Ruar Biasa!! Komik Buttman Siap Rilis 2017!

Salah satu komik strip facebook yang sedang naik daun adalah Buttman karya kang Denny Row. Saya secara pribadi pernah bertemu dengan beliau di event BIAF 2016. Sebagai pelaku industri khususnya di bidang konveksi, saya cukup terkejut mendengar kang Denny ini juga memiliki hobi menggambar dan bermusik. Yah, kalau soal bermusiknya sih nggak terlalu kaget karena waktu melihat foto profilnya juga sudah ketahuan: “Ah, si akang ieu mah rocker!”

komik buttman
komik buttman
komik buttman
komik buttman
komik buttman
komik buttman
komik buttman

Tapi menurut saya, janganlah tertipu dengan wajahnya yang sangar, karena saya yakin jauh di dalam lubuk hatinya, kang Denny Row itu orangnya lembut dan suka nonton film drama korea sambil nangis bombay. Ngaku ajalah kang, gapapa kok. Hehehe.

Mengenai karakter Buttman sendiri saya pernah membahasnya secara ringkas di artikel ini: Buttman – Superhero Ajib ala Kang Denny Row.

Sepintas tingkah kocah dan nyeleneh si Buttman ini rada mirip dengan kelakuan Shinchan yang bandel-bandel gimanaa gitu. Secara mereka berdua memang sosok anak kecil yang ingin tahu, bandel, dan suka nggak tahu aturan. Terlahir sebagai komik strip facebook sepertinya hanya sebuah langkah awal bagi Buttman. Mengapa? Karena gosipnya nih, komik Buttman akan RILIS TAHUN INI!

Nggak tanggung-tanggung. Yang menjadi penerbitnya adalah Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) yang merupakan sister company dari Gramedia Pustaka Utama (GPU). Saya cukup tahu banyak soal penerbit KPG karena dulu pernah juga main ke sana waktu masih ada mbak Ratna. Eaaa, malah curhat.

Imedia9-ButtmanKPG

Jujur saya sendiri belum mendapatkan konfirmasi langsung dari kang Denny, terkait jadwal rilis Buttman The Komik. Tapi jika menengok timeline kang Denny yang cukup aktif dalam mengupdate beberapa status seputar komik Buttman ada beberapa hal yang bisa saya simpulkan.

Deadline Februari 2017

Deadline draft Buttman ke KPG adalah Februari 2017.  Itu artinya, dengan asumsi evaluasi dan revisi draft 3 bulan, dan waktu tunggu cetak yang juga memakan waktu 3 bulan, sangat mungkin komik Buttman rilis tahun ini di pertengahan Agustus 2017. Ini baru prediksi, bisa lebih cepat bisa juga lebih lambat.

Baca juga:  Komik Buttman Resmi Dirilis!

Komik 128 Halaman

Salah satu bocoran komik Buttman di timeline kang Denny menunjukkan jika komik ini akan tampil dalam format berwarna ala komik-komik amerika jaman dulu. Namun berdasarkan hasil bincang singkat seputar komik Buttman, kang Denny mengisyaratkan jika komik Buttman tidak akan seluruhnya full color. Mungkin hanya 16 halaman yang full color, sisanya hitam putih. Hal ini mungkin dikaitkan dengan beban biaya produksi yang harus ditanggung. Wajarlah, sebagai juragan konveksi kang Denny Row paham betul soal perhitungan bisnis.

Imedia9-buttmanpreview

Satu hal yang pasti, preview di atas menuai banyak sekali kontroversi. Kenapa? Karena dari total 128 halaman, kang Denny hanya memberikan bocoran 1 halaman. Ini maksudnya apa-apaan kang? Halaman lainnya mana? Kok dikit banget ngasih preview? Ya, minimal kasih preview tuh 40 atau 50 halaman gitu. Kang Denny teh niat nggak sih ngasih preview? #Plak! ditimpuk KPG.

Dan ternyata yang gemes dengan postingan kang Denny ini bukan cuma saya loh, hehehe.

Bocoran

Desain Cover Berwarna Cerah

Ini yang menarik. Saya suka. Kita semua tahu jika Batman – karakter DC yang diparodikan oleh kang Denny ini – identik dengan warna gelap. Hampir semua cover sampulnya hitam atau bernuansa gelap. Namanya juga Dark Knight. Dan Buttman malah hadir dengan membalikan konsep kelam dengan menampilkan warna cerah pada desain sampulnya. Beberapa warna desain cerah yang sangat menarik untuk desain cover komik biasanya Hijau, Biru, Kuning atau Putih.

Dan untuk komik Buttman ini, kang Denny memilih warna kuning yang sangat kontras dengan karakter Buttman yang berwarna hitam. Ini sangat keren. Hanya saja, warna captionnya yang ungu (atau ini mungkin rada-rada light magenta atau fuchsia kali ya), rada ga mecing dengan covernya. Ketajaman antara background dan warna tulisan malah menjadi kabur. Ini cuma pendapat pribadi sih, tapi mungkin tim desain dari KPG yang bisa lebih paham.

imeda9-buttman2

Buttman akan ada Soundtracknya!

Hahaha, ini dia yang menarik. Sebenernya ini nggak menjadi kejutan buat saya. Sejak saya tahu jika kang Denny Row adalah seorang rocker, saya sudah bisa menebak: “Lamun si akang nyieun komik pasti dijieun laguna”. Eeh, bener kan! Salah satu postingan timelinenya menunjukkan jika memang telah ada proses pembuatan lagu Buttman bahkan sebelum komiknya dirilis.

Baca juga:  Cara Membuat Komik Dengan Pixton? Gampang Banget!

Satu pesan saya untuk kang Denny, bawa musiknya jangan underground kang. Bisi ibu-ibu pada tereak memboikot Buttman lantaran lagunya sarat dengan kekerasan. Hehehe.

Imedia9-rockersong

Becanda deng. Jika melihat dari liriknya, saya menduga jika lagunya malah akan bernuansa lucu, renyah dan easy listening. Tapi jujur saya belum kebayang ritme dan tonenya akan seperti apa. Jadi deg-degan kalau tiba-tiba musik yang keluar malah ala dangdut. Jogeeed maaaang!

Suatu saat Buttman mungkin akan pake Sarung

Sosok Buttman identik dengan sosok anak kecil yang nggak pake celana. Itu trade marknya. Dan tampaknya trade mark itu bikin gemes salah satu penggemar Buttman dan akhirnya memberikan sebuah sarung untuk Buttman. Melihat gambar ini saya jadi nyengir, jadi inget waktu dulu saya disunat. Kalau keluar rumah mah pake sarung, pas dirumah sarung dibuka dan nggak mau pake calana. Bebaaass. Lepaaaasss. Hahaha. Saya rasa semua anak laki-laki yang disunat pada jaman dulu pasti pernah mengalami hal itu. Maklum, teknologi sunat jaman dulu belum secanggih sekarang.

ButtmanSarung

Buttman akan ada animasinya?

Ini mah cuma isu. Nggak official. Kebetulan waktu stalking di facebooknya kang Denny saya sempat melihat ada fans Buttman yang membuatkan cuplikan animasinya Buttman. Pendek sih, tapi keren banget. Untuk seukuran film animasi facebook, saya rasa apa yang dilakukan sudah sangat luar biasa. Sekali lagi, saya juga nggak bakalan heran jika di kemudian hari Buttman akan bertransformasi menjadi Produk Transmedia. Apa itu? Ya ada komiknya, ada gamenya, ada animasinya dan ada merchandisenya.

 

Satu hal yang saya garis bawahi dari proses pembuatan komik Buttman ini adalah proses kerja yang disiplin, cepat dan terarah. Mengapa? Saya melihat jika awal pertemuan kang Denny dengan pihak KPG berlangsung sekitar Desember 2016 akhir. Dengan tenggat waktu hanya 2 bulan, kang Denny sudah mampu menuntaskan 128 komik berwarna hanya dalam waktu 1 bulan kurang.

Baca juga:  Buttman - Super Hero Ajib Ala Denny Row

Kenapa saya yakin komik ini sudah selesai?

Karena kang Denny sudah membuat covernya. Dari beberapa postingan sebelumnya, saya melihat kang Denny sering nangkring di beberapa cafe sambil membuat sketsa. Khas orang yang sedang mencari ide. Itu artinya, proses pembuatan komik masih sedang berlangsung. Tapi dalam beberapa akhir, kang Denny sudah memposting cover dengan bangganya. Itu suatu tanda jika draft komiknya sebenarnya sudah selesai. Dan bukan tidak mungkin jika draft tersebut saat ini sudah berada di tangan KPG untuk dievaluasi.

Berdasarkan pengalaman saya bekerja sama dengan penerbit KPG, khususnya mbak Ratna dan mbak Dikha, tim KPG sangat cepat dan kritis. Respon mereka nggak seperti kebanyakan editor yang hanya bisa mengoreksi tanpa memberikan solusi. Arahan yang diberikan jelas dan konsisten. Kalau pun ada kegagalan dalam proses penerbitan pada akhirnya, itu biasanya disebabkan oleh si penulisnya sendiri yang nggak bisa mengikuti pola kerja KPG yang sudah standar. #Aduh curhat deui mah, euy… hampura pisan mbak Dikha, dulu ga bisa menuhin target

Imedia9-buttman0

Semua yang tertulis di atas adalah murni hasil analisis saya sebagai salah satu pelaku industri kreatif yang sok tahu. Barangkali ada analisis yang salah, ya mohon dimaafkan. Da ngarana ge jelema. Pasti we aya salahnya.

Nasihat yang saya ingat dari seorang Denny Row adalah jika ingin sukses di dunia bisnis secara umum lakukan investasi pertemanan (silaturahmi membawa rezeki tea), negosiasi peluang (ini perlu jam terbang dan uji nyali) serta sebuah takdir baik (sering-seringlah berdoa, karena kita sebagai manusia mah cuma bisa merencanakan Allah jua lah yang menentukan segala sesuatunya)

Anyway, saya pribadi sangat antusias dengan Buttman. Besar harapan saya, Buttman bisa dilaunching di Bandung atau Cimahi. Komunitas tiga sekawan Industri Kreatif (Komik, Game dan Animasi) tentu akan sangat antusias untuk menyambut kedatangan keluarga baru ini.

Sukses selalu untuk kang Denny dan Buttman!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares