Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part 8 – Kesuksesan Yang Tertunda

Apakah anda pernah mengalami kegagalan? Ada banyak sekali contoh kegagalan dalam kehidupan kita. Misalnya gagal naik kelas. Gagal naik sepeda. Gagal naik bahtera cinta bersama dengan gebetan karena ditikung temen sendiri. Eaaa. Intinya, kegagalan identik dengan nuansa negatif yang membuat kita cenderung bersedih.

Namun kata gagal memiliki makna tersirat yang lain yaitu kesuksesan yang tertunda. Jika kita gagal saat ini, ada kemungkinan kita akan berhasil di waktu yang lain. Kapten kita Monkey D Luffy juga pernah merasakan bagaimana sakitnya sebuah kegagalan. Bukan sekali, tapi beberapa kali.

Dia pernah merasakan kegagalan saat bertarung melawan Smoke, saat menghadapi Aokiji, saat tidak bisa memukul Crocodile, saat gagal menyelamatkan semua kru-nya dari serangan Admiral dan Shicibukai Bartholomew Kuma. Luffy mengalami kegagalan besar saat harus berpisah dari kru-nya.

Baca juga:  Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part 19 – Ussop & Kesetiaan

Kegagalan demi kegagalan terus berlanjut. Perang marine menjadi satu Arc yang menunjukkan jika Luffy terus ditempa kegagalan dan keberhasilan silih berganti. Kegagalannya yang terbesar adalah saat dia kalah gagal menyelamatkan Ace yang mati di pangkuannya.

Saat itu Luffy sudah kehilangan semangat hidup. Bayangkan jika Jimbei tidak ada? Ucapan Jinbei yang paling bijaksana dalam mengatasi kegagalan adalah “Jangan menghitung yang sudah hilang, tapi hitunglah yang masih kau miliki!”

Persis keseharian kita, saat diri kita merasa gagal sebenarnya yang kita butuhkan hanya waktu, introspeksi dan motivasi. Kalau putus cinta, revisi skripsi, punya utang kredit, atau bahkan di vonis kanker sama dokter, sebenarnya kita sedang mengalami satu buah kesuksesan yang tertunda.

Baca juga:  Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part 9 - Emansipasi Wanita

Kita butuh Introspeksi untuk apa dan bagi siapa kita hidup selanjutnya dan yang terpenting adanya orang yang memotivasi untuk bangkit dari kegagalan kita entah itu teman, pasangan, atau orang tua. Tujuannya cuma satu untuk menjadi lebih baik lagi!

Dalam One Piece, tulisan 3D2Y merupakan jawaban cerdas bagi sebuah kegagalan. WAKTU. Artinya sebuah kegagalan akan berubah menjadi sebuah keberhasilan seiring dengan berjalannya waktu asalkan kita tidak menyerah. Melupakan kegagalan dan bergerak menuju masa depan adalah kunci untuk merebut keberhasilan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares