Saur Sepuh SCTV: Kebangkitan Sinetron Kolosal Indonesia

Saur Sepuh adalah judul Sandiwara Radio di era tahun 80an yang sukses menjadi legenda terbesar sandiwara radio yang pernah ada di Indonesia. Saur Sepuh merupakan karya asli dari Niki Kosasih (almarhum) yang bercerita tentang perjalanan seorang pendekar sakti bernama Brama Kumbara yang kelak menjadi raja di salah satu kerajaan di wilayah selatan bernama Madangkara.

Pada tahun 1988, film Saur Sepuh diangkat ke layar lebar. Dalam versi layar lebar, dikisahkan Brama Kumbara telah menjadi raja Madangkara dan harus terjebak di antara perang saudara yang terjadi di tubuh kerajaan Majapahit pasca raja Hayamwuruk antara Wikramawardhana (yang merupakan menantu Hayam Wuruk) dan Wirabumi (putera dari salah satu selir raja Hayamwuruk).

Kesuksesan sandiwara radio dan film layar lebar Saur Sepuh terus berlanjut ke media televisi. Kita masih ingat beberapa tahun silam berbagai media televisi juga berbondong-bondong menampilkan beragam sinetron bertemakan adu jotos di dunia persilatan. Berbanding terbalik dengan televisi saat ini yang cenderung lebih sering menampilkan adu bacot di dunia politik.

Kisah tentang Satria Madangkara ini pun sudah dibuat ke dalam berbagai versi. Yang terbaru adalah Saur Sepuh SCTV yang diperankan oleh Samuel Zylgwyn,  Cut Meyriska, dan  Ochi Rosdiana.

Sinopsis

Kisah Saur Sepuh SCTV dimulai saat Kerajaan Kuntala takhluk oleh pasukan perang Dewangga. Pasukan perang Dewangga merupakan pasukan gabungan enam kerajaan jajahan Kuntala dibawah pimpinan Prabu Brama Kumbara. Enam kerajaan ini adalah kerajaan Madangkara, Niskala, Sanggam, Selimbar, Saptarema dan Salingkuh.

Setelah digempur selama tiga hari tiga malam, kerajaan Kuntala akhirnya menyerah kalah. Tumenggung Raksa yang mengangkat dirinya sebagai Raja pasca pengkhianatannya pada Raja Kuntala Rentabala, tewas dalam adu ilmu kesaktian melawan Brama.

Tumenggung Gardika dan Senopati Kendala, dua kaki tangan Tumenggung Raksa ditawan dipenjara bawah tanah Kuntala. Lalu, Raja Rentabala yang terbaring sakit akibat diracun oleh Tumenggung Raksa dikembalikan statusnya sebagai raja dengan didampingi oleh kedua adik kandungnya yaitu Pangeran Jagadnata dan Pangeran Giripatih.

Status dari kerajaan Kuntala sendiri sudah tidak lagi sama, sebab pasca penaklukan oleh enam kerajaan Dewangga pimpinan Brama, maka kerajaan Kuntala menjadi kerajaan administratif. Disebabkan letak wilayah Kuntala paling dekat dengan Madangkara maka kelima kerajaan sekutu sepakat Kuntala menjadi bawahan Madangkara.

Saur Sepuh SCTV akan tayang perdana pada tanggal 14 Agustus 2017. Apakah film ini akan mengikuti kesuksesan pada pendahulunya?



2 thoughts on “Saur Sepuh SCTV: Kebangkitan Sinetron Kolosal Indonesia

  • August 12, 2017 at 2:42 am
    Permalink

    Wiiihhh….., keren….!!
    Inget banget pernah liat di bioskop waktu masih kecil.
    wkwkwkwkkwk….., jadi keliatan tua nih gw.

    Reply
  • August 12, 2017 at 2:49 pm
    Permalink

    jarang dan gak terlalu suka lihat sinetron ginian. kalau sejarah lebih suka baca hehe.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares