Star Wars – The Last Jedi

Judul film Star Wars kedua dari trilogi ketiga, atau film ke-8 jika dirunut dari film pertama The Phantom Menace, telah rilis. Judulnya The Last Jedi. Judul film ini langsung membuat para fans berspekulasi tentang arti dari judul tersebut, dan terutama kenapa logonya berwarna merah? Padahal selama ini judul-judul film Star Wars identik dengan warna kuning cerah.

Sebenarnya judul The Last Jedi sendiri bukanlah yang pertama kali muncul dalam franchise Star Wars. Judul ini sebenarnya sudah pernah dipakai dalam beberapa karya di universe Star Wars sebelumnya.

The Last Jedi (1981)

Mswc49cover

Merupakan komik Star Wars yang berkolaborasi dengan Marvel. Dalam komik diceritakan jika Misi, Luke dan Leia menemukan Jedidiah, seorang alien pikun yang pernah hampir menjadi Jedi. Dalam sebuah pertempuran, Jedidiah berhasil menyelamatkan Luke dengan menggunakan Force. Namun sayang, dia sendiri malah tewas. Luke lalu memberinya sebuah penghormatan terakhir kepada kuburannya dengan ayunan Light Saber khas seorang Jedi.

Star Wars: The Last of the Jedi (2005)

Star_wars_loth

Buku ini bersetting setelah even Revenge of The Sith. Jika anda masih ingat, dalam film ini seluruh Jedi yang tersisa dibantai tanpa sisa. Meski judul ini rada aneh juga. Karena setidaknya ada 2 Jedi yang tersisa yaitu Master Yoda dan Obi-Wan Kenobi. Dua orang itu nggak bisa disebut “The Last” tunggal, kecuali “The Last” jamak yang berarti kata “Jedi” harus diganti menjadi “Jedi’s”. Yang jika diterjemahkan menjadi Jedi-Jedi Terakhir. Saya beranggapan kuat jika judul film The Last Jedi bersumber dari buku ini. Sebagian.

Star Wars: The Last Jedi (2013)

The_Last_Jedi

Kalau novel ini menceritakan Jax Pavan, seorang ksatria Jedi yang dipaksa bersembunyi dari pembunuhan yang dilakukan oleh Darth Vader dan bala tentaranya. Lagi-lagi event yang digunakan adalah pasca Revenge of The Sith. Dalam kisahnya, Jax tergoda dengan kekuatan Dark Force dan meskipun berhasil terlepas dari cengkeraman kegelapan dia lebih memilih untuk kembali bersembunyi dan tidak mau memimpin perlawanan melawan Darth Vader. Aneh? Memang.

Film The Last Jedi ditulis dan disutradarai oleh Rian Johnson dan diproduksi oleh Kathleen Kennedy, Ram Bergman dan eksekutif produksi oleh J.J. Abrams, Jason McGatlin, dan Tom Karnowski. Filmnya sendiri
dijadwalkan untuk rilis 15 Desember 2017

Oh, ngomong-ngomong trailer yang di atas, itu cuma fan made. 🙂

Baca juga:  Review Power Ranger 2017


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares