini muncul di arc Arabasta, arc Fishman dan pulau langit Skypiea. Poneglyph ini berisi Informasi
tertentu tentang abad kekosongan. Opini saya sih seperti kehidupan sosial dan prestasi-prestasi  peradaban di abad kekosongan itu.

2. Poneglyph Road
Jenis Poneglyph ini cuma ada 4 dan kalau dikumpulin, di tarik garis lurus maka titik potong ke empat arah
yang ditunjuk Poneglyph ini adalah Raftel. Jadi Informasi yang ada dibatu ini adalah petunjuk arah untuk menemukan pulau terakhir dari dunia One Piece.

Baca juga:  Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part 6 - Janji Luffy

3.Rio Poneglyph
Nah ini dia misteri utamanya, di Rio Poneglyph inilah berisi rahasia utama One Piece, dan banyak Opini yang mengatakan kalau Rio Poneglyph ini ada di Raftel. Dari sekian penjelasan Poneglyph ini, saya ingin mengajak nakama sekalian untuk berpikir bersama kenapa Oda menempatkan Sejarah sebagai Informasi untuk mempertimbangkan masa depan?

Kenapa Setelah menuliskan namanya di Poneglyph pulau langit, Gol D Roger justru menyerahkan diri ke angkatan laut? Jawabannya karena Roger ingin memulai Era Bajak Laut, sehingga “semangat D” yang dia punya dapat diwariskan ke generasi selanjutnya.

Apakah Roger Gagal?

Apakah Luffy Orang yang ditunggu Roger untuk mengungkap Abad Kekosongan? Jawabannya cuma satu “Poneglyph” setelah itu baru bicara tentang tindakan. Semua sejarah yang ada di dunia manusia juga seperti itu, bukan tentang sejarah kelam atau kesusksesan saja yang ingin diwariskan tapi justru pesan dan pertimbangan untuk pengambilan keputusan generasi selanjutnya.

Baca juga:  Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part 4 - Tenryuubito (Bangsawan Dunia)

Kenapa Oda hanya menyisakan Nico Robin saja yang bisa baca Poneglyph? Dan kenapa cuma Robin yang benar-benar marah besar kalau ada yang menghancurkan Situs Sejarah? Yah karena kenyataanya di kehidupan kita pun demikian, hanya segelintir anak  muda yang masih mau belajar dari sejarah.

Padahal sejarah itu bukan hanya sekedar untuk pengetahuan atau memberikan tekanan tapi justru sebagai alat pembelajaran serta pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan di masa depan.

Good Job Oda Sensei!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares