Siap-siap! Pakoban 6 Akan Digelar. Hitung Mundur Dimulai!

Akhirnya datang juga. Pasar Komik Bandung a.k.a Pakoban 6 siap digelar pada tanggal 13-14 Mei 2017. Catet tanggalnya ya, cateeet. Kenapa? Because there is something WOW is coming. Hehehe. Buat saya dan Tim WOW Komik khususnya, event Pakoban ini akan menjadi event yang sangat menentukan. Karena pada event inilah kami akan secara resmi merilis buku-buku WOW Komik yang sempat menghebohkan dunia maya beberapa bulan lalu.

Sebenernya nggak heboh-heboh banget sih, cuma karena namanya WOW jadi aja heboh. Penampakan soal WOW Komik sendiri dimulai pada event Baros Internasional Animation Festival (BIAF) 2016 silam. Anda bisa membaca liputannya di sini: WOW Komik – Publisher Komik Paling WOW di BIAF 2016

Sejak event tersebut, tim WOW Komik tidak mengendurkan semangat dan terus tancap gas. Beberapa masalah teknis yang sempat miss mulai dari desain cover, cerita, konsep sampai kompromi harga di berbagai daerah yang berbeda sempat mewarnai lika-liku perjalanan WOW Komik.

Asal tahu saja, salah satu kunci kehebohan WOW Komik adalah harga komik yang CUMA Rp. 2000. Dan dengan harga ‘segitu’ anda akan disuguhi dengan gambar keren dari para ilustrator berpengalaman dan gambar full color. Harga ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi WOW Komik. Selain, tentunya keberagaman judul dan genre yang ditawarkan.

Baca juga:  Komik Buttman Resmi Dirilis!

wow-komik-cover

Permasalahan harga menjadi satu isu yang cukup sensitif mengingat beberapa distributor di daerah menginginkan kebijakan harga yang lebih fleksibel. Dalam arti, mereka bisa menjual WOW Komik lebih tinggi daripada harga yang dipersyaratkan yaitu Rp. 2000. Dalam teori distribusi, hal ini menjadi satu hal yang wajar karena dengan semakin jauh jalur distribusi, maka akan semakin tinggi pula overhead cost yang harus ditanggung.

Sehingga dalam beberapa kali uji coba, harga satu eksemplar WOW Komik terbilang masih wajar jika dijual di bawah Rp. 5000. Itu pun dengan catatan, dijual di daerah tertentu (baca: Non-Bandung). Untuk kota Bandung sendiri, sebagai pusatnya WOW Komik, tim akan berusaha keras untuk menekan harga agar tetap dapat dijual  sesuai dengan harga “Noceng”.

Baca juga:  Sharing Session WOW Komik Dengan Teman-Teman Akademi Seni Rupa & Desain Yogya Mantap Jiwa!

Sementara untuk daerah lain, ya itu mah beda kebijakan, hehehe.

Mendekati gong Pakoban 2017, hal menarik soal WOW Komik datang dari RUMAH KREATIF JOGJA. Bagi anda yang belum tahu apa itu RUMAH KREATIF JOGJA bisa membaca artikelnya di sini. Dalam salah satu kunjungan kerja, tim BNI yang dipimpin langsung oleh Direktur Konsumen Banking, pak Anggoro Eko Cahyo, menyempatkan diri untuk mampir di booth WOW Komik di sana.

Dalam program How Dare You Buy, pak Anggoro memberikan nilai Rp. 25.000 untuk 1 eksemplar WOW Komik. Itu artinya, beliau mengeluarkan Rp. 100.000 untuk keempat judul WOW Komik yang baru rilis. WOW! Sungguh satu harga yang sangat fantastis dan jauh dari harga eceran normal.

84d9090d-eae2-41bf-9594-26b2e0dfe520

Selain membeli dengan harga yang fantastis, pak Anggoro juga bersedia untuk menerima tantangan gokil #WOWSelfieChallenge yang bisa anda lihat di sini: Direktur BNI Menerima Tantangan #WOWSelfieChallenge

Hal menarik lainnya soal WOW Komik datang dari Ensiklopedia 111 Karakter Superhero Indonesia karya Zoid Comic. Dalam buku kecil yang digagas oleh mas Fery, ini 3 karakter WOW Komik masuk ke dalam daftar tersebut. Mereka adalah Kiky Si Kancil, Jaka Bumi dan Kalong Kasarung. Anda bisa membacanya lebih lengkap di sini: Tiga Karakter WOW Komik Masuk Ke Dalam Daftar 111 Superhero Indonesia.

Baca juga:  Wow Komik! Komik Berkualitas Internasional Dengan Harga Terjangkau!

FeatureZoid

Tapi kesemuanya itu belum cukup. Perjalanan panjang WOW Komik malah baru saja dimulai. Start utamanya adalah Pakoban 2017 ini. Event inilah yang akan menjadi tempat pembuktian tim WOW Komik, khususnya sang Founder: Iboy , untuk membuktikan seberapa valid eksperimen gokil namun penuh perhitungan yang telah direncanakannya selama kurang lebih 2 tahun ini.

Beruntung, koordinator Pakoban 2017, mas Imansyah Lubis telah bersedia memberikan kesempatan bagi tim WOW Komik untuk semakin tampil WOW dalam even yang akan diselenggarakan pertengahan Mei ini. Well, seperti apakah aksi tim WOW Komik di even Pakoban 2017?

Tungguin saja ya. Yang jelas, akan ada banyak sekali pengunjung yang menjadi target #WOWSelfieChallenge. Seperti om-om yang satu ini. Hayo tebaaak, siapakah dia?

Imansyah

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares