RUMAH KREATIF JOGJA: Tempat Nongkrong Pelaku Industri Kreatif Jogja

Apa itu RUMAH KREATIF JOGJA? RUMAH KREATIF JOGJA (RKJ) adalah perwujudan dari dukungan pemerintah terhadap industri kreatif Indonesia, khususnya dalam bentuk pembangunan infrastruktur. Dalam hal ini, RKJ merupakan hasil dari program pemerintah yaitu Rumah Kreatif BUMN plus (RKBplus) yang digagas oleh Kementrian BUMN. Tujuannya adalah untuk menggabungkan antara program Rumah Kreatif BUMN (RKB) dengan program Coworking Space untuk mendukung para pelaku Industri Kreatif.

Apa itu rumah kreatif jogja Apa itu rumah kreatif jogja Apa itu rumah kreatif jogja Apa itu rumah kreatif jogja Apa itu rumah kreatif jogja Apa itu rumah kreatif jogja Apa itu rumah kreatif jogja Apa itu rumah kreatif jogja Apa itu rumah kreatif jogja Apa itu rumah kreatif jogja

RKJ

RKBplus dimaksudkan untuk memberi nilai tambah pada produk dan sebagai tempat untuk berkarya kreatif dan inovatif. Disamping itu, juga mengembangkan dan melaksanakan program start-up, inkubasi dan kemitraan atau co-business.

RKBplus merupakan wadah pelaku UMKM & pelaku kreatif untuk saling berkolaborasi mendukung dan mengisi kekurangan/ kelemahan masing-masing menjadi satu kekuatan bisnis baru di masa depan, disamping memfasilitasi para anggotanya agar dapat masuk ke pasar lokal, pasar nasional dan pasar global.

Untuk mempermudah mengingat & menyebutkan RKBplus di Yogyakarta, maka pihak penyelenggara menggunakan nama/istilah RUMAH KREATIF JOGJA sebagai center point & service point bagi para anggotanya yang terdiri dari (1) Pelaku Usaha/UMKM & (2) Pelaku Kreatif.

Apa itu rumah kreatif jogja

Sebagai center point industri kreatif dan tempat nongkrong para pelaku industri kreatif, RKJ dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sangat mendukung aktivitas para pelaku industri kreatif. Mulai dari fasilitas ruang meeting yang memadai, ruangan ber-AC, ruangan khusus merokok, ruang untuk melakukan pelatihan/workshop, dan tentu saja, Wifi kuat dengan akses internet cepat. Semuanya dapat digunakan oleh para pelaku industri kreatif secara gratis.

jogja1 jogja2 jogja3 jogja4

Selain memiliki berbagai macam fasilitas yang memadai, RKJ juga memiliki segudang program untuk para pelaku industri kreatif dalam mengembangkan bisnis dan usahanya. Beberapa di antaranya adalah program evaluasi, verifikasi dan klasifikasi bisnis, program pendampingan, program pameran, program mediasi dan juga terdapat program untuk Start-Up dan Inkubasi.

Keberadaan RKJ ini mendapat sambutan yang luar biasa dari para pelaku industri kreatif. Harapannya, RKJ dapat menjadi titik temu untuk melakukan sinergi dan kolaborasi para pelaku industri kreatif untuk menciptakan berbagai produk kreatif yang dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia. Selamat dan salam sukses untuk RUMAH KREATIF JOGJA.

Kapan kota-kota lain menyusul?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares