Popcon Asia 2017: Parade Kolaborasi Antar Kreator

Popcon Asia 2017 akan segera digelar. Seperti yang sudah kita ketahui Popcon Asia adalah sebuah event akbar yang menjadi wadah berkumpulnya para ilustrator, animator, komikus dan pecinta main. Event ini juga menjadi market place para pelaku industri kreatif serta tentunya para investor atau publisher baik dari dalam dan luar negeri.

Lalu apa yang baru dari Popcon Asia 2017 ? Secara umum konsep Popcon Asia masih sama dengan beberapa tahun sebelumnya namun dengan tambahan dua fokus utama. Apa itu?

1. Membuat event kreatif Popcon Asia jauh lebih besar dari sebelumnya

Hal ini ditandai dengan berubahnya tempat acara yang biasanya selalu diselenggarakan di Assembly Hall, menjadi di Hall B yang merupakan salah satu area terbesar di Jakarta Convention Center. Bahkan jumlah stand yang disediakan pun meningkat menjadi 190 stand dari sebelumnya hanya 150 stand. Bahkan jumlah tiket masuk yang pada tahun-tahun sebelumnya ‘hanya’ disediakan sekitar 15.000-an buah, akan ditingkatkan menjadi 20.000-25.000 lembar.

Baca juga:  Dinan Art: Pendiri Komunitas Penggemar Ilustrasi Seram

POPCON-2017-Coverjpg

Dengan menggusung tema Pop Parade, tidak heran jika event akbar yang akan diselenggarakan pada tanggal 4-6 Agustus 2017 ini akan menjadi event Popcon Asia TERBESAR sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 silam. Dan khusus untuk tanggal 4 Agustus, event ini hanya dapat diikuti oleh beberapa tamu undangan saja.

2. Membawa karya lokal menembus pasar internasional

Ada begitu banyak proyek-proyek raksasa Hollywood yang telah melibatkan para pelaku industri kreatif Indonesia. Tidak bisa dipungkiri jika hal tersebut merupakan satu kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Namun, kebanggaan tersebut akan meningkat beberapa kali lipat jika yang dikenal di dunia internasional adalah murni sebuah “karya anak bangsa” dan bukan “segelintir-anak-bangsa” yang ikut serta di dalam sebuah proyek box-office.

Baca juga:  Zettamind Studios: Studio Komik Lokal Yang Siap Go Internasional!

Untuk mewujudkan hal tersebut Popcon Asia 2017 akan menyelenggarakan Creative Market yang bertujuan untuk mempertemukan para pelaku industri kreatif dengan para produser, perusahaan, atau investor. Konsep ini mirip dengan konsep yang juga digusung Global Creative Media Agency (GCMA), sebuah agen kreatif penyelenggara Creative Market kelas dunia yang berada di belakang kesuksesan industri kreatif Malaysia. Dan ini merupakan langkah awal yang baik.

Harapannya Popcon Asia 2017 bukan hanya sekedar ajang pamer karya para pelaku industri kreatif, melainkan juga menjadi ajang kolaborasi untuk membawa industri kreatif Indonesia ke arah yang lebih baik.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares