SAH! CIAYO Comics dan WOW Komik Akhirnya Resmi Berkolaborasi!

Apa jadinya jika publisher komik cetak dan publisher komik digital bergabung? Apa jadinya jika talent-talent dan komikus berbakat dari dua pihak yang berbeda, saling menyingkirkan ego dan bersatu dalam mewujudkan satu visi? Apa jadinya jika segmen pasar komik yang juga berbeda, digempur dari dua arah secara bersamaan?

Hasilnya Dahsyat!

Asli. Serius. Pisan. Kombinasi semacam ini umumnya hanya bisa dilakukan oleh perusahaan komik raksasa berbudget besar. Namun jangan salah. Kolaborasi ini baru saja terlahir, di kota kembang, Bandung.

Masa?

Yes, My Friend. Ijinkan saya memberikan kabar gembira bagi anda semua. Kabar gembira yang masih hot form oven, and fresh form the meeting.

CIAYO Comics kini telah resmi berkolaborasi dengan WOW Komik.

Terus gue harus bilang WOW gitu? Kayaknya sih gitu!

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, CIAYO Comics adalah sebuah platform komik digital sedangkan WOW Komik merupakan publisher komik cetak. Keduanya memiliki konsep bisnis yang bertolak belakang termasuk segmen market yang juga sangat berbeda.

Baca juga:  WOW Komik Semakin WOW di Popcon Asia 2017!

Lalu bagaimana caranya kedua publisher ini bisa berkolaborasi?

Saya tidak bisa menceritakan lebih detil, karena takut spoiler. Eh? Dalam meeting singkat yang dihadiri oleh Awe Krisnawan selaku co-founder CIAYO Comics dan Iboy selaku founder WOW Komik, disepakati satu hal bahwa WOW Komik akan menjadi partner penyedia konten bagi platform CIAYO Comics.

Beberapa genre utama yang dibidik oleh platform CIAYO Comics adalah Romance, Slice of Life, Comedy, Fantasy dan Horor. Kebetulan, WOW Komik pernah menggarap beberapa judul yang sesuai dengan segmen yang dimaksud.

Ada pun mengenai berapa judul yang akan disiapkan, berapa chapter yang harus dirilis setiap minggu, serta judul-judul apa saja yang akan dipublish akan ditentukan kemudian dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Baca juga:  Seminar WOW Komik di Exmo 14/15 Telkom University: Sinergi Komunitas dan Kolaborasi Industri Kreatif

Saya sendiri menjadi sangat yakin jika 2 judul unggulan WOW Komik yaitu Vampire Romance dan Mustika Garuda, yang baru akan dirilis pada ajang Pakoban 2017 mendatang, akan masuk dalam daftar utama.

  

Kenapa? Karena kedua judul memang berada pada genre yang dibidik oleh CIAYO Comics. Art penggambarannya pun mendekati style manga yang memang digandrungi oleh para remaja.

Lalu bagaimana dengan Kiky Si Kancil?

“Kiky Si Kancil kan untuk anak-anak, mas. Jadi kayaknya memang tidak termasuk pangsa pasar kita,” papar Awe.

Waduh, kasihan banget si Kiky. Nggak dianggap, hehehe. Tapi jangan khawatir, jika mas Borton selaku Founder CIAYO Comics menyatakan jika dia beserta tim siap jungkir balik dalam kolaborasi ini, maka saya selaku creator Kiky Si Kancil siap koprol agar Kiky Si Kancil juga bisa hadir dalam platform CIAYO Comics.

Baca juga:  Seminar WOW Komik di Cimahi Creative Association (CCA): Awal Kebangkitan Industri Komik Indonesia?

Tapi tentu saja, kata-kata ‘koprol’-nya hanya kiasan. Jangan dianggap serius. Saya udah lama nggak pernah koprol soalnya. Takut sakit pinggang. *Eaaa, malah ngebahas koprol.

Anyway, terlepas dari faktor teknis dan bisnis yang masih terus dibahas, satu hal yang dapat dipastikan. CIAYO Comics dan WOW Komik memiliki visi yang sama terhadap perkembangan komik Indonesia.

Mengutip kata-kata mas Borton, “Sudah saatnya saatnya kita bisa mandiri dan menjadi produsen untuk konsumen dalam dan luar negeri melalui berbagai channel.”

Semoga kolaborasi ini akan menjadi titik awal yang luar biasa bagi kedua belah pihak.

Salam CIAYO! Salam WOW!

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares