Review Komik Buttman – Unyu, Ajib dan Ngeselin

Unyu, ajib dan ngeselin. Yup! Tiga kata itulah yang menurut saya paling pantas untuk menggambarkan sosok Buttman karya Denny Row. Sejak kemunculannya sebagai komik strip pada beberapa bulan silam, bocah tengil ini telah mencuri perhatian para penikmat komik.

Selain karena penampilannya yang mirip Batman, juga karena tema cerita utamanya yang tidak biasa. Rebutan cankcut bro! Hadeuuuh. Aya aya wae. Kini, setelah komiknya resmi dirilis oleh Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), sepak terjang Buttman di dunia perkomikan Indonesia menjadi semakin tak terbendung.

Cover Si Buttman

Komik Buttman diterbitkan dengan cover berwarna kuning cerah. Plus bonus sebuah pembatas buku dengan kata-kata unyu khas si Buttman.

Buku Buttman dirilis dengan harga Rp . 48.000 dan masih bisa diskon 10-15% jika dibeli di toko-toko diskon seperti Togamas. Saya sendiri mendapatkan buku seharga Rp. 0 alias gratis. Lah kok bisa? Iyalah, kan saya mah udah temenan sama si Buttman, hehehe.

Baca juga:  Brainstorming Dunia Komik Indonesia Bersama Buttman & Aki Bagja

Konsep & Art

Secara umum, konsep Buttman sebagai sebuah buku komik sangatlah unik. Bayangkan saja, komik setebal 128 halaman ini memiliki 16 halaman berwarna, sementara sisanya yang 112 halaman adalah komik hitam putih.

Bagian komik berwarna juga di simpan di bagian tengah buku untuk memancing pembaca untuk semakin penasaran dan terus membalik setiap halamannya.

Untuk soal Art, kang Denny mah sudah mahir banget. Salut deh pokoknya. Sekilas gambar-gambar dalam komik Buttman memang terkesan sederhana. Namun jika diperhatikan lebih teliti, hampir semua komposisi dalam gambar memiliki tingkat kedetilan yang sesuai dengan porsinya. Dan ini bukanlah teknik yang bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Buku ini juga nggak melulu berisi komik loh. Pada beberapa halaman, terdapat beberapa jenis game puzzle dan maze yang nggak kalah seru dengan komiknya.

Baca juga:  Siap-siap! Pakoban 6 Akan Digelar. Hitung Mundur Dimulai!

Ost Buttman

Selain itu ada pula page khusus mengenai lirik lagu Buttman yang dinyanyikan langsung oleh kang Denny. Saat saya pertama kali mendengar lagu ini, saya berpikir jika musik Buttman akan beraliran rock.

Maklum kang Denny ini adalah salah satu pentolan grup metal 90an. Berasa jadul.

Namun rupanya, lagu Buttman justru dibuat dalam kemasan Happy Punk. Jadi nuansa rock-nya masih terdengar renyah dan asyik untuk didengarkan.

Ketika saya berkunjung ke markas Buttman, selain memperdengarkan lagu perdana Buttman, kang Denny juga memperdengarkan calon lagu Buttman selanjutnya. Baru calon loh ya! Tapi besar kemungkinan sih, lagunya bakalan dibuat juga. Soalnya keren banget.

Maaf, potona rada goyang. Soalnya unggal rek moto, si kang Denny nyumput wae, jadi we susurumputan motona. Yang penting dapet foto si kang Denny pas lagi maen gitar, hehehe.

Baca juga:  Komik Buttman Resmi Dirilis!

Pakoban 2017

Oh ya, menjelang Pakoban 2017 mendatang, Buttman sudah siap hadir untuk menyambut para penggemarnya. Selain buku, Buttman juga akan hadir dalam bentuk stiker unyu-unyu. Ciamik nih!

Sebagai parodi Batman, komik Buttman sangat lucu dan menghibur. Kisah Buttman dan Cankcut Man ini sepertinya akan terus berlanjut sampai ke Buttman jilid 2.

Buttman jilid 2? Serius?

Serius dong!

Judulnya Buttman vs Kiky Si Kancil.

Hahaha, boong deng. Judul Buttman jilid 2 masih dirahasiakan. Dan kalau saya ceritain di sini juga ntar malah jadi spoiler. Mending saya kasih sebuah gambar aja ya.

Hmmm? Kira-kira Buttman jilid 2 nyeritain tentang apa ya?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares